Membuat Email dengan Domain Sendiri

Keuntungan memiliki domain sendiri adalah kita dapat membuat email dengan alamat domain tersebut. Terlihat lebih profesional dan personal dibandingkan dengan menggunakan email populer. Contoh dari email domain yang saya maksud adalah seperti halo@shintaries.com. Kalau dulu, andalan saya adalah menggunakan fasilitas gratisnya google business app. Tapi karena sekarang sudah berbayar, saya menggunakan fasilitas POP3 dari gmail. Buat yang sudah terbiasa menggunakan outlook, thunderbird dan email client lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan cara penggunaan POP3 ini. Selain POP3, saya juga menggunakan SMTP untuk identitas pengiriman email. SMTP adalah fasilitas yang memungkinkan kita mengirim email dengan email domain yang sudah kita buat. Karena kalau tidak disetting, nama pengirim akan menjadi email gmail.

Dengan menggunakan settingan POP3, maka tidak akan ada lagi email yang berada di server domain. Jadi cara kerja dari POP3 adalah menarik semua email ke dalam akun gmail kita. Keuntungannya tentu saja, walaupun kapasitas email yang disediakan oleh server hanya sedikit, hal tersebut tida menjadi masalah karena semua email akan ditarik masuk ke gmail. Dan email di server domain akan selalu kosong. Hmm beribet ngga ya penjelasannya qiqiqi.

Bagaimana caranya membuat email domain ini? sebetulnya mudah dan tidak rumit. Akan saya jabarkan step by stepnya dengan perlahan dan lengkap. Seperti biasa, pelan-pelan dan ikuti tahapannya jangan ada yang terlewat yaa. Karena memang sedikit lebih tricky dan teliti. Untuk tutorial sudah pasti saya menggunakan GMAIL dan juga domain dari HOSTGUIN.COM (affiliate link ) yang memungkinkan kita untuk mengatur domain panel sendiri. Kalau menggunakan domain yang dibeli di tempat lain, saya tidak menjamin kita bisa melakukan setting untuk email karena memang setiap registrar memiliki kebijakan yang berbeda.

Untuk settingan custom domain di blogspot bisa dilihat DISINI.

Yuk ikuti langkahnya seperti dibawah ini :

Login di domainpanel.hostguin.com, jangan lupa pilih sebagai customer. Masukkan username dan password yang sudah dimiliki. Kemudian pilih manage order -> list/search order -> pilih domain yang akan dipakai sebagai identitas email

Pilih / klik settingan email -> manage email. Dalam menu action, klik add user untuk membuat username email. Isi data dengan lengkap. Password akan diberikan kalau data sudah lengkap. Pastikan untuk mengisi alternate email, karena semua data dari email baru ini akan dikirim melalui alternate email.

Data email yang sudah dibuat terdiri dari settingan POP server, IMAP dan SMTP. Yang akan kita gunakan adalah POP dan SMTP saja. Jadi silahkan diingat dan disimpan baik-baik untuk datanya karena akan digunakan di settingan GMAIL.

Jika semua sudah terisi lengkap, kembali lagi ke manu email untuk mengecek DNS service di menu email. Kalau ada peringatan, segera perbaiki karena akan mempengaruhi jalannya komunikasi antara server gmail dan server dari email ini. Klik fixed otomatis untuk melakukan update server secara otomatis. Jangan lupa, setelah memperbaiki Name Server kita harus menunggu paling lama 24 jam untuk masa propagasi. Jadi tunggu ya supaya bisa ke langkah selanjutnya keesokan harinya ^^.

Setelah proses 24 jam masa propagasi, kita sudah bisa melakukan setting di Gmail. Setting ini meliputi POP3 dan SMTP akun email yang sudah kita buat. Langkah pertama, masuk ke gmail.com -> kemudian pilih setting -> Account -> klik add POP3 mail account.

Setelah mengklik tambahan account POP3, masukkan email yang sudah dibuat kemudian klik next step -> masukkan email setting seperti screenshot dibawah ini (data akun email seperti username, password, dan pop server). Setelah itu klik next step. Kalau masa propagasi sudah selesai (24 jam) maka akan setting tidak akan mendapat masalah. Kalau ternyata ada peringatan, silahkan cek kembali di bagian email apakah settingan DNS sudah benar.

Untuk settingan selanjutnya adalah settingan agar dapat mengirim email dengan akun email yang sama. Ini dinamakan settingan SMTP. Klik next step dengan terlebih dahulu klik yes pada pilihan pengiriman, kemudian masukkan nama pengirim yang diinginkan.

Masukkan data SMTP seperti dibawah ini, masukkan username dan password serta tidak lupa untuk smtp servernya dan port 587. Setelah klik add account, akan dibutuhkan verifikasi ke alamat email domain yang sudah kita buat. Karena tadi sebelumnya emailnya sudah kita tarik ke gmail, jadi email tersebut juga akan masuk ke dalam email gmail kita. Tunggu beberapa menit sampai emailnya masuk, dan copy confirmation code yang ada kemudian paste ke dalam kolom verify. Dan tadaa emailnya sudah siap digunakan ^^.

Untuk mengecek kembali bisa buka setting-> account dan apabila sudah benar tersimpan maka akan ada akun tambahan untuk mengirim email dan settingan email POP3. Untuk menggunakannya mudah, jadi setiap email yang masuk ke dalam email domain akan langsung meluncur ke gmail kita. Kemudian kalau membalas atau mengirim email (compose) akan ada pilihan pengirim akun, yaitu akun utama gmail dan akun email domain yang sudah kita setting tadi.

19

Advertisements

16 thoughts on “Membuat Email dengan Domain Sendiri

  1. hola….
    thanks banget udah sharing ilmunya di blog ini mba,,
    bdw kalau untuk email dgn domain sendiri itu, nantinya si pengirim bisa attach file besar ga?? atau terbatas juga??
    aku masih agak2 bingung nih,,

    thanks ya mba 🙂

    1. Bisa mba mengirim/menerima file besar, karena semua sudah kita tarik ke gmail jadi kapasitas yang dipakai adalah gmail. Kalau ada pembatasan jumlah maksimal attach biasanya karena kapasitas hosting yang terbatas mba 🙂

  2. Halo, makasih, sudah berkunjung, dan membookmark dulu. Mau saya praktekkan besuk siang 🙂 Terima kasih ilmunya, mudah dimengerti. Salam kenal dari saya…. Btw kayanya saya bakal sering berkunjung heheheheh… Ngiler ma tip2nya :p

  3. Tsjaaaah, keknya kudu tatap muka deh dengan kondisiku like this, dah pelaaan dan pelaaan…mungkin kudu beberapa kali yaaak dibacanya…

    But, nanti aku coba ya Mak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s