Membuat Email Subscription dengan Feed Burner

Ada beberapa cara untuk tetap update mengikuti tulisan di sebuah blog. Blog yang isi tulisannya bagus dan bermanfaat biasanya punya banyak follower. Walaupun sudah ada media sosial dan bisa terintegrasi/cross posting, namun cara-cara langganan manual masih banyak digunakan. Salah satu yang masih banyak digunakan adalah berlangganan melalui RSS dan Email.

Untuk media sosial, bisa dengan mudah kita memberikan opsi berlangganan dengan menampilkan icon media sosial. Atau bisa juga dengan menambahkan widget facebook page atau twitter widget. Tapi karena media sosial terlalu mainstream dan masih banyak yang lebih suka menerima update melalui email, dari sinilah kita memerlukan widget tambahan yaitu berlangganan email. Opsi berlangganan melalui email dapat kita letakkan di sisi kanan atau kiri posting atau setelah artikel posting. Formulir yang diletakkan secara pop up (tiba-tiba muncul) banyak dihindari oleh pembaca dan tentunya akan mengganggu kenyamanan pengunjung blog. Sebisa mungkin, hindari hal ini.

Salah satu layanan gratis yang dapat digunakan untuk langganan email adalah FeedBurner. Sudah sejak lama layanan ini dibeli oleh Google dan terintegrasi dengan akun Google. Bagi pengguna Blogspot, akun feedburner otomatis aktif saat menambahkan widget Follow by Email. Untuk mengaktifkan secara otomatis bisa langsung ke Tata letak -> Tambahkan widget -> Ikuti lewat email.

subscribe

Lain halnya jika memiliki blog di wordpress.com dan wordpress.org. Untuk layanan berlangganan di email di wordpress.com, bisa dengan mudah menggunakan fungsi berlangganan email yang sudah tersedia di fitur Jetpack. Begitu juga dengan wordpress.org yang telah diinstal plugin Jetpack. Mudah dan praktis sebetulnya. Plugin Jetpack ini bisa didapat gratis melalui repository wordpress saat menginstall plugin baru di dashboard wordpress.

jetpack

 

Namun terkadang plugin Jetpack ini tidak bisa digunakan karena konflik dengan plugin yang lain. Kalau ini terjadi maka penggunaan layanan langganan email dengan feedburner diperlukan. Untuk mendapatkan kode HTML dari langganan email/email subscriptions ini cukup mudah.

Pertama, silahkan mendaftarkan terlebih dahulu blog yang mau dibuat ke www.FeedBurner.com. Login dengan akun Google yang dimiliki dan masukkan alamat blog yang akan dibuat umpannya dan klik next.

burnfeed

Feed akan mengindentifikasi sumber dari tulisan blog atau komentar yang akan diikuti. Karena kita menginginkan layanan posting, maka tentu saja memilih feed untuk blog dan klik next lagi.

feedsource

Jikalau perlu untuk merubah judul maka perubahan dapat dilakukan di jendela berikutnya. Jika tidak perlu ada yang dirubah, bisa langsung klik next.

burnfeed1

Yap akhirnya feednya sudah jadi sesimple itu aja. Alamat feed yang tertera biasanya digunakan untuk yang berlangganan melalui RSS. Jadi apabila, ada yang mau berlangganan RSS dari blog saya misalnya. Saya hanya cukup memberikan alamat : http://feeds.feedburner.com/TheChocoCompany dan membiarkan mereka subscribe melalui RSS Reader pilihannya masing-masing. Dan karena Google Reader sudah almarhum, masih banyak pilihan RSS reader melalui FeedDemon atau NewsFire.

feedok

rss

Kalau feed sudah terbentuk, mudah bagi kita untuk menampilkan form berlangganan melalui email. Caranya bisa ke klik Feed Title yang mau dipakai. Kemudian pilih tab Publicize dan pilih diantara services : Email Subscriptions. Kalau layanan ini belum di aktifkan, maka klik active terlebih dahulu.

email kode

Setelah fungsi ini diaktifkan, maka layanan berlangganan email akan aktif sepenuhnya. Setelah itu, silahkan copy paste kode HTML nya untuk di letakkan di widget sidebar atau dibawah postingan. Dan taadaa, layanan berlangganan posting email sudah aktif dan bisa digunakan. Selamat mencoba 🙂

Advertisements

7 thoughts on “Membuat Email Subscription dengan Feed Burner

  1. caranya gmna yaa ? supaya subcribe email di taruh di pojok kanan bawah, dan ketika di scroll dia muncul?
    hftt pusyingg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s