Mengenal Google Plus

Udah punya? Bingung makenya? Ngga tau gimana makenya? Ngga ada temen yang make? Iyess toss dulu ya hehehe. Sama berarti, dan jangan khawatir walaupun semua blogger di blogspot rata-rata punya akun di Gplus tapi ngga semua tau loh fungsi dan pemakaiannya seperti apa. Toss lagi.

gplus

I have a Gplus just because Google told me to. Jadi berhubung email utama menggunakan Gmail milik Google. Kemudian paling banyak menggunakan produk Google seperti Google Drive, Google apps, Gmail, Youtube, Blogger, Picasa, Feedburner, hmm apalagi ya yang pasti Google search lah ya hehehe. Cuma itu aja ternyata ngga banyak :-P. Terbuatlah akun Google Plus untuk nyenening si Google ini. Karena kenyataannya saya anggurin berbulan-bulan ngga ditengok. Hikkss.

Beruntungnya saya yang minggu lalu mendapat undangan ke kantor Google Indonesia melalui Komunitas Kumpulan Emak Blogger. Kunjungan ke kantor Google engga semata-mata main-main aja loh. Ternyata kalau kita diundang ke kantor Google, ngga bisa cuman muter-muter pengen lihat nyamannya kantor Google. Tapi akan ada ilmu baru yang bakal diberikan.

Kunjungan pertama rombongan emak blogger ditemani oleh mba Keke alias Eunike, seorang Google Plus Community Manager. Wah asyik dan gaul banget loh orangnya. Jadi mba keke ini bertanggung jawab atas populernya Google Plus di Indonesia. Pernah tau tentang program hangout bareng artis Indonesia ngga? Nah blio lah yang bekerjasama dengan para label untuk program tersebut. Itu sih salah satunya aja, salah lainnya banyak hehehe.

Kalo masih ada yang mengira kalau Google Plus adalah Social Media yang mau mengalahkan Facebook, berarti anda salah sodara-sodara. Hahaha Toss dulu, sama kok saya juga mikir begitu. Menurut mba keke, GPlus adalah Social Layer. Hmm bingung ya, saya juga *tuing-tuing.

Jadi gini, kalau facebook sangat erat dengan pertemanan dan twitter adalah streaming berita persecond (lebih cepat dari detik), maka Google Plus ini diatasnya. Dia bukan jaringan pertemanan, bukan juga streaming chit chat/berita dan bukan juga kaya instagram yang hanya sharing photo. Jadi apaan dong sebetulnya??

Social Layer

Google plus adalah social layer yang kegunaannya sangat kompleks yang digunakan untuk menunjang pertemanan, streaming, tagline, tatap muka, kepengarangan sampai dengan mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO). Kira-kira intinya, Google Plus adalah profil kita di dunia maya yang dapat kita gunakan untuk apa saja sesuai kebutuhan. Dan penting bagi seorang blogger memiliki akun Gplus ini. Karena artinya blog yang kita tulis terverifikasi dan dapat kita klaim bahwa blog adalah milik kita, bukan orang lain. Yah kira-kira begitulan penjelasannya, moga-moga ngga bikin bingung hihihi.

Community by Interest

Google plus juga social layer yang berdasarkan interest. Jadi sama dengan komunitas. Sudah tau kan kalau komunitas adalah suatu kumpulan orang-orang yang memiliki minat yang sama, saling berbagi dan melakukan kegiatan yang sama. Hehehe ini definisi ala saya ya.

Masih bingung juga?. Oke Google plus ini adalah tempat bertemunya orang-orang dengan minat yang sama di internet. Wah tercerahkan ya sekarang. Jadi udah bukan mainan lagi tuh, update status dan dikomenin sama tetangga sebelah apa malah sama suami gitu. Mainannya udah dengan teman-teman baru di dunia maya yang memiliki minat yang sama.

Ooo makanya ada circle itu yaa?? 100 deh buat kamu. Jadi pertemanan itu yang dikelompokkan di akun kita disebut lingkaran. Ini bebas mau buat lingkaran apa aja. Dan setiap lingkaran akan diisi orang-orang yang sesuai dengan minat dan bakat #eh. Misal, di akun saya, saya memiliki lingkaran besar dan kecil. Eh bukaaann hehehe. Ada lingkaran yang namanya blogger, family, close friends (none blogger) dan tidak dikenal hahaha. Khusus untuk lingkaran blogger, saya bisa menambahkan dan ditambahkan oleh orang yang memiliki interest yang sama yaitu ngeblog. Ini bisa dari mana saja dan siapa aja. Jadi jaringan pertemanan saya tidak lola (lo lagi lo lagi .red).

