Posting melalui Email dengan Jetpack

Jetpack adalah plugin fungsional yang praktis untuk digunakan bagi pengguna WordPress Selfhosted. Kapan-kapan saya bakal bongkar habis fungsi dan penggunaan dari Jetpack ini. Udah ada sih sebetulnya di draft, cuman kok ngga kelar-kelar yak hahaha. Nah berhubung ada yang nanya, jadi sekalian aja saya jelasin disini ^^.

Salah satu kegunaan selain bisa menggunakan follow by email, Jetpack juga memiliki fitur posting melalui email. Cara menggunakannya ngga susah, hanya perlu mengkonfigurasi settingan Post by Email. Masuk ke tab Jetpack pada dashboard -> kemudian klik configure pada fitur Post by Email.

jetpack-email1

Setelah klik configure, akan masuk ke settingan berikutnya yaitu mengaktivasi fungsi post by email. Dengan mengklik, berarti fungsi ini telah aktif dan akan keluar email yang bisa dikirimi postingan.

jetpack-email2

Alamat emailnya memang tidak user friendly dan tidak mudah diingat. Lebih baik, alamat email ini disimpan dengan kontak tersendiri sehingga kalau kita ingin mengirim postingan bisa dengan mudah mengirimnya.

jetpack-email3

Yang harus diperhatikan adalah format mengirim email, yaitu SUBJECT akan digunakan sebagai Judul Postingan dan badan email akan digunakan sebagai isi dari postingan tersebut. Tentunya dengan menggunakan fitur post by email akan dengan mudah update blog dimana saja melalui email tanpa harus login ke blog terlebih dahulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s