Kenapa Memilih Blogspot?

Saya memulai blog pertama kali menggunakan platform blogspot. Walaupun dalam perkembangannya karena kebutuhan, akhirnya saya memutuskan menggunakan wordpress selfhosted sebagai platform blog utama saya. Walaupun begitu, saya tetap tidak meninggalkan blogspot sebagai wadah untuk menulis. Buat saya, blogspot adalah tempat bermain dan belajar. Di platform inilah saya menggunakan waktu bermain saya dengan template, memodifikasi setiap strukturnya, dan mencoba berbagai hal baru yang bisa diterapkan.

Sebetulnya saya sudah tidak lagi menggunakan blogspot. Tapi karena masih banyak para blogger yang menggunakan blogspot untuk wadah menulisnya, maka saya masih setia menggunakan produk Google ini. Karena itu, untuk memudahkan para blogger yang menggunakan blogspot, saya akan menulis tutorial template blog dan fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan oleh para blogger. Tutorial akan dikhususkan hanya platform blogspot saja. Dimana saya akan membaginya untuk level yang termudah sampai yang susah.

Selain tutorial, saya akan memberikan banyak video tutorial yang dapat dipelajari berulang-ulang secara gratis. Dalam perkembangannya saya juga akan membuat hangout menggunakan google plus untuk memberikan pelatihan blog di blogspot secara online.

Menurut saya, ada beberapa kelebihan yang menjadikan blogspot ini favorit para blogger :

  • Gratis. Dari dulu sampai sekarang layanan ini gratis tanpa memerlukan tambahan biaya apapun kecuali ingin menggunakan top level domain.
  • Mudah digunakan. User friendly kata yang paling pas untuk blogspot. Untuk pemula sangat cocok karena diberi kemudahan untuk posting, desain, dan mensetting. Itu semua hanya perlu dipelajari secara singkat dan sangat mudah dipahami.
  • Kapasitas tidak terbatas. Dengan dukungan dari Google, kapasitas blogspot ini menjadi unlimited. Artinya kita bebas meng-upload berapa banyak gambar dan tulisan tanpa perlu takut untuk dibatasi
  • Bebas modifikasi template. Tidak seperti layanan blog lain yang gratis, template di blogspot sangat mudah dan bebas untuk dimodifikasi dalam bentuk apapun. Hal ini memungkinkan kita untuk memiliki desain blog sesuai keinginan
  • Bebas meletakkan iklan. Walaupun gratis, blogspot membebaskan penggunanya untuk menguangkan blog yang dimiliki dengan cara memasang iklan ataupun affiliate dan apapun sepanjang tidak melanggar ketentuan
  • Ramah mesin pencari. Tidak perlu ilmu khusus untuk bisa masuk ke dalam listing pencarian. Cukup dengan rajin update dan menyesuaikan tema maka blog akan segera masuk ke dalam hasil pencarian
  • Tidak akan dihapus kecuali melakukan pelanggaran. Repotnya menggunakan domain dan hosting yang berbayar adalah, blog tersebut akan hilang kalau tidak diperpanjang masa pembayarannya. Lain halnya dengan blogspot yang akan tetap ada walaupun kita tidak menghapusnya. Lain cerita jika blog berisi konten yang dilarang oleh Google sehingga akan terjadi penghapusan tanpa pemberitahuan
  • Konektivitas dengan produk. Google Dengan satu akun google saja, kita dapat menghubungkan blog dengan google plus, youtube, dan layanan lainnya. Mudah sekali sehingga tidak perlu repot membuat akun yang berbeda dan sibuk menghapal password.

 

One thought on “Kenapa Memilih Blogspot?

  1. Mbak, baru-baru ini saya membuat blog di blogspot. Tujuannya sih saya ingin posting tulisan-tulisan pendek disana, karena di wordpress saya sudah kadung dgn gaya penulisan yang panjang dan detil.
    Yang saya rasakan dgn blogspot, memang ada kebebasan dalam memodifikasi template. Dan tersedia pilihan-pilihan jenis font yang akan digunakan. Di wordpress yg gratisan, tidak ada kedua hal ini.

    Kalau berkenan, terima kasih sebelumnya, saya menanti komen dari Mbak di blogspot saya di blogtitikasa.blogspot.com

    Salam,

Leave a Reply