Uniknya, kita dapat berbagi status, update blog, atau apa aja dengan pilihan lingkaran mana yang kita bagi. Yah misalnya saya punya unek-unek kantor, ngga mungkin kan saya posting trus saya bagi di gplus untuk lingkaran kantor hehehe. Enak kan, jadi seperti ke hidden dan dijamin lebih enak bales-balesan komentar dengan sesama teman komuniti.

Google Product Integrated

Bentuk sosialisasi dari gplus ini agak pemaksaan sebetulnya. Waktu itu ada kasus, kalau komentar di Youtube harus menggunakan akun gplus. Dah parahnya komentarnya tidak tampil di bawah video lagi tapi ada di halaman gplus. Widihh ribet ngga tuh. Untungnya para broadcaster di youtube pada protes. Ini ngga cuma satu atau dua orang tapi banyak dan saya ngga ikutan protes. Pasrah aja gitu hehehe. Akhirnya, dikembalikanlah seperti semula.

Integrasi gplus juga dilakukan di blogspot. Jadi ada fitur baru yaitu kolom komentar yang hanya dapat diisi oleh pengguna Gplus. Begitu ini diaktifkan, jangan harap komentar yang sudah masuk akan ada lagi, saat baru menyadari bahwa kolom komentarnya akan membuat sepi komentar. Iya, semua komentar lama pada saat gplus komen diaktifkan akan menghilang semua. Jadi bagusnya ngga mengaktifkan. Mungkin alih-alih orang pada embed facebook akun untuk komentar, kenapa ngga gplus aja yang dibuat seperti itu. Dan sayangnya, walaupun mengurangi komentar si tukang obat ternyata tidak banyak digunakan karena Gplus tidak sepopuler facebook.

Integrasi lainnya yang perlu disadari adalah Picasa. Jadi Google memiliki produk untuk penyimpanan gambar yang dinamakan picasa. Kalau yang belum tau, gambar blogspot yang kita upload akan otomatis tersimpan di dalam album-album picasa. Sayangnya, entah sejak kapan picasa sudah tidak bisa lagi berfungsi sebagai hosting gambar seperti Photobucket.

Yang perlu diperhatikan disini adalah bahwa gambar blogspot yang tadinya ada di picasa, ternyata saat ini sudah berpindah ke Google Plus bagian gambar. Nah kalau ada yang bingung ternyata ada gambar blog nongol disitu trus main hapus aja karena dikira dobel. Waduh hati-hati ya, jangan sampai salah. Karena menghapus gambar di Google Plus itu sama aja menghapus gambar yang ada di Blogspot. Eng ing eng, bonusnya adalah ngga bisa dikembalikan (restore) seperti semula.

Importance Google Plus for Blogger

Yang terpenting dari semua keunggulan Google Plus dari semua hal diatas adalah bagaimana Google Plus ini berpengaruh terhadap pencarian dan eksistensi kita sebagai blogger. Jadi Google Plus adalah tools yang dapat kita manfaatkan untuk mengklaim kepemilikan dari sebuah blog dan artikel yang kita tulis. Nah hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pencarian alias posisi pada search engine.

google-author

Sebuah blog yang memiliki akun Google Plus, telah memverifikasi blog/webnya, kemudian terhubung dengan lingkaran yang jumlahnya banyak akan mendapatkan tempat istimewa di halaman pencarian. Ini adalah satu bocoran yang dapat mendongkrak optimasi pencarian. Plus bonusnya adalah foto cantik atau ganteng kita yang nampang di halaman pencarian tersebut hehehe. Untuk hal ini sebetulnya saya sudah tau lebih dulu dan sudah membuatkan artikel lengkapnya disini.

Not Just Hangout Thing

Biasa pake facetime, line videocall atau kakao videocall yang hanya dua arah? Nah Google Plus dengan hangoutnya punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh para instant messenger itu. Banyak profesional yang menggunakan hangout Gplus untuk mendukung kegiatannya. Misalnya, untuk conference, menyanyi bersama, memasak bersama, bahkan live report dan uniknya adalah langsung broadcast melalui youtube. Google Hangout tidak terbatas pada dua orang saja, tapi bisa banyak (jumlah maksimalnya kurang tau).

