Google Authorship Hilang!

Yap isu terbaru (sebetulnya udah agak lama sih) dari hasil pencarian adalah tidak adanya lagi Google Authorship. Apa sebetulnya google authorship ini? sudah pernah saya tulis disini dan juga pernah saya diskusikan saat main ke kantor Google di Senayan. Apa mau dikata, fitur ini ternyata hanya bertahan tidak sampai tiga tahun. Huff sayang banget karena jadinya saya ngga bisa eksis narsis di pencarian. Kan banyak yang masuk ke blog saya karena melihat tampang imut saya kan *huek

Ternyata, saya juga baru tau saat ngecek hasil pencarian sesuatu semalem dan apa yang saya temukan. Eng Ing Eng, ada photo di hasil pencarian. Tapi hasil pencarian itu ternyata bukan berasal dari sebuah blog atau website. Tapi dari sosial layer milik Google yaitu GPLUS. Omaigaatt, saya terbengong-bengong melihat hasil pencarian. Sedetik otak beku dan ngga bisa mikir qiqiqi. Lebay memang, tapi saya langsung putar otak. Kenapa?

Jadi gini, dulu untuk mendapatkan otentikasi Authorship, saya harus memiliki nama email dengan domain dari blog. Oke yang ini noted. Kemudian saya juga harus punya akun GPLUS dengan akun email domain. Oke noted ya. Abis itu, saya membuat halaman yang berjudul sama dengan nama domain blog. Noted juga ya. Kemudian dengan sederet langkah-langkah akhirnya tadaaa, muka saya sukses nongol di tipi hasil pencarian. Sampe sini seneng dong.

google-author

Terus karena saya ngga familiar dengan GPLUS, saya kurang memperhatikan fungsinya. Padahal itu nonjok banget loh di SEO. Iyalah secara produk Google. Tapi karena males meng-utilize jadinya begitulah adanya. Males nambah teman, males nulis status, males update juga. Yang akhirnya saya pakai fungsi sharing jetpack yang terhubung langsung ke GPLUS. Yang saya pikir cara ini cukuplah mendongkrak posisi blog saya di mbah Google. Dan ternyata baru tau belakangan, settingan saya salah *dengdong. Dan berakhir gigit jari memulai semuanya dari awal.

Pada saat saya tau GPLUS memegang peranan penting dalam hasil pencarian. Dan akhirnya saya tau juga kenapa akun populer seperti d*tik, Ok*zone, me-link kan langsung link GPLUS artikel mereka ke dalam twitter. Saya langsung pusing puter otak. Karena ya tadi itu saya ngga gape pake GPLUS *uhuk *menyesal. Kondisi saya akhirnya menjadi dilema. Karena saya punya dua akun GPLUS, yaitu yang satu dari email domain yang satu email gmail utama. Seketika langsung muter otak cari solusi, bagaimana saya bisa ikutan nongkrong di hasil pencarian dengan photo saya yang imut itu ada disitu *maksa. Masalahnya pakai akun yang mana?

Susah kan jadinya, saya punya dua akun identik beda photo dan sama-sama me-link ke blog yang sama. Saat itu juga saya harus ambil keputusan cepat akun mana yang mau saya korbankan. Follower saya lumayan banyak keduanya walaupun belum mencapai ribuan karena faktor “malas” jadi lumayan juga kalo saya korbankan. Tapi karena pengen cepet bisa eksis, saya nekad melakukan penghapusan akun salah satunya. Yang mana kira-kira yang saya hapus? Wuih dengan sangat menyesal, saya menghapus GPLUS akun email domain di email halo@shintaries.com hikss. Karena dengan sangat sadar, double akun seperti ini akan membahayakan posisi saya di mata Google. Saya kan maunya nambah traffic bukan makin berkurang.

Untungnya halaman masih ada yang mungkin sekarang udah ngga guna lagi karena dulu hanya dipakai untuk Google Authorship. Dan akhir kata, saya kapok ngga main sama mainan milik Google. Bahaya euy buat kelangsungan traffic wekekek. Dan akhir kata juga, plissss add GPLUS sayaa yaaaa. Saya pasti polbek kakaa ^^.


https://apis.google.com/js/platform.js

 

Oia kasus ini ngga berlaku di Blogspot ya. Ini hanya masalah di selfhosted aja. Jadi ngga usah ikutan panik yang blogspot, karena sepanjang masih terhubung antara blog dan GPLUS dijamin masih aman. Asal diaktifkan sharingnya ke GPLUS ^^.

5 thoughts on “Google Authorship Hilang!

Leave a Reply

