Memulai Sebuah Blog

Ingin mencoba hobi baru? Suka menulis? Ada baiknya mulai melirik menulis di blog. Bebas menulis asal tidak menyinggung orang lain dan langsung mendapatkan pembaca yang akan memberikan komentar. Bahan untuk ditulis di blog pun beragam. Mulai dari pengalaman sehari-hari sampai berbagi sesuatu hal yang layak untuk diketahui. Sepanjang tidak mengandung SARA dan tidak mengungkapkan hal yang bersifat pribadi. Mulailah dengan tulisan positif yang bermanfaat.

Secara teknis membuat sebuah blog tentunya tidak sulit. Sedikit kemauan untuk belajar dan memahami kebutuhan tentunya menjadikan kegiatan ngeblog lebih menyenangkan. Seperti yang saya singgung sebelumnya di kenapa memilih blogspot, bahwa pilihan blog dengan platform blogspot adalah pilihan yang baik untuk pemula.

Sebelum memulai, ada baiknya menentukan pilihan tema saat menulis di blog. Tentu saja ini tidak ada keterbatasan. Artinya tidak wajib menulis sesuatu yang dipaksakan. Tulislah sesuai keinginan dan merasakan kebebasan dalam menulis. Tidak perlu terlalu spesifik dalam menentukan suatu tema dan langsung menentukan akan menjadi blogger tipe apa. Pahami arah dalam menulis sehingga dalam suatu waktu akan ketahuan tema tulisan yang menjadi ciri khas.

Membuat sebuah blog di blogspot semudah menulis di blog. Cara teknisnya adalah sebagai berikut :

1. Membuat akun Google di Gmail.Com (jika sudah memiliki bisa langsung ke langkah 2)

2. Membuka halaman http://www.blogger.com Masukkan akun Google untuk bisa login

3. Profil blogger akan otomatis diperbaharui menjadi profil Google Plus. Pastikan sudah menggunakan versi terbaru dari pembaharuan profil.

4. Gunakan English sebagai dasar bahasa saat membuat blog. Ini berguna untuk menampilkan fitur Adsense di kemudian hari apabila dirasa sudah layak untuk mengajukan permohonan.

5. Dashboard blogspot terdiri dari bagian-bagian dibawah ini

6. Dalam satu akun blogspot, kita dapat membuat blog yang berbeda maksimal 50 buah. Lebih praktis sehingga kita tidak perlu membuat satu akun untuk satu blog

7. Klik new blog untuk membuat sebuah blog baru

8. Isi data-data blog mulai dari judul blog dan alamat yang diinginkan. Perhatikan untuk alamat blog, gunakan yang mudah diingat dan tidak mengandung kombinasi huruf atau angka. Pilihan terbaik adalah menggunakan nama sendiri agar mudah dikenali atau menggunakan nama unik yang tidak umum. Kemudian pilihlah template yang simple agar mudah dimodifikasi. Dan tentunya cara-cara memodifikasinya akan saya beberkan di blog ini satu persatu.

9. Klik create blog

Membuat blog selesai dan sudah bisa memulai posting.

 

Advertisements

One thought on “Memulai Sebuah Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s