Mengenal Post Setting

Saat menulis sebuah posting, ada pilihan yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan fitur-fitur dari blogging. Karena memang blogspot bukan seperti wordpress yang lebih fleksibel dalam memaksimalkan fitur tertentu. Kalau kita sudah tau bagaimana menggunakan toolbar yang terdapat diatas mode menulis post, kali ini saya jelaskan mengenai settingan posting yang terletak di sebelah kanan post.
Tampilan dari post setting adalah seperti ini :
post-setting-blogspot
Terdiri dari Labels, Schedule, Permalink, Location, Options. Kelimanya memiliki fungsi penting dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Kenapa ? hehehe, baca lagi yukk.
Labels
Screen Shot 2015-02-15 at 1.58.32 PM
Pelabelan setiap posting akan menjadikan sebuah kategori dalam blogspot. Karena memang tidak ada fitur khusus menambahkan kategori, label ini dapat dimanfaatkan untuk mengelompokkan kategori dalam sebuah blog post. Sama juga seperti kategori lain dalam blog seperti wordpress, label ini dapat ditampilkan dengan berbentuk jumlah post dan juga berbentuk awan (cloud).
Sebaiknya isi dengan satu atau dua buah label saja untuk memudahkan navigasi dan tidak membuat banyak label untuk satu post. Ini untuk memudahkan pembaca blog yang tidak mengklik terlalu banyak kategori namun ternyata hanya mengarah pada satu post walaupun banyak pilihan kategori.

Schedule

Screen Shot 2015-02-15 at 1.58.43 PMGunakan fitur ini untuk mengatur hari, jam, dan tanggal postingan muncul. Ini memudahkan kita apabila ingin mem-publish post dengan waktu tertentu. Mode ini juga dapat digunakan untuk men-sticky postingan kita agar selalu berada pada postingan pertama walaupun kita sering meng-update blog.
Caranya adalah dengan memajukan tanggal 3 bulan atau lebih kedepan supaya postingan tidak tenggelam apabila ada post baru. Terlebih dulu tentunya men-setting timezone nya menjadi waktu Indonesia yang ada di dashboard -> setting.
Permalink
Apabila mendalami teknik SEO, modifikasi permalink ini sangat dibutuhkan. Karena dengan mengganti link dengan kata kunci ini akan memudahkan postingan ter-index di Google.
Biasanya postingan akan otomatis membuat link sesuai dengan judul postingan. Akan tetapi dengan fitur ini, kita dapat memodifikasinya sesuai kebutuhan.
Screen Shot 2015-02-15 at 1.59.08 PM
Location
Fitur ini sebetulnya tidak terlalu perlu karena fungsinya hanya memberikan data informasi dimana kita berada saat membuat postingan. Untuk keamanan sebaiknya tidak menggunakan fitur ini.
Screen Shot 2015-02-15 at 1.59.15 PM
Options
Screen Shot 2015-02-15 at 1.59.24 PMWalaupun kita sudah mensetting secara umum pada dashboard -> setting, kita masih dapat men-setting secara berbeda pada postingan. Seperti misalnya tidak memperbolehkan komentar pada posting tertentu dan memberikan settingan berbeda pada saat compose/membuat post.
Penggunaan post setting tentunya akan membantu secara maksimal untuk pilihan postingan
Advertisements

2 thoughts on “Mengenal Post Setting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s