Nah bagaimana dengan webinar? Yang biasanya hanya slide saja yang ditayangkan atau hanya layar saja yang terekam. Iyess thank God, itu bisaa!!! Kalau biasanya untuk mengadakan webinar ini harus menyewa dengan jumlah yang gue manyun, dan terbatas kapasitasnya. Sekarang, ngga sekarang sih hehehe. Saya bisa mengadakan webinar dengan gratis dan terbuka hohoho. Jadi memang sudah rencana pengen banget buat webinar untuk ngajari temen-temen blogger yang masih merasa bingung pengen diapain atau butuh tutorial tertentu. Dan Google Hangout ini solusinya sodara-sodara. Saya bisa langsung live siaran (udah kaya warta berita) atau bisa juga diakses secara bebas hohoho.

Walah-walah baru mengenal aja udah panjang banget yah. Kalo dikulik satu-satu lagi bisa sepuluh halaman sendiri hehehe. Nah yang punya waktu, bisa banget coba fiturnya satu-satu dan gunakan sesuai kebutuhan. Memang sedikit lebih ribet karena ini bukan social media yang user-friendly ^^.

Advertisements

24 thoughts on “Mengenal Google Plus

  1. Iya mak, udah dilaksanakan semua seperti diatas. Tapi kok masih ada sesuatu yg mengganjal ya? Sesuatu yg masih membingungkan. Entah apa itu. Lo? Halah. Pokokmen pengin tanya tapi nggak tau mesti tanya apa *ruwet *suram

  2. Huaaa kirain hangout itu buat chatting biasa saja 😀
    Makasih pencerahannya mak. Ternyata kegunaannya banyak sekali ya. Beruntung saya punya akun ini dan rajin sharing postingan di dalamnya tapi kurang banyak main di dalam. Soalnya dengan FB dan twitter saja sudah kelimpungan 😀

  3. Mak Shinta, baru ngeh tentang foto yg dari blogspot bisa nangkring di hp. Jadi klo misalnya 1 foto itu dihapus, yg kehapus 1 foto di blogspot, gitu ya mak? Aku dulu pernah hapus-hapus foto di hp, tapi tdk kuperhatikan, ilang nggak ya di postinganku.

  4. tetep gak ngerti, teh shinta :)) hahahaha kacau ini. yang saya rasain sih bloghits meningkat. Rupanya tiap abis post entry baru, g+ ini otomatis ngeshare ya? eh salah gak ya saya? hohoho

  5. Saya merasa kalau g+ ini memang agak susah dimengerti. Mungkin karena saya masih terpaku dgn FB nih Mbak…
    Belajar sedikit deh dari posting Mbak ini. Jadinya pengen ngoprek lagi g+ lebih dalam.

    Salam,

  6. hehe seperti aku yang tadi pagi nyoba hapus foto2 di google+ dan ternyata berpengaruh langsung ke blogspot. alhasil blog ku kacau balau semua foto di postingan ikut terhapus. lalu ? bingung gak tau diapain, pasrah ? iya aku pasrah deh ! karna gak ada solusi kembaliin foto2 yg katanya terhapus setelah 60 hari. kacau cau cau . apa mba punya solusi untuk hal ini ?

    jika ada solusi bisa mengembalikan foto2 itu dan otomatis bisa mengembalikan blog ku ke semula. plis email aku yah di fyanwalnuttree@gmail.com katanya sih fotonya akan terhapus permanent stelah 60 hari

    1. Hehehe maap banget, aku ngga bisa bantu. Karena waktu itu nanya sama orang Google nya juga, katanya kalau sudah kehapus ngga bisa balik lagi 😀

  7. cowok boleh komen kan… alhamdulillah…
    bukan komen tentang g+ sih…
    yang utama kayaknya salam kenal dulu 🙂 dan kalau nggak kebaratan sekalian mau minta kiat dan saran buat mengoptimalkan blog yang baru saya buat yang katanya perlu pake SEO, bahkan predikatnya sampe “sangat perlu”…
    mohon bimbingannya
    Email : halipin82@gmail.com
    Fb : Halipin Lee Athousandroles

    1. haloo, buat newbie sepertinya fokus di konten dulu. Karena SEO ini lama dan makan waktu. Lebih baik sih, punya jumlah postingan yang cukup banyak baru belajar SEO 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s