Membuat Twitter Widget

Twitter widget adalah salah satu fasilitas dari twitter untuk menampilkan / embed kicauan kita pada blog atau website dengan kode HTML yang sudah kita buat sebelumnya. Dengan menggunakan widget ini, kita dapat memilih apakah yang mau ditampilkan adalah isi timeline kita, hanya kicauan favorit atau hanya hastag tertentu saja. Widget ini juga dapat menampilkan kicauan / tweet pengguna lain sepanjang akun tersebut tidak terproteksi.

Disini saya akan memberikan tutorial untuk menampilkan kicauan kita di twitter pada blog atau website. Pertama-tama masuk ke link :  https://twitter.com/settings/widgets. Kemudian isi username dan password apabila belum  login pada twitter.

Setelah login, klik create new untuk membuat widget baru. Widget dapat dibuat lebih dari satu dengan akun kita sendiri atau akun orang lain. Dapat juga dari favorit yang kita simpan di akun kita.

Setelah klik create new, kita akan berada pada widget configurator. Untuk menampilkan timeline bisa diisi pilihannya dengan memasukkan username kita / username orang lain, kemudian setting tinggi wigdetnya atau biarkan untuk panjang 600 px. Untuk setting lainnya bisa di utak atik sesuai selera atau biarkan default.

Save untuk mendapatkan kode HTML. Copy kode tersebut dan paste pada layout (untuk blogger) atau widget (pada wordpress). Save dan tunggu beberapa saat sampai kode kicauan terlihat.

Kelemahan dari widget bawaan twitter ini adalah tidak terlihatnya mention atau reply dari tweet kita. Jika ingin mention atau reply terlihat dapat menggunakan kode berikut :

Sumber Artikel : http://tipseofriendly.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-widget-twitter-live-update.html#ixzz2PEHpnYiK

(copy paste pada layout (untuk blogger) atau widget (pada wordpress)

Klik VIEW RAW di kanan bawah untuk copy kode

 

https://gist.github.com/shintaries/385a81571a7de2cdee3d.js

Ganti @shintaries dengan username twitter yang dimiliki dan ganti 6 kode warna dengan warna yang sesuai dengan template.

 

Hasilnya adalah :

 twitter-widget

 

Selain menampilkan kicauan pada twitter di sidebar/widget, kita juga bisa meng-embed satu-satu hasil kicauan kita loh di postingan. Caranya mudah, klik more pada kicauan/tweet yang mau di-embed kemudian pilih embed tweet lalu copy kode yang muncul ke body posting.

 

 

dan hasilnya :

 

 

— Shinta Ries (@shintaries) April 1, 2013

Selamat mencoba ^^.

 

 

Created by: Shinta Ries

Advertisements

11 thoughts on “Membuat Twitter Widget

  1. Saya sudah mencoba cara ini, dan yang terlihat pada tampilan twitter di blog saya hanya kicauan saya saja tetapi kicauan teman2 saya yang mention nama saya tidak terlihat…jadi kayak yang ngomong sendiri tampilan twitternya…hehehhee
    Bagaimanakah caranya agar tampilan twitter di blog saya, bukan hanya kicauan saya yg terlihat tetapi juga kicauan teman2 yang mention saya juga dapat terlihat….
    Terima kasih yaa….:)

  2. mba makasih infonya. tapi aku bingung maksudnya ngopy ke layout itu gmn ? ada gambarnya kah. makaish 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s