Pingin buat Blog? Gampang!

Belakangan ini, karena aktivitas saya yang cukup intens di dunia blogging beserta embel-embel eksisnya. Banyak sekali teman-teman lama yang menghubungi saya dan tertarik untuk menulis di blog. Mereka bilang, kelihatannya seru banget punya curhatan di media online.

Memang betul sih, menulis adalah salah satu kegiatan yang banyak direkomendasikan sebagai salah satu terapi terutama untuk pikiran. Banyak sekali ide-ide bersliweran silih berganti di kepala. Satu-satunya jalan untuk menuangkannya adalah dengan menulis. Ngga perlu deh mikirin nulis cerpen dulu, ikutan antalogi, rilis novel apalagi persiapan kursus menulis kalau cuma pengen nulis di blog. Siapa aja bisa dan boleh. Yang terpenting gratis bok.

Nah kalau yang biasa curhat ngegalau di status facebook, kayaknya lebih enak juga kalo curhatnya  dibuat blog. Karena audiensnya lebih melebar dan ngga nyampah di timeline orang lain hehehe. Uniknya kalau belum bersedia dishare atau curhatannya dibaca orang lain, kita bisa kok buat private postingnya bahkan blognya. Jadi fungsi blog adalah sebagai diary online. Yah hitung-hitung hemat kertas.

Mulai dari mana ?

Mikirin membuat blog memang menjadi peer tersendiri. Padahal sebetulnya simple banget. Beberapa, karena bingung pilih nama, pilih alamat url, pilih tema desain blog dan lain-lain akhirnya batal deh nulis di blog hehehe. Ini baru awalnya, ntar kalo udah jadi blognya pasti masih bingung lagi mau nulis apa 😛

Tenang aja, seperti yang saya bilang kalau menulis blog itu mudah. Semua blogger pemula pasti ngalamin ini kok, bingung mau nulis apa. And you know what, we always start with GAJE. Ngga jelas. Hahaha. Jadi ngga sendiri ya. Semua blog keren yang pernah ada di dunia blogger, percaya deh itu pasti dimulai dari tulisan ngga jelas.

sampleblog

Tema Ngeblog

Apapun tulisannya, saya yakin pasti ada aja penggemarnya. Sesuatu yang kita bagi pasti engga ada yang sia-sia. Jadi yakinkan dan percaya aja, kalau ngeblog ini sesuatu yang menyenangkan. Salah satu hobi yang biasa kita lakukan disaat senggang. Atau karena butuh pencatatan online dan melatih daya ingat. Tentukan dan niatkan bahwa ngeblog itu memang fun dan lakukan tanpa merasa rugi atau dirugikan.

Tema mudah yang bisa kita tulis di blog yang pertama adalah tema keseharian. Tiap orang, pasti adaa ajaa masalah dan kejadian yang terjadi. Uniknya, tiap orang beda-beda loh. Jadi mulailah dengan menulis apa yang sehari-hari kita lakukan. Entah lagi memasak, entah lagi buat crafting, entah info harga cabe di pasar hari ini, atau kegiatan anak yang berwarna.

Tema campur-campur atau gado-gado tetep boleh kok hehehe. Beneran ngga ada yang melarang, bebas pantas. Jangan salah, tema kaya gini banyak peminatnya alias banyak yang suka baca. Apalagi tentang personality seseorang. Belum lagi kecenderungan orang yang suka ngegosip (termasuk saya :-P). So, start with your daily routine.

Kalau udah biasa nulis sehari-hari dan rutin ngeblog, seminggu sekali atau sebulan sekali. Nah bisa dicari pattern tulisannya. Misalnya, oh saya ternyata suka nulis resep masakan ya. Berarti bisa buat blog lagi yang khusus untuk ujicoba resep. Oh saya suka nih jalan-jalan kayaknya butuh blog khusus untuk mencatat acara jalan-jalan. Gitu maksudnya hehehe. Biasanya pattern ini bisa kita temui dari arsip blog yang mayoritas tentang hal yang kita sukai.

Untuk menemukan pattern ini, memang tidak mudah. Akan banyak godaan yang bakal kita temui hehehe. Maksudnya lagi-lagi pengen curhat, lagi-lagi pengen curhat. Ngga masalah banget, sepanjang enjoy dan seneng aja nulis ngga ada yang larang. Hanya saja, ini biasanya dipikirkan oleh blogger yang pengen meningkatkan kemampuan tulisan atau pengen meningkatkan kualitas dari hanya sekedar blogger pemula.

Mulai dengan engine yang gratis

Untuk blogger pemula, ngga perlu deh kita repot keluar biaya hanya untuk membuat sebuah blog. Sama kaya layanan online yang gratis seperti facebook, twitter dan lain-lain. Blog ini juga bisa dibuat gratis dan mudah. Ada layanan yang sudah teruji dalam satu decade yaitu blogspot dan wordpress. Kedua engine ini sudah melayani ribuan bahkan jutaan blogger di seluruh dunia. Jadi gunakanlah yang sudah teruji ya, jangan coba coba yang lain kalau ngga mau repot #BukanPesanSposor.

Pelajari hal teknis

Tenang aja, ngeblog bukan ilmu bikin roket. Ada banyak tutorial dan jawaban atas pertanyaan tentang teknis ngeblog. Minimal yang perlu diketahui adalah masang banner hehehe. Sisanya yang gampang seperti masang photo, align text, dan penggunaan fungsi posting bisa dipelajari sejalan dengan seringnya posting. Dan yang penting untuk diketahui adalah tata letak dan gadget/widget. Dan sekali lagi, ngga perlu khawatir. Semua ada di google jawabannya.

Gabung dengan komunitas

Nah ini bonus. Untuk memperluas jaringan perteman blog, atau pengen juga baca-baca blog lain ada baiknya bergabung dengan komunitas blogger yang buaanyyakk banget. Ada komunitas khusus emak-emak, komunitas platform, komunitas daerah dan buanyakk lagi. Di komunitas asiknya adalah kita bisa berbagi tanpa batas dan suka terinspirasi dengan blog orang lain.

Social Therapy

Nanti begitu masuk ke dunia blogging, plis jangan kaget. Siapkan diri dengan baik. Akan ada banyak sekali akun-akun blog lain yang suka nyinyir. Sama halnya dengan dunia nyata, orang di dunia blogging pun juga bermacam-macam. Hadapi semua dengan senyuman yah, jangan dimasukin hati. Sementara, sebelum menjawab komentar yang terasa pedas, tarik napas pikirkan jawabannya dengan baik. Kalau bisa jawab saja keesokan harinya, pasti udah berubah suasana hati ^^.

Nah kalau udah tau rahasianya buat blog, udah ngga ragu-ragu lagi kan mau ikutan nyampah di dunia blogging ^^.

Advertisements

8 thoughts on “Pingin buat Blog? Gampang!

  1. Sangkig seringnya membuat blog sampai-sampai saya bisa mbuat blog baru hanya sekejap melalui cpanel wordpress.
    Blog saya umumnya memang berbasis wordpress karena lebih mudah mengoperasikannya
    Terima kasih tipsnya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s