Tampilan Compact Gmail Terbaru (Updated 17 July 2013)

Ada yang baru dari sistem penyimpanan gmail. Update yang dilakukan tanggal 16 Juli atau setelah tanggal tersebut kalau sedang login, akan memberikan tampilan terbaru yang berbeda. Sistem penyimpanan email kali ini disimpan secara tempat berbeda dengan tab sebagai penandanya. Terdiri dari folder tiga folder utama dan dapat ditambahkan yaitu Primary, Social, dan Promotions. Secara pintar, gmail akan otomatis mengelompokkan setiap email yang kita terima.

Primary akan berisi email penting yang ditujukan langsung kepada kita. Hal ini memudahkan kita melihat email yang memang harus kita baca pertama kali. Social berisi email yang berasal dari social media. Kalau kita mengaktifkan fungsi notifikasi email social media seperti twitter, facebook, pinterest, linkln dan social media lainnya yang familiar, maka semua emailnya akan masuk ke dalam tab social. Promotions berisi email newsletter / promosi langganan kita. Tab ini juga dapat ditambahkan dengan memasukkan forum dan updates. Keduanya secara pintar dikelompokkan dari setiap milis yang kita ikuti dan juga update website yang kita ikuti.

gmail

Dan saya cuma bisa bilang wow, keren banget ya. Dengan banyaknya email yang masuk, hal ini tentunya membuat kemudahan dalam mengecek email. Saya tidak perlu melihat email notifikasi social media yang kedua kali karena tempatnya yang tersembunyi. Saya juga tidak perlu scroll akan email promosi yang saya tidak tertarik membacanya. Dan email milis, kali ini tidak akan bercampur dengan email personal lainnya. It helps alot!

Kita juga dapat mengatur sendiri apabila emailnya belum diatur masuk ke folder yang tersedia. Caranya mudah, yaitu hanya dengan menggeser/menarik masuk email tersebut. Otomatis dalam email berikutnya akan langsung masuk ke dalam folder yang dituju.

feature

Selain update dengan gmail PC, aplikasi mobile gmail juga mengalami update dengan fitur yang sama. Kalau yang punya aplikasi Gmail di iOS ataupun Android sudah bisa update melalui market masing-masing. Enjoy ^^

 

Advertisements

4 thoughts on “Tampilan Compact Gmail Terbaru (Updated 17 July 2013)

  1. beberapa hari sebelum tampilan gmail berubah, aku sempat kesulitan mba. Anakku kan sudah kubuatkan gmail dan akun facebook. Saat harus mencari email penting untuknya, duuuhh harus memilah di antara notifikasi fb yg bejibun. Bingung mau utak atiknya kayak di yahoo yg ada pengaturan folder berdasarkan pengirim gitu. Alhamdulillah dg tampilan gmail baru ini, lebih gampang search email utk anakku ๐Ÿ™‚
    Thks for share ya mba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s