Mahalnya Beralih dari WordPress.Com

Beberapa blogger pemula kadang masih bingung, platform apa yang sebaiknya digunakan untuk kegiatan nge-blog. Ada pendapat yang menyarankan menggunakan blogspot dari google yang mudah, gratis, dan gampang dimodifikasi templatenya. Tapi sebagian pendapat lagi, blogspot itu terlalu mudah dan terlihat kurang keren dan akhirnya menjatuhkan pilihan pada wordpress.com yang juga gratis dan terlihat lebih advanced (katanya). Ada juga yang bilang, dengan menggunakan wordpress.com kita jadi belajar untuk menggunakan cms populer ini apabila ingin mengganti / migrasi ke hosting sendiri (wordpress.org).

Mau tau pendapat saya? Blogger pemula ataupun yang sudah merasa advanced hehe, ada baiknya meneliti terlebih dahulu platform apa yang mau digunakan. Baik itu, dari segi kemudahan navigasi (user friendly), gampang masuk ranking di search engine, dan yang paling diperhatikan adalah apabila kita ingin meng-upgrade dalam artian blog yang tadinya hanya dibuat iseng, ngga taunya jadi blog yang populer dan banyak disukai oleh pengunjung.

Inilah letak permasalahannya. Saya punya klien yang memiliki blog di wordpress.com sejak kurang lebih 3 tahun lalu. Blog ini begitu populer dengan pengunjung yang banyak setiap harinya karena memang kontennya menarik. Memiliki ratusan posting dengan komen yang luar biasa banyak (ckckck hebat) karena memang beliau konsisten dalam dunia menulis di blog. Pada saat sudah sangat populer dan pengunjung mengenal dari alamat lama, timbul rasa bingung pada saat ingin pindah ke hosting sendiri dan memiliki nama domain sendiri sebagai branding.

Sebetulnya ngga ada yang susah, hanya saja ternyata biaya yang dikeluarkan menjadi tidak sedikit. Fitur upgrade dari wordpress.com sangat tidak cocok dengan harga blogger Indonesia (hehehe maap bukan meremehkan) tapi harganya ituloh ngga nahan, mungkin karena dia tau kalau kita ngga punya pilihan lain karena blog kita sudah sangat populer jadi dia pikir kita pasti terpaksa mengikuti harga mereka dan memang sebetulnya harga tersebut ditujukan untuk kalangan luar negeri/negara maju.

Berikut saya sarikan dari situs wordpress.com untuk harga apabila kita ingin meng-upgrade layanan gratis dari wordpress.com yang kalo saya sih berpikir 2x untuk menggunakan produknya.

1. Custom Domain

Custom domain adalah istilah untuk merubah alamat blog yang semua menggunakan akhiran wordpress.com menjadi top level domain   tanpa berakhiran wordpress.com. Domainnya sendiri bisa kita beli di toko domain (online pastinya) yang banyak ada di Indonesia, dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp. 85.000 bahkan kalau lagi ada promo khusus kita bisa mendapatkan domain seharga Rp.25.000  saja (wink).

Kalau di blogspot sesudah kita membeli domain dan men-setting, its done ngga ada lagi biaya tambahan yang harus dibayarkan. Tapi kalau di wordpress.com tidak cukup hanya disitu saja, kita masih harus membayar domain mapping (settingan nameserver) yang harganya $13 (hmm).

Jadi total apabila ingin meng-custom domain tetapi tetap menggunakan hosting gratis di wordpress sekitar dua ratus ribu rupiah (lumayan ya).

2. Custom Design

Dulu pertama kali setelah mulai bosan dengan blogspot, saya coba menjajal membuat blog gratisan di wordpress.com. Begitu tau kalau template tidak bisa di custom (modifikasi), ngga tanggung-tanggung tanpa memposting satupun saya langsung menutup akun qiqiqi. Pantes juga dulu teman-teman blog saya yang lebih dulu mengenal wordpress tidak mau membuat akun disitu pastinya dengan alasan tidak bisa dimodifikasi themanya. Alhasil pilihannya jatuh kepada blogsome yang sudah almarhum.

Hikss kebayang ngga si, hanya untuk memodifikasi font, warna dan lain-lain melalui css kita harus bayar $30 per tahun T.T, bisa buat beli hosting yang lumayan banget kapasitasnya.

3. Premium Themes

Kalo yang premium theme agak lumayan bagus penawarannya, dengan membayar $50 setahun sudah bisa pilih premium theme yang oke banget. Tapi ngapain juga pakai premium theme kalau alamat urlnya masih pakai akhiran wordpress.com qiqiqi artinya tetep kan kita kudu beli domain dan fasilitas mapping supaya ngga sia-sia (-.-!)

4. VideoPress

Suka posting video? jarang yah kayaknya hehehe, kalo video sudah pasti Youtube (gratis) yang paling mendominasi. Jadi fitur ini sebetulnya kurang berguna juga. Harganya hmm $60 pertahun. Silahkan yang mau pakai hehe.

