#HariPahlawan Nasional Wanita

Siapa yang sudah mulai melupakan Marsinah? Di tahun 1993, kasusnya hangat dibicarakan karena ditemukan tewas dengan luka penyiksaan di sekujur tubuhnya. Marsinah adalah seorang buruh pabrik yang memperjuangkan hak seorang buruh. Kasus ini berawal dari tuntutan upah buruh yang harus naik dari Rp. 1700 menjadi Rp. 2250 per hari. Iya betul, segitu nilainya tapi apa yang menjadi korban terlampau besar.

imagesMarsinah bersama kawan-kawannya berjuang untuk menuntut hak dengan cara bernegoisasi, namun tidak menunjukkan hasil kesepakatan. Sehinga terjadilah pemogokan besar-besaran. Beberapa hari setelah itu, pemogokan, perundingan, dan aksi unjuk rasa masih berlangsung. Dan tiba-tiba dari 15 orang yang melakukan perundingan, hanya Marsinah yang hilang. Baru dalam tiga hari kemudian mayatnya ditemukan dalam keadaan menggenaskan. Menurut kisah, hilangnya Marsinah ini adalah akibat intervensi militer yang ikut menjaga saat terjadinya aksi buruh besar-besaran. Dan pada akhirnya pengadilan memutuskan untuk membebaskan para terdakwa yang terlibat kasus ini.

Kisah kepahlawanan Marsinah sempat difilmkan berjudul Marsinah dan dibuat drama monolog yang berjudul Marsinah Menggugat. Filmnya juga menjadi kontroversi karena banyak pihak yang tidak ingin kisah ini menjadi konsumsi publik. Namun bagi kita, seorang Marsinah tetaplah menjadi seorang wanita perjuang yang membela hak-hak rakyat kecil. Walaupun banyak pihak-pihak yang masih tidak mau mengakui siapa yang bertanggung jawab, Marsinah sudah menorehkan kisah manis kepahlawanan untuk para buruh Indonesia.

Terima kasih Marsinah, tanpa perjuanganmu kita tidak pernah akan tahu berapa besar yang bisa kita lakukan untuk bangsa.

Tulisan ini diikutsertakan untuk Event Online 10 Hari Blogger Untuk Hari Pahlawan

Advertisements

3 thoughts on “#HariPahlawan Nasional Wanita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s