Domain dan Hosting, Keuntungannya apa?

Ada yang lucu waktu baca berkomentar di salah satu postingan yang saya tulis. Katanya, blog saya jelas-jelas menggunakan hosting dan domain sendiri. Tapi kenapa lebih banyak menjelaskan tentang blog gratisan. Saya jawab, bahwa pengguna blog gratisan lebih banyak daripada WordPress selfhosted. Dan juga para blogger masih enggan dan takut menggunakan yang berbayar.

Tapi kenapa saya berani? Apa sih yang menyebabkan saya percaya diri saja menggunakan domain dan hosting sendiri? Dan terlebih lagi, keuntungan apa yang bisa didapatkan dengan menyewa Web Hosting Indonesia dan juga membeli Nama Domain?

Awalnya tentu saja, kegiatan blogging saya mulai dengan yang gratisan di salah satu penyedia blog gratis. Tapi nih semakin gaoelnya saya dengan yang namanya teknologi (uhuk), rasanya ngga jaman banget masih pakai embel-embel dibelakang nama domain. Akhirnya dengan kenekatan luar biasa (lebay) saya switch ke yang baru, lupakan yang lama 😛

Kenapa pake domain sendiri ?

1. Kemudahan pencarian

Siapa yang bilang kalau mencari nama domain harus menggunakan kata kunci? Facebook, Google, Twitter, Yahoo tidak menggunakan kata kunci saat mereka membeli domain. Begitupun saya. Saya menggunakan nama sendiri supaya mudah membentuk personal branding. Jadi kalo ada yang cari nama saya, ting!!! Muncul deh di Google ^^. Dan nama domain ini mengalahkan LinkedIn yang digadang-gadang selalu nomor satu untuk pencarian nama.

2. Branding

Gaya bener ya pake acara branding hehehe. Maklum saya pekerja seni digital, butuh eksis mengenai bisnis dan kegiatan yang saya lakoni secara maya. Salah satu medianya yang dari blog, tentunya blog dengan domain sendiri supaya terlihat lebih profesional.

3. Email Profesional

Iyes kamu, kamu, iya kamu bisa banget menghubungi saya di email halo@shintaries.com ^^. Gimana keren ngga? Ngga usah bingung, ini cuma ada di domain yang berbayar aja ya.

4. Terpercaya

Gosipnya nih, baru-baru ini temen blogger ngga bisa dapet job review karena kurang persyaratan. Yaitu top level domain. Duh jadi musnahlah yang namanya traffic, alexa, dan page rank karena domain aja. Iya gimana ngga, domain itu mencerminkan kepercayaan loh. Karena kalo pake domain, kan jelas bisa di telusuri asal-usulnya di WHOIS (kalo ngga di proteksi).

Kalo hosting gimana? Apa untungnya?

Perlu diketahui, saya maniak WordPress. Semenjak berkenalan kira-kira empat tahun yang lalu, saya udah ngga mau pindah ke lain hati. Saking cintanya, saya ngga puas pakai yang gratisan karena maunya banyak. Jadilah saya membeli hosting sendiri. Kenapa?

1. Maksimalkan Fitur

Jadi kalau digratisan (wordpress.com) ngga bisa tuh yang namanya ganti tema sendiri dengan menambahkan CSS. Terus ngga bisa juga pasang-pasang plugin suka-suka yang misalnya pengen ada ikan yang di kasi makan 😛 atau pasang lagu buat ngagetin orang. Lupakan itu semua kalau masih tetap pakai yang gratis. Nah kalau sudah pakai yang berbayar, monggo maksimalkan fitur wordpress semau loe dah. Desain tema kek, pasang lagu kek, atau pasang photo kucing juga ngga papa.

2. Kapasitas disesuaikan

Kalau belum pada tau, di wordpress.com itu terbatas banget ya. Serba MB-an alias Mahal Bet mau upgrade. Jadi mau custom domain, mapping domain, edit CSS, pasang plugin, upgrade kapasitas, semua itu bayar masing-masing. Sama dong ama hosting? iyalah mana ada yang gratisan hari gini wekekek. Tapi kalau hosting berbayar, semua udah all in, bayar sekali di depan sudah semua tercakup. Tinggal upgrade kapasitas aja deh sesuai kebutuhan.

wordpress.com_

3. Cepat di akses

Ini kalau kita membeli web hosting Indonesia. Lebih cepat loading dan mudah di akses kapan saja.

4. Pasang script favoritmu

Selain wordpress untuk ngeblog, hosting gratis bisa dipakai juga untuk membuat toko online. Banyak sekali script gratis yang bisa di instal dengan mudah untuk kebutuhan. Misalnya Joomla, Prestashop, dan script populer lainnya. Tentunya kemudahan ini di lengkapi dengan cpanel untuk mengontrol kemudahan dari website yang dibuat.

5. Fitur Control Panel

Ini nih yang ngga ada di layanan gratisan. Kita bisa mengakses database, mengatur MX untuk email, bisa juga melihat statistik, dan bisa melihat-lihat file yang ada di suatu website dengan file manager.

Jadi intinya dengan memiliki domain dan hosting, ibarat kita memiliki rumah lengkap. Jadi mulai dari alamat (nama domain) kita juga punya rumah (web hosting) yang lengkap dengan dapurnya.

Qwords.com

Jumlah kata : 647

6 thoughts on “Domain dan Hosting, Keuntungannya apa?

    1. sampai hari ini mak, nyok masih ada waktu sampe malem ^^

      99 dolar? itu satu juta mak ? apa maksudnya USD 9?

      Harusnya bisa advanced mak ^^ tergantung fasilitas yang diberikan sama registrarnya 😀

      bisa diganti nama domainnya jadi buat email yuhuuu@titialfakhairia.com kan ya maksudnya? Bisa, tapi ini lagi-lagi tergantung registrarnya. Ngga semua bisa ^^.

      Lebih enaknya memang beli di registrar yang ada domain panel.

  1. bener sekali mbak, domain TLD memang lebih SEO . Selain itu memiliki domain dan hosting sendiri menjadikan kita lebih bebas dan memiliki kendali penuh terhadap blog/web kita 🙂

  2. sya bingung nih cara mengganti template di cpanel gmna yh, sya bru2 menyewa domain dan web hosting tpi kok beda yh dengan blogger.wkwkwk cpanel gimn sih ganti template dan pos artikel. share dong ilmu kamehamehanya wkwk

Leave a Reply

