Bermanfaat dan Berbagi

Ikhlas, cukup satu kata saya pahami dalam-dalam. Satu kata yang membantu saya untuk selalu bertahan untuk melakukan sesuatu untuk orang lain. Ikhlas memang berat tapi tidak mungkin untuk dilakukan. Berat rasanya hidup jika ingin selalu mengharapkan imbalan atas apa yang kita berikan. Sebagai manusia, wajar memang mendapatkan apa yang kita inginkan. Akan tetapi setiap yang kita dapatkan itu merupakan buah dari apa yang kita tanam.

Sedikit tapi manfaat. Sudah sejak lama saya selalu berniat untuk memberikan ilmu yang saya miliki dengan cuma-cuma. Memberikan manfaat kecil dari setiap tulisan tutorial yang saya buat. Sigap membantu siapa saja yang ingin bertanya bahkan berkonsultasi. Apapun itu kalau saya sedang tidak terlalu banyak kerjaan pasti akan siap membantu dan berbagi.

Saya ngga terlalu punya cara khusus untuk beranggapan memberi manfaat. Semua hanya dari hati yang dirasa ikhlas, selalu merelakan setiap hal yang selalu saya anggap bukan milik saya. Hanya berpikir sederhana bahwa setiap ilmu yang saya sebarkan akan kembali berkaliย kali lipat dari apa yang saya tau.

Mulailah untuk memberi manfaat ke orang lain dari hal yang kecil dan di sertai dengan hati yang ikhlas serta tulus. Niscaya tidak ada yang sia-sia dibalik setiap manfaat yang kita berikan untuk orang lain. Buat saya, ikhlas itu melakukan dengan senang hati tanpa mengharapkan apapun. Biarkan apa yang kita tanam akan menghasilkan apa yang kita tuai di hari berikutnya tanpa sadar bahwa itu adalah buah dari manfaat ke orang lain yang kita berikan.

8 thoughts on “Bermanfaat dan Berbagi

  1. “Saya ngga terlalu punya cara khusus untuk beranggapan memberi manfaat. Semua hanya dari hati yang dirasa ikhlas, selalu merelakan setiap hal yang selalu saya anggap bukan milik saya.”<—- Kalimat ini benar2 mantap Shinta, keren abis, dirimu benar2 inspiratif yang sedalam2nya ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

