Prinsip Desain Blog Untuk Lomba

Pastinya banyak ya di sini yang suka mengikuti lomba blog (saya juga kok hehehe), berikut saya sarikan kembali hal- hal terpenting dari sebuah desain blog yang saya rangkum dari tweet Enda Nasution (Blio sering menjadi juri lomba blog sekaligus blogger kawakan).

Sumber : http://enda.goblogmedia.com/?p=1030

Tweet #16 : Dan kredibilitas ini jg penting krn siapapun penyelenggara kontes blog tentu dia mau umumin pemenangnya dan kl malu2in?

Yang dimaksud dengan kredibilitas adalah termasuk nama domain, akan lebih terlihat kredibel jika nama domain misalnya namaasli.blogspot.com atau namapena.blogspot.com karena ini juga membangun branding. Jangan sampai punya nama blog akoeimoutt.blogspot.com atau 4koepuny4bl0g.blogspot.com hehehe. Lebih baik lagi jika mempunyai custom domain/ nama domain sendiri (tanpa ada belakang blogspot.com atau wordpress.com)

Tweet #17 Minus Poin: Javascript lucu2x yg kayak pop up, “Welcome to my blog!” Lose it, mengganggu dan ga berguna

Yang ini jelas yaa, selain javascript yang pop up, lebih baik semua dihapus terutama yang memberatkan dan bertujuan hanya sebagai hiasan

Tweet #18 Minus Poin: Audio yg nyala otomatis pas blognya di-load. Ganggu, kl mau dengerin lagu gue pasang sendiri

Mungkin maksud kita adalah ingin memanjakan, atau menyenangkan pengunjung blog dengan lagu-lagu yang ada di blog kita. Namun siapa sangka justru hal ini malah menjadi minus poin karena mengganggu konsentrasi juri saat membaca tulisan kita. Dan ternyata banyak juga yang curhat kalau penggunaan audio ini mengganggu apalagi kalau blogwalking di malam hari hehehe

Tweet #19 Minus Poin: Ada segala macem banner2an cari duit dan pasang iklan tumplek dimana2x. See: Kredibilitas

Untuk yang ini, iklan boleh satu dua tapi jangan terlalu banyak. Sebaiknya iklan banner juga berhubungan dengan tema blog. Misalkan isi blog tentang fiksi trus kita bisa pasang banner jual buku fiksi itu tidak masalah selama masih berhubungan dan jumlahnya tidak terlalu banyak. Lebih baik lagi tidak ada iklan sama sekali karena itu akan menunjukkan kredibilitas kita sebagai blogger sejati (ceileehh)

Tweet #20 Minus Poin: Warna yg bikin sakit mata atau susah dibaca termasuk pemilihan font, jarak antar baris dan penulisan paragraph.

Gunakan color palette untuk kombinasi warna, background body posting harus putih, font untuk body sans-serif atau serif (tidak script/handwriting), jarak spasi tidak terlalu besar atau kecil, font tidak terlalu besar atau terlalu kecil dan perhatikan tanda baca.

Tweet #22 Plus Poin: Penggunaan photo/gambar original, hasil ngambil/gambar sendiri dan mendukung posting

Yup, gambar/photo harus original atau jika mengambil dari tempat lain harus dengan seijin yang empunya gambar dan usahakan untuk tidak mengambil gambar dari google tanpa menyertakan linknya.

Tweet #27 Plus Poin: Perhatian pd penyajian, penggunaan header, bold, italic, bullet point, white space yg membuat nyaman dibaca

Ini termasuk memperhatikan tanda baca, karena sebetulnya lomba blog adalah karya ilmiah yang di online kan sehingga masih menggunakan prinsip penulisan karya ilmiah.

Tweet #28 Blog Desain, biasanya ga dinilai dan skrg banyak template yg bagus2x tp Plus Poin kl kamu pilih yg simple dan ga crowded

Gunakan desain blog yang simple, minimalis tidak terlalu ramai dengan warna warna, yang lebih disebut clean design dan clean layout.

Moga-moga berguna ya buat para blogger yang suka banget ikutan lomba blog yang sering banget diadakan ^^.

Advertisements

9 thoughts on “Prinsip Desain Blog Untuk Lomba

  1. Pingback: Desain Blog Simple Untuk Blogspot [DIY]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s