5. Extra Storage

Untuk tambahan kapasitas mulai dari 10GB, 25GB, 50GB, 100GB sampai 200GB harganya bervariasi mulai dari $20 pertahun sampai dengan $290 pertahun. Gede siy, tapi kok kelihatan mubazir ya (menurut saya) hehe. Kalau memang bukan web photography atau tempat download musik kayaknya eman-eman belinya tambahan kapasitas.

6. Ad Free

Ngga enak kan kalo di blog kita tiba-tiba ada iklan, udah gitu kita ngga dapet bagian lagi hihihi. Yup kalo versi gratis, jangan heran bakalan ada iklan yang tau-tau nyempil pas lagi blogwalking.  Udah gitu, jangan harap bisa pasang banner yang ada affiliatte link nya di widget kecuali sudah dirubah terlebih dahulu. Supaya bebas iklan, kita diharuskan membayar $30 pertahun.

7. Guided Transfer

Ini sama aja kita sewa jasa untuk membantu transfer blog dari wordpress.com ke tempat lain manapun yang dimau. Lumayen yeii $129 / blog untuk jasa yang katanya top class happiness enggineer qeqeqe.

8. Offsite Redirect

Nah ini yang paling penting sebetulnya kalau kita mau pindah ke domain dan hosting sendiri. Ngga mau kan kita kehilangan pembaca setia (ceilah) yang sudah langganan di url kita trus tiba-tiba kita pindah jadi mulai dari nol untuk membangun networking. Kalau memang pengunjung dan teman-teman blog masih sedikit hal ini tidak jadi masalah, akan tetapi kalau kita sudah jadi seleb blog pastinya akan sangat berpengaruh. Untuk me-redirect dari url lama kita akan dikenakan tambahan biaya $13. Jadi pastinya total biaya yang dikeluarkan untuk membangun branding sebuah blog baru perpindahan adalah biaya domain, biaya hosting dan biaya offsite redirect itu sendiri. Silahkan dihitung.

Selain penawaran tersendiri, wordpress.com juga menawarkan paket bundle yang harga dan fiturnya bisa dilihat dibawah ini :

wordpress.com_

Kesimpulannya kalo menurut pendapat saya, sebaiknya dipikirkan lagi deh untuk membuat blog gratis di wordpress.com karena ternyata untuk memindahkan blog yang populer repot juga ternyata (biayanya). Kalaupun sudah terbiasa dengan blogger/blogspot tentunya akan mudah beradaptasi dengan wordpress.org walaupun baru pertama kali memakainya. Buat saya, wordpress.com pilihan kesekian.

Belum jadi seleb blog? hehehe siapa yang tau kan.

Created by: Shinta Ries

Advertisements

27 thoughts on “Mahalnya Beralih dari WordPress.Com

    1. Pastinya dong mak ^^
      yang saya ceritain kan upgrade dari wordpress.com (gratisan) yang saya pakai wordpress.org (selfhosted) yang notabene lebih murah daripada upgrade itu ^^

  1. Pingback: Drama Berpindah ke Wordpress Selfhosted
  2. Pingback: Tutorial Custom Domain pada Blogspot
    1. WordPress akan selalu lebih mudah terindex daripada blogspot 🙂 karena memang dibuat untuk itu
      sedangkan blogspot memang akan terindex juga, tapi wordpress akan lebih baik apalagi kalau sudah menggunakan plugin

  3. Saya juga pengen mapping domain di wp.com, tpi karna terkendala alat pembayaran dan malas utk mnggunakan jasa, serta mempertimbangkan biaya di wp.com gak jadi2. Hahah

    1. wah kok ribet amat ya mas, kenapa ngga beli domain dan hosting satu provider aja biar gampang. Kalo di wp ya tinggal Nameservernya aja diarahin ke hostingnya

  4. Huaaa baru baca ini… Saya udah terlanjur pakai yang wordpress.com karena dulu ngeblog cuma buat hepi hepi aja
    Trus skrg udah beli custom domain dan domain mapping. Habis sekitar 200rb an seperti yang Mba Shinta bilang.
    Belakangan ini saya jadi melirik ke wordpress.org
    Berarti kalau misalnya saya mau pindah ke wordpress selfhosted, saya tinggal bayar offsite redirectnya ya Mba?

  5. maaf, mau tanya, saya sempet baca2 di artikel sana-sini banyak yg bilang kalau di dari wordpress.com jadi domain.com hanya 18$ : 13$ mapping 5$ domain, tapi ketika saya coba untuk cari tutorial2nya kok harganya tidak sama dg yg sekarang? apa skrg ngikutin bundle ya? free, pribadi,premium dan bussiness. saya coba yang paling murah 2.99$/month, kena 35$lbh. bisa jelaskan gak mbak? trmksh

    1. Jadi, ambil paketnya yang free. Itu kan dapetnya domain (berakhiran .wordpress.com) dan hosting gratis. Lalu bisa beli domain di mana aja atau di wordpressnya. Kemudian setting lagi di wordpressnya untuk custom domain, nah nanti dikenakan tambahan charge domain mapping. Tutorialnya bisa googling ya untuk penggantian Name Servernya. Udah, gitu aja sebetulnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s