Hadapi Captcha Dengan Senyuman

Siapa bilang kalau postingan sepi komentar itu karena pengunjungnya sombong-sombong hehe. Salah satu hal yang membuat pengunjung malas berkomentar adalah beda platform yang rasanya kok ribet banget mau komentar, atau harus login macem-macem, masuk aplikasi sana sini cuman buat komentar dan yang terakhir ini si Captcha. Apa sih sebetulnya si mba chachamarica ini yang bikin repot dunia perbloggeran #okSayaLebay.

Oke saya mau bilang sebelumnya kalau ada web/blog yang bikin ribet masalah komentar ini adalah salah satu trik untuk engaged para pembacanya. Ngga salah juga sih, cuman kalau saya ngga akan menggunakan yang sifatnya memaksa, demi mendapatkan audience komentator yang loyal. Toh tujuan awal kita apa sih sebetulnya ngeblog, kalau hanya ingin punya komentar banyak ya silahkan blogwalking untuk feedback atau buat aja akun akun palsu trus komentarin sendiri hahaha. Yang terakhir ngga perlu ditanggepin qiqiqi. Nah yang lebih enak lagi, kalau saya yang tujuannya biar pada klik iklan (terang-terangan) saya ngga begitu memikirkan tentang komentar ini. Jadilah komentar saya masih sangat standar dan mudah untuk diisi, iya kan hayoo ngakuu.

Untuk menghadapi spammer yang rajin banget, saya tinggal pasang akismet yang ampuh bangett, memberikan setting nofollow pada komentar dan itu sangat membantu, jadi buat saya bye bye captcha hohoho. Kalau ada komentar yang ngga pas dengan topik alias OOT, atau cuman sekedar numpang link atau cuman one liner seperti thanks gan inponya, ini sudah pasti saya babat abis hehe. Salah sendiri ngga baca Comment Policy saya wkwkwk. Nah kalau yang lain gimanaaa?? Sekarang ini banyak yang menggunakan captcha untuk memberantas spammer yang sudah mulai menggila bahkan sudah mulai menyebarkan virus. Sebentar, masih ada yang belum ngeh apa itu captcha?? ini kata si wikipedia :

CAPTCHA atau Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.

Istilah “CAPTCHA” (berasal dari kata bahasa Inggris “capture” atau menangkap) diciptakan pada tahun 2000 oleh Luis von Ahn, Manuel Blum, Nicholas J. Hopper (semua dari Carnegie Mellon University), dan John Langford (IBM). Istilah ini adalah akronim bahasa Inggris dari “Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart” (Uji Turing Publik Terotomatisasi Penuh untuk membedakan Komputer dan Manusia). Carnegie Mellon University berupaya mematenkan istilah ini, tapi aplikasi merek dagang mereka dibatalkan pada 21 April 2008. Saat ini pencipta CAPTCHA menganjurkan penggunaan reCAPTCHA sebagai penerapan resmi .

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA

Bahasa gampangnya, ini loh yang namanya captcha :

captcha

Ini yang bikin jengkel semua blogger beneran alias bukan robot qeqeqe, masa mau komen aja nyuruh mbuka mata, maen hitung-hitungan, maen tebak tebakan dulu qiqiqi. Yah mau gimana lagi, namanya juga sistem. Ini kan juga demi keamanan bersama (sokBijak). Nah sebagai default, blog di blogspot akan menampilkan si captcha ini sebagai antisipasi komentar spam dan bisa dinonaktifkan. Caranya bisa ke dashboard -> setting -> pos dan komentar -> Pilih No/Tidak di bagian verifikasi kata (Show word verification) -> Save setting :

captcha

Buat yang komentar freak alias demen kalo komentar banyak di postingannya, bisa setting tidak mengaktifkan captchanya dan tidak memoderasi komentarnya. Tapi ngga ditanggung ya kalau banyak spam hehehe. Jadi gimana dong? saran saya yang lumayan enak, tidak mengaktifkan captcha dan memoderasi setiap komentar yang masuk, jadi sama sama enak. Kalau ada spam kita delete/unapprove, kalo blogger manusia (bukan robot) kita approve deh hehe.

Nah buat para blogger yang mutung tiap ketemu captcha, yuukk yakk yukk (bahasa old school) kita senyum aja yaa kalo lihat captcha. Karena sebetulnya ngga susah kok, kalau ngga kelihatan bisa ulang lagi/refresh dengan menekan tombol lingkaran yang ada anak panahnya itu. Kalau ngisi juga praktis sih ya. Jadi rasanya ngga ada yang ribet juga.

Tipsnya :

1. Jangan ada spasi diantara kita #eh

2. Huruf kecil atau besar tidak masalah

3. Kalau salah tekan tombol refreshnya (itu yang lingkaran ada panahnya)

4. Kalau sampai gagal 3x ya udah tinggalin aja berharap yang punya blog insap haha

5. Senyum aja yak lihat yang begini ^^

 

#HappyBlogging

Advertisements

8 thoughts on “Hadapi Captcha Dengan Senyuman

  1. hihihi..bener nih mak, saya suka gak jadi ngasih komen gara2 yang satu ini juga, huhuhu. but, nice share mbak shintaa 😀

    saya form komennya juga simple, hehe *gapenting*

  2. Emang agak2 males klo mau komen kehadang capcay ini
    cuman gimana lagi atas nama blogwalking *halah2 haha
    oya Mbak, utk menyetting komentar biar nofollow gimana ya?
    Akhir2 ini banyak penjual obat di tempatku …hiks

    1. kalo di blogspot, settingan sudah otomatis di no follow mba, makanya ngga terlalu banyak kaya di wordpress. Tapi tetep aja yah si spammy ini pasti ada di mana mana hehe

      dimoderasi aja komentarnya mba esti, dan blogspot biasanya kan langsung masukin ke folder spam to komentarnya kalo dirasa bukan manusia #eh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s