Menggabungkan Foto Dengan Pixlr

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan request tutorial bagaimana cara menggabungkan beberapa photo menjadi satu. Dan tadaaa saya buatkan tutorialnya agar berguna bagi yang memerlukannya. Tools yang saya pakai disini adalah online photo editing yang menyerupai (tapi tidak sama ) dengan Photoshop yaitu PIXLR. Pixlr adalah program editing yang paling banyak digunakan, karena sifatnya yang simple, gratis dan tidak memerlukan keahlian khusus untuk mengolahnya.

Untuk tutorial ini, hasil dari percobaan saya bisa dilihat dari gambar dibawah ini. Saya menggabungkan 3 foto ke dalam satu frame dan kemudian saya berikan tulisan/keterangan sebagai pemanis. Yuk ikuti step by stepnya, jangan lupa siapkan kesabaran dan waktu yaa, karena membutuhkan ketekunan dan waktu yang tidak sedikit. Namanya juga belajar hehe. Jangan lupa tinggalkan komentar kalau merasa kesulitan dengan catatan sudah dicoba step by step tidak ada yang tertinggal dan disampaikan dengan jelas pemasalahannya karena saya bukan cenanyang hehe.

kolase (1)

 

Langkah 1 : buka pixlr.comΒ dan pilih open pixlr editor (advanced)

Langkah 2 : Klik new image (image baru) sebagai dasar frame kita untuk foto-foto. Atur ukuran image baru sebesar width : 600px dan Height : 800px. Ukuran ini didasarkan rata-rata lebar kolom utama blog adalah 600px sehingga tidak terlalu besar atau kecil yang mengakibatkan perubahan resolusi dari gambar.

Langkah 3 : Masukkan image/picture/gambar yang akan digabungkan. Caranya dengan Klik File -> Open Image -> cari gambar. Apabila berada dalam satu folder maka bisa dimasukkan sekaligus, kalau tidak mulai dengan satu persatu saja. Untuk mengaktifkan window/jendela sehingga akan terlihat di navigator, bisa dengan meng-klik window tersebut. Lihat navigator sebelah kanan, maka akan tau window/jendela mana yang sedang aktif.

Untuk menghilangkan gembok/kunci layer, karena kita membutuhkan gambar tersebut agar leluasa dipindah. Caranya adalah dengan klik dua kali lambang gembok yang ada sehingga terlihat gemboknya hilang seperti gambar diatas.

Langkah 4 : Saatnya kita memindah gambar ke frame utama yang sudah dibuat. Pastikan jendela aktif adalah gambar yang ingin dipindah, kemudian klik Edit -> Select All -> Copy. Kalau langkahnya benar maka akan ada garis batas putus-putus seperti gambar dibawah ini.

Langkah 5 : Setelah itu, pindahkan kursor ke frame utama untuk mengaktifkan windownya. Pastikan di navigator sebelah kanan window yang aktif adalah frmae utama. Kemudian klik Edit -> Paste. Gambar akan langsung berpindah ke dalam frame utama. Lakukan hal yang sama dengan tiga gambar lainnya.

Langkah 6 : Jika ukuran lebih besar dari frame utama, bisa di kecilkan dengan klik file -> free transform -> kemudian tahan shift untuk gambar tetap proporsional -> sesuaikan ukuran dengan keinginan. Pastikan layer yang aktif adalah gambar yang akan dikecilkan.Β Pada window frame utama, jika semua gambar sudah menjadi satu bisa kita mulai geser dengan menekan icon drag seperti dibawah ini. Pastikan kembali bahwa layer berada pada gambar yang benar, sehingga pada saat kita geser mouse, gambar tersebut yang dimaksud untuk digeser. Atur posisinya agar menarik.

Langkah 7 : Setelah posisinya dirasa cukup oke, langkah berikutnya adalah dengan memberikan latar belakang warna sesuai keinginan. Caranya adalah dengan menambahkan layer baru dan diletakkan dibagian paling bawah dari semua gambar. Kemudian klik fungsi shape, tentukan warna dengan klik nomor 2 dengan dan atur kombinasi warna sesuai keinginan. Setelah itu klik dan geser dibentuk kotak sesuai besaran background.

Langkah 8 : Untuk mempercantik, kita tambahkan teks sebagai keterangan. Sebagai dasar, gunakan shape yang berbentuk lingkaran, dengan opacity 50, tanpa ada border dan gunakan warna lembut. Shape ini layernya harus berada diatas layer background yang pertama kali kita buat. Setelah itu, klik fungsi teks dan tempatkan diatas shape lingkaran. Posisi layer teks juga harus diatas shape lingkarang agar terlihat. Gunakan fungsi drag untuk memposisikan teks supaya rapi di tengah.

Langkah 9 : Jika sudah dirasa oke, bisa langsung di save dengan cara file -> save -> OK

Yup simple dan gampang kan ya, monggo silahkan dicoba dulu yaa. Pelan-pelan, sabar, tenang hehe namanya juga belajar πŸ˜‰

Advertisements

24 thoughts on “Menggabungkan Foto Dengan Pixlr

  1. kalau aku belum pernah pakai pixlr yang dari web, mak. palingan pakai pixlr yang buat android. mentok buat editing foto. hehehe… dan memang seh, pixlr bagus menu-menu editingnya. soalnya belum biasa pakai photoshop. hihihi,

    1. iya mak yang pixlr mobile editing photonya/filternya keren, saya sampe upgrade hehehe tapi lama-lama bosen dan kelihatan berlebihan filternya. Akhirnya balik ke standar instagram aja haha

  2. gampang yah mak.. membantu banget. aku biasanya pake muzy.com. bisa juga buat ngedit gambar pake yg pict monkey, ada framenya juga..

  3. Pingback: Watermark Sederhana Menggunakan Pixlr
  4. Kayaknya waktu itu aku udah mampir, tapi blm tertarik buat bikin ^^, trus berhubung semakin kesini semakin penting juga bisa bikin ini, cari di search engine, eh yang keluar punya mak Shinta, yowis balik lagi ke sini, hihiiii πŸ™‚ Top bgt deh tutorialnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s