Mobile Responsive Design

Era baru teknologi dengan banyaknya tablet kecil berkisar antara 7 – 10 inch membuat banyak perubahan dari segi web design. Istilah mobile responsive design menjadi semakin akrab yang artinya (bahasa saya) adalah kemampuan dari suatu website untuk merespon besaran dari ukuran media yang dilihat, sehingga website tersebut akan menyesuaikan lebar sesuai media dan memudahkan pengguna melihat website secara keseluruhan.

responsive

Website akan terlihat beda jika dilihat dari PC, Tablet bahkan smartphone sekalipun. Jika anda membuat website dengan saya, jangan khawatir pastinya fitur ini sudah termasuk (blog wp + genesis & e-commerce package). Untuk blogspot/blogger, sudah difasilitasi dengan mobile site jadi tidak diperlukan coding tambahan. My last client myamirah, seneng banget web nya responsif dan itu artinya semakin banyak kesempatan untuk melakukan penjualan dari media gadget ukuran apapun.

Keuntungannya apa sih desain responsif ini? kalo saya sih ya, pastinya lebih nyaman ngga perlu zooming terlalu banyak dan scroll kanan kiri, hanya perlu scroll ke bawah dan tulisan terlihat jelas. Ini yang bikin betah customer kita (jika online shop) betah berlama-lama walaupun tidak sedang di depan PC. Ini terjadi sama saya, semenjak online shop hijab favorit saya mempunyai mobile site saya pede banget transaksi walaupun hanya melalui smartphone.

Mobile responsive design is absolutely future. Besok-besok siapa sih yang ngga punya tablet dengan makin murahnya gadget satu ini, bahkan terakhir saya lihat ada yang harganya 800rb rupiah, lebih murah dari hp smartphone. Kemungkinan ini tentunya memperbesar jumlah orang yang online melalui tablet yang ukurannya lebih kecil dari PC. Pastinya akan lebih menyenangkan melihat blog/web yang kita follow men-support ukuran layar kita.

Sayapun juga tidak ragu dengan memberikan sentuhan responsif (halah bahasanya) di blog saya ini. Membuat mata lebih nyaman dan praktis walaupun terlihat dari layar yang berukuran kecil. Silahkan lihat di gadget masing-masing ya seperti apa web saya di tempat anda hehehe. Yuk ah, saya juga mau banget loh bikin blog/web kalian responsif hehehe (promo mode on).

5 thoughts on “Mobile Responsive Design

  1. huaaahhh jadi ini namanya responsive πŸ˜€ *katrok saya* saya ngertinya mobile site gitu doang, nggak ngerti istilahnya itu responsive, wkwkkwkwk etapi berarti blog aku udah responsive gitu ya mak? apa perlu aku minta sam dirimu sekalian supaya pake responsive?

  2. Memang sekarang lagi maraknya responsive design, karena sebagian besar pengguna internet mengakses melalui gadget mobile. ^_^

    1. Sudah harus mas Jefry, karena Google sudah menetapkan mobile friendly menjadi salah satu tolak ukur penilaian di SERP

Leave a Reply

