Membuat Posting di Blogspot

Untuk menulis di blog sangat mudah. Bisa dengan cara mempersiapkan tulisan terlebih dahulu di Ms. Word atau bisa juga menulis langsung di menu new post. Untuk memasuki menu menulis postingan baru, ada dua cara yang bisa dilakukan.

  1. Melalui klik new post dashboard
  1. Melalui klik judul blog terlebih dahulu -> klik new post

Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu memasuki menu penulisan. Pada saat klik tab new post, kita akan dihadapkan pada fungsi menulis posting dengan berbagai macam tools atau fungsi. Pada saat membuat posting baru, tentu saja semudah mengisi judul postingan dan isi dari postingan itu sendiri.

 

Namun, bagaimana kalau ternyata ada ketentuan lain yang dibutuhkan seperti menambahkan link, memasukkan gambar, menebalkan tulisan, dan lain-lain? yuk kita lihat tools yang disediakan dan bisa digunakan untuk memperkaya tulisan kita. Tools ini mirip dengan yang ada di microsoft word sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Sebelumnya saya akan membagi tools yang ada menjadi 7 bagian, sehingga lebih mudah untuk menjelaskan :

 

  1. Β Mode Posting

Mode posting terbagi dalam dua yaitu compose dan HTML. Nah apa bedanya kedua mode ini? Mode compose biasa digunakan untuk mode langsung. Artinya apabila kita langsung menulis postingan secara online bisa menggunakan mode ini. Dengan mode ini, akan lebih mudah melihat hasil langsung dari tulisan. Kelemahannya adalah saat kita mem-paste tulisan dari word, tampilan hasilnya tidak akan bagus atau font yang ada di word akan ikut menjadi font di layar.

Maksudnya begini, jika kita mempaste tulisan maka hasil/jenis font yang digunakan akan sama persis dengan font yang sudah kita buat sebelumnya. Ini akan membuat tulisan di blog menjadi tidak seragam dan hasilnya tidak akan rapi seperti kita menulis langsung. Maka dari itu solusinya adalah menggunakan mode HTML.

Mode HTML biasanya digunakan pada saat mem-paste tulisan dari word. Sehingga font akan sama rata dengan settingan sebelumnya. Selain itu juga digunakan saat ingin memasukkan kode yang berbasis HTML.

Jadi lebih mudahnya, jika ingin menulis langsung secara online gunakan mode compose dan apabila paste dari word gunakan mode HTML.

  1. Undo dan Redo

Fungsinya pasti sudah pada tau kalau untuk kembali pada edit tulisan sebelumnya. Fungsi ini hanya keluar pada mode compose. Di mode HTML fungsi ini tidak ada.

  1. Modifikasi
  • Font : Walaupun ada tools untuk mengganti jenis font, ada baiknya fungsi ini tidak digunakan. Karena jenis font yang berbeda dan tidak merata antara satu dan postingan lainnya akan membuat bingung dan tidak nyaman dilihat. Hindari ketidakseragaman font dengan cara tidak menggunakan fungsi ini hehehe.
  • Ukuran font : Ukuran font yang berbeda-beda juga dirasa tidak nyaman dilihat. Apabila salah mengkombinasikan ukuran font ini, yang terjadi akan menghasilkan font yang teramat kecil atau font yang teramat besar. Fungsi ini juga jarang digunakan, karena beberapa teman blogger menggunakannya dan hasilnya tidak memuaskan.
  • Fungsi Heading : fungsi ini biasanya digunakan untuk melengkapi suatu artikel agar lebih mudah di index oleh mesin pencari.
  1. Warna

Warna font : Pemilihan warna dalam suatu posting juga menjadi penting. Biasakan menggunakan abu tua atau hitam untuk tampilan yang lebih jelas dan mudah dibaca. Tentunya hindari pemilihan warna mencolok seperti merah atau kuning.

Stabillo : fungsi ini sama seperti fungsi stabillo, yaitu memberikan efek warna pada kalimat atau kata.

  1. Memasukkan konten lain

Link : fungsi ini untuk memberikan suatu kalimat atau kata tautan ke alamat web lainnya. Cara menggunakannya mudah yaitu dengan menyorot kata atau kalimat yang diinginkan kemudian klik link, dan masukkan url tautan.

Gambar : mudah untuk menyisipkan gambar ke dalam posting dengan mengklik icon gambar ini. Gambar juga bisa diambil dari komputer dengan menguploadnya terlebih dahulu baru kemudian memasukkannya di antara paragraph yang diinginkan. Gambar ini akan tersimpan di dalam akun google plus dan tidak boleh dihapus, karena apabila dihapus maka gambar di posting juga akan hilang.

Video : Mudah memasukkan video dengan beberapa pilihan yaitu upload langsung dari komputer, dari youtube, dari handphone, dan juga dari webcam.

Read more link : Mudah memberikan readmore dengan fungsi icon ini. Jadi letakkan kursor pada bagian yang ingin diputus dan diberikan link readmore, kemudian klik icon tersebut. Memberikan readmore pada artikel memudahkan navigasi pada halaman utama blog, sehingga pembaca akan dapat melihat beberapa judul artikel dalam halaman utama blog. Ini memberikan kesempatan untuk memilih tulisan mana yang ingin lebih dulu dibaca.

  1. Pengaturan

Perataan : Tentunya akan lebih nyaman dan rapi apabila sebuah artikel rapi penataannya. Saya pribadi lebih senang menggunakan mode justify, tidak rata kiri, ataupun rata kanan.

Penomoran : Praktis dan lebih rata jika menggunakan fungsi iniList : untuk memudahkan listing dan lebih rapi bisa menggunakan icon ini

  1. Fungsi lain

Quote : fungsi ini adalah untuk memberikan tampilan berbeda pada paragraph yang di anggap penting.

Remove formatting : Apabila ada kesalahan dalam menggunakan fungsi yang telah saya sebutkan diatas, sorot paragraph yang salah dan klik icon ini. Ini akan mengembalikan posting seperti semula.

Check spelling : biasa digunakan untuk tulisan berbahasa inggris dan mengkoreksi pengejaan atau tulisan.

Advertisements

3 thoughts on “Membuat Posting di Blogspot

  1. Aduh iya, pakai modifikasi font bikin bingung. hasilnya tidak sama dengan postingan sebelumnya padahal semua settingannya sudah sama. ampyuun deh

    akhirnya tetap harus edit html nya.. l i e r

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s