Watermark Sederhana Menggunakan Pixlr

Setelah dulu banget saya membuat tutorial watermark yang pertama, akhirnya saya buat lagi bagian yang lebih sederhana. Karena pada postingan terdahulu, watermark-nya sudah jadi hehe. Tutorial itu memang saya tujuan untuk klien saya bagaimana cara menggunakan watermark yang sudah saya buatkan sebelumnya. Nah kali ini, saya buatkan tutorial (tidak hanya watermark photo) tetapi juga dapat diaplikasikan ke dalam gambar/photo sesuai kebutuhan. Kombinasikan juga caranya dengan tutorial disini (untuk shape bulat). Hasil modifikasi contohnya seperti dibawah ini :

marina-uv-white-spf151

Kalau hasil dari tutorial saya kali ini adalah yang seperti ini :

watermark

Caranya mudah, step by step bisa diikuti seperti dibawah ini. Seperti biasa, andalan saya untuk mengedit sederhana untuk pemula (lain kali saya buat tutorial untuk Photoshop plus freebies hehe) adalah Pixlr.

Seperti biasa buka browser dan ketikkan pixlr.com, kemudian pilih advanced. Setelah itu, klik open image dan pilih gambar yang akan diberi watermark.

Setelah terbuka, lihat di sebelah kanan ada jendela navigator, layers dan history. Terlebih dahulu kita unlock gambar supaya dapat diedit. Caranya dengan double klik gembok yang mengunci pada layer background.

Setelah kunci dibuka, buatlah layer baru dengan mengklik icon yang ada di sebelah kiri tong sampah. Akan dibuat layer baru yang berada diatas gambar background kita.

Setelah layer dipastikan pada layer 1, kita langsung bisa memberikan kotak transparan sebagai dasar dari tulisan. Jika dirasa kotak ini akan mengganggu keindahan dari gambar bisa dilewatkan saja langkahnya. langkah selanjutnya klik fungsi shape kemudian atur setting seperti yang saya buat (ini bisa disesuaikan dengan keinginan). Kemudian tarik dari bagian kiri ke kanan di bagian bawah gambar.

Hasil dari settingan diatas akan berbentuk kotak dan transparan berwarna putih. Berikutnya buat layer baru lagi untuk menempatkan tulisan diatas kotak tersebut. Klik fungsi text untuk memberikan tambahan keterangan. Apabila sudah selesai menambahkan text, atur posisi teks supaya pas dilihat dengan menekan v pada keyboard atau juga dengan menekan fungsi move pada tools (seperti gambar dibawah).

Kalau dirasa sudah oke dan bagus bisa langsung di save ke lokal komputer atau online ke facebook dan lainnya ^^. Selamat mencoba 🙂

Gambar copyright ramacesa

Advertisements

12 thoughts on “Watermark Sederhana Menggunakan Pixlr

  1. Mak… maafin daku.. aku jebule juga bikin tutorial yang samaaa tapi beda cara penyajian… ampuuun mbaa, gak sengaja. Emang aku save tentang pixlr mulai cari background dsb.,..smua kan aslinya dari mbaa…
    aduh mbaa, jangan marah ya..gmn mau nebusin mb…hikks…hikkss

  2. mb Shin…pa kabaar? minal aizdin wal faizin yaa….tutorial nya kereen banget mba…ini dia yg aq cari cari…xixiixi…ngasih watermark yg cantik 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s