Kopdar Kopi Susu Warung Blogger (Creative Content)

Akhirnya, selesai juga kerjaan saya kemarin Sabtu tanggal 24 Januari 2015 jadi pembicara di acara Kopdarnya para member Warung Blogger. Seru dan rame banget loh yang dateng. Harusnya memang tercatat 100 orang, tapi ditambah yang missed saat registrasi dan panitia, sepertinya hampir 150 orang ngumpul di Outback Kuningan City. Kebayang dong, blogger dikumpulin jadi satu ramenya kaya apa hehehe. Dan senangnya walaupun teman-teman sendiri yang dateng, saya juga banyak kenal dengan para admin Warung Blogger yang jumlahnya banyak ituh wekekek.

Kemarin itu, saya diminta mengisi mengenai Content Creative dan Web Design. Sejujurnya masalah konten, walaupun saya bukan ahlinya ala-ala penulis gitu tapi kayaknya cukup dipercaya juga buat bawakan materi ini wekekek. Mungkin karena dilihat dari konten saya yang 100% orisinil (tentu aja) dan sedikit hal-hal yang saya buat untuk menjadi lebih menarik plus kadang suka menang juga di lomba-lomba blog. Dan tentang blog desain, yah ini yang paling sering saya bawakan jadi ngga terlalu merasa susah juga. Buat yang ngga berkesempatan hadir kemarin, saya kasih bocoran ya tentang apa aja yang kemarin saya sharing-kan di acara tersebut. Kalau mau nambah-nambahin boleh banget, nanya juga bisa saya jawab yah.

Creative Content

Pertama kali yang saya tanyakan saat membuat materi ini adalah buat apa sih kita buat sebuah konten? Yang pasti, karena kita adalah blogger tentunya senjata utama kita ya konten itu sendiri kan. Sayangnya dengan banyaknya blogger, kadang sebuah konten tidak menjadi orisinil lagi. Apalagi macam kopas-kopas itu. Buat saya sih, menjadi blogger ngga hanya dikenal orangnya saja, tapi juga tulisannya yang melekat ke orang tersebut. Makanya penting membuat sebuah pembeda dalam sebuah konten yang dibuat oleh blogger.

Misalnya gini, beberapa teman blogger saya akan tau, dalam setiap tulisan kreatif saya akan banyak menampilan banyak konten media sebagai pendukung. Entah photo, video, atau malah gaya penulisan yang katanya bisa nebak kalau itu saya. Dan dalam beberapa hal memang tulisan saya terlihat sangat rapi dan terstruktur bahkan yang katanya untuk lomba SEO aja kebagusan.

Screen Shot 2015-01-09 at 8.19.42 PM Screen Shot 2015-01-09 at 8.18.55 PM

Tapi itulah intinya, konten yang kita buat akan menjadi ciri kita sebagai seorang blogger. Kegiatan ngeblog aja sudah kegiatan kreatif kan, jadi rasanya ngga susah juga untuk menunjukkan kreatifitas kita yang lebih dalam dengan menampilkan konten yang bermanfaat dan memiliki suatu hal yang berbeda. Jadi jangan takut untuk memberikan tulisan apik dengan karakter dari diri kita sendiri.

Untuk apa konten kreatif itu?

Mungkin kebanyakan orang berpikirnya, ah saya buat capek capek hanya di kopas orang saja. But hey, orang akan tetap mengenal personal bloggernya loh sebagai pembuat konten yang kreatif. Apalagi misalnya konten tersebut ternyata banyak dicari dan bermanfaat, yuk ah ambil positifnya aja. Ini secara mindset ya.

Secara teknis ada banyak hal yang membutuhkan konten kreatif. Seperti misalnya karena  sponsor dari acara Kopdar ini adalah Access Trade sebuah afiliasi, maka memiliki konten yang sedikit bisa mempengaruhi pembaca itu perlu. Caranya bagaimana? ya dengan memiliki konten yang menarik. Bagaimana konten yang kita buat bisa mendirect seseorang untuk action atau mengkonversi dari pembaca menjadi pembeli.

Selain itu, biasanya banyak juga konten kreatif untuk memperkaya sebuah branding seseorang di blog. Seperti misalnya Fashion Blogger. Dia ngga hanya kreatif secara penampilan fashion, tapi bagaimana sebuah photo bisa terlihat sangat menarik dan membawa pembaca ke level yang lebih tinggi dari sekedar melihat saja tapi juga bisa menikmati.

Yang agak ekstrim dikit, konten kreatif untuk lomba. Di antara banyaknya peserta lomba blog, salah satu cara saya untuk mencuri perhatian adalah dengan konten kreatif yang berbeda. Walaupun mungkin ada juga yang sangat mengutamakan isi atau visual tampilan pendukungnya. Jadi di sini penting banget punya sesuatu yang berbeda yang dapat menarik perhatian juri.

Materi Konten Kreatif

Di dalam sebuah konten tentunya ada tulisan sebagai konten utama dan beberapa pendukung konten seperti video dan photo. Untuk membentuk suatu konten berisi kesatuan dari hal tersebut, saya membaginya menjadi beberapa bagian untuk lebih memahami suatu struktur bagaimana konten kreatif dibentuk. Dan ini sebetulnya ngga baku banget, hanya share yang apa yang saya lakukan selama ini yaa. Jadi ceritanya saya sedikit bongkar atas apa yang saya lakukan di setiap konten kreatif saya.

Yang pertama adalah video. Jaman sekarang sih, sepertinya lebih mudah melihat sesuatu secara audio visual ya. Seperti mencari sesuatu di Youtube seperti tutorial atau review produk. Dan gosipnya dari yang saya baca, seiring dengan internet cepat yang paling tidak akan menjangkau berbagai lapisan masyarakat, Vlog atau Video Blogging akan menjadi tren. Walaupun memang sudah ada dari jaman dulu kan video blogging ini, hanya saja karena dukungan jaringan internet akhirnya akan booming. Dan sebagai blogger, ngga ada salahnya juga menjajal vlog ini.

video

Keuntungannya bisa banyak sekali, yang pertama adalah dengan mendapatkan traffic dari video yang kita upload di situs seperti Youtube. Karena pencarian suatu keyword dan apabila ada video dengan keyword yang sama, yang akan tampil lebih dulu adalah videonya. Begitu juga sebaliknya, apabila kita menambahkan konten video di dalam blog akan lebih memperkaya isi tulisan. Kan tidak semua toh mau baca tulisan panjang lebar kaya punya saya ini wkwkwk.

Yang kedua adalah gambar. Isu penting yang ngga ada habisnya dan ngga bakalan tersolusi dengan baik, selama payung hukum untuk hak cipta gambar masih agak lemah, memakan biaya serta waktu yang tidak sedikit. Yang terpenting buat saya adalah, dengan membuat gambar menarik yang bagus dan bisa dinikmati. Masalah di ambil atau digunakan untuk kepentingan blog lain. Ya, kalau ijin mungkin bolehlah tapi kalau terang-terangan untuk keuntungan pribadi kita bisa menegur dan mungkin perlu tindakan hukum kalau memang merugikan kita secara materi.

diet_zps1961d7a111

Gambar akan banyak bercerita, terutama gambar yang menarik. Bagaimana cara membuat gambar yang menarik? Sebetulnya ngga perlu juga kamera bagus dan mahal (yah walaupun saya pakai itu hehehe) tapi kita bisa melakukan beberapa trik untuk membuat gambar yang menarik. Sesederhana kalau mengambil photo harus dengan cahaya yang cukup baik sehingga gambar bisa terlihat jelas. Gunakan beberapa angle yang berbeda dan gunakan yang dirasa cukup baik. Kemudian, edit di photo editor. Bisa Photoshop (berbayar) atau Pixlr (yang gratis). Edit dengan minimalis dan tidak terlalu banyak ornamen. Kalau gaya saya sih memang agak minimalis dan cantik tentu saja hehehe.

Yang ketiga adalah informasi. Penting nih kita menyelipkan informasi. Karena sebetulnya, kalau ada pembaca yang nyasar kebetulan ke blog kita pasti ada sesuatu yang dia cari. Maka dari itu selalu berikan informasi valid dan sudah dikonfirmasi sebelumnya. Tapi proses pemberian informasi itu sendiri kalau saya tidak mentah asal kopas dari mana-mana.

Dengan banyaknya informasi yang beredar, saya biasanya akan mengumpulkan terlebih dahulu untuk kemudian dirangkai menjadi kesatuan kalimat yang serupa tapi tidak sama. Maksudnya menggunakan kata sendiri yang tentunya akan menjadi sebuah persepsi baru atau berbeda. Penting juga untuk memilah informasi yang kita masukkan ke dalam tulisan. Kan ngga semuanya toh agak nyambung dengan tulisan. Jadi pinter-pinter memilih dan pastikan agak nyambung dengan konten yang kita buat.

Yang keempat adalah sudut pandang. Dengan jumlah blogger yang banyak sekali, dengan banyaknya tema konten yang sama buatlah sebuah sudut pandang yang berbeda. Fokus di sana, temukan suatu hal menarik yang bisa diambil sebagai hal yang baru atau berbeda. Bisa jadi dengan sudut pandang yang kita lihat dan berbeda dengan biasanya akan menjadi hal baru yang menarik atau menambah pengetahuan pembaca dan menjadi sebuah nilai tambah konten kita.

Yang kelima adalah pengalaman pribadi. Ini lah seninya seorang blogger. Kita menggunakan pesona pengalaman kita untuk bisa mempengaruhi pembaca. Jadi contohnya seperti ini. Saya adalah affiliate aktif dari situs booking hotel Agoda. Kalau yang sadar baca beberapa blog saya, saya banyak menyelipkan link ke sana. Tapi diantara semua action yang terjadi, kira-kira kenapa mereka mau membeli dari link saya atau dari blog post saya? Yap karena saya menjadikan diri saya jadi ajang narsis disitu wekekek.

manual-set1

Bukan yah, jadi gini. Saya memasukkan unsur pengalaman yang saya alami di tempat tersebut. Saya yang benar-benar tidur di hotel tersebut akan banyak memberikan gambaran mengenai tempatnya. Jadi saya akan photo-photo, menceritakan suasananya, makanannya, minumannya, hal yang dirasa agak detail, dan juga beberapa kelemahan yang mungkin ngga terlalu dalam saya ceritakan. Dalam hal ini, saya betul-betul merasakan, ini loh tempatnya, gambarannya seperti ini. Dan pengalaman pribadi terutama oleh blogger akan memberikan pengaruh yang besar dalam mengambil keputusan untuk booked tempat tersebut.

Yang keenam adalah pemecahan masalah. Bagian yang paling penting dan paling saya suka. Karena apa? orang gooling tentunya untuk mencari jawaban atas pertanyaan bukan. Dan akhir dari sebuah konten kreatif tentunya harus ada muaranya. Ujung dari tulisan ini tuh apa? mau bahas apa? dan akhirnya apa? that’s it.

Buatlah sebuah solusi dari konten yang dibuat. Jadi pembaca tidak hanya dimanjakan oleh video, gambar, dan tulisan yang menarik, tapi juga bagaimana bisa mendapatkan informasi, tulisan dengan sudut pandang berbeda dan ada sebuah ide solusi menarik yang bisa diterapkan atau hanya sekedar wacana.

Dari rangkaian beberapa materi konten ini kemudian olahlah menjadi sebuah tulisan yang terstruktur, rapi, dan mengalir sehingga enak dibaca dan tidak terlalu berat dipahami. Karena biasanya tulisan yang berat dibaca tidak terstruktur dengan baik. Menurut pengalaman saya, walaupun misalnya kita ikut lomba dengan tema yang jauh dengan basic blog kita, konten kreatif yang bagus dan baik tