Inspirasi Warna Untuk Blog

Warna adalah faktor penting keserasian di blog. Warna yang tidak cocok dan mencolok, akan membuat tidak nyaman dimata. Untuk membuat tampilan warna yang eye catching, saya biasanya merujuk pada palet warna untuk web. Warna pada web ini diidentifikasi oleh browser dengan kode warna. Salah satu kode warna yang populer digunakan adalah HTML Color Code.

HTML Color Code terdiri dari enam karaker yang depannya diawali dengan tanda pagar. Misalnya kode warna untuk putih adalah #FFFFFF atau bisa juga ditulis #FFF. Kombinasi dari huruf dan angka akan menghasilkan warna yang beragam. Ada banyak situs yang memberikan kode warna, tapi untuk menghasilkan kombinasi warna yang bagus kita tidak dapat hanya coba-coba warna saja.

Situs favorit saya untuk kombinasi warna yang cantik dan apik adalahΒ Design-Seeds. Di situs ini, rajin sekali mengupdate palet warna yang sedang tren atau disukai. Kita bisa memilih koleksi kombinasi warna sesuai dengan warna kesukaan. Biasanya sih tidak menggunakan seluruh warna yang di palet, hanya dua atau tiga warna saja karena jadinya ramai dengan warna warna hehe.

Nah untuk mendapatkan kode warna yang tersembunyi diantara warna cantik ini, cukup mudah. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor di dalam kotak warna kecil yang ada diatas kata-kata share the love. Begitu diarahkan maka akan muncul kode warnanya. Kode warna ini bisa dicatat terlebih dahulu, untuk kita pakai.

Cara lainnya untuk mengetahui kode warna adalah dengan menambahkan ekstensi / plugin / add-on tambahan pada browser. Setiap browser memiliki tambahan fitur dengan nama yang berbeda. Untuk chrome saya menggunakan tambahan fitur Colorzilla, Color Picker dan nama fitur eyedropper lainnya. Firefox juga memiliki fitur tambahan juga. Cara menginstallnya mudah, cukup search color di store atau add-on dan klik tambahkan. Mudah bukan dan otomatis akan terpasang.

Kalau sudah memasang fitur ini, kita tinggal klik icon colorzilla-nya dan kemudian langsung klik warna yang ingin diketahui kodenya dan hasilnya akan langsung muncul ^^. Praktis dan mudah.

Selain Design-Seeds, tempat lain yang memberikan palet warna yang bagus adalah ColourLovers. Yuk berkreasi dengan warna-warna.

 

 

Advertisements

21 thoughts on “Inspirasi Warna Untuk Blog

    1. haluu ejie ^^
      Sayangnya wordpress.com tidak support edit css, jadi tidak bisa digunakan 😦

      kalau pindah ke wordpress.org / wordpress hosting dan domain sendiri baru bisa ^^

  1. Aaakkk…itu ada pastel warna dan ungu kesukaanku, mak. Can’t wait untuk draft template nyah

  2. mbak bikinin tutorialnya dong mbak? (format pdf file) biar nanti semua bisa belajar desaign blog dsb πŸ™‚ hehe

  3. Saya kebetulan sedang sangat galau, warna apa yang cocok untk blog saya. Sabenarnya yg bikin bingung itu ownernya gak tahu apa yg sebenarnya warna diinginkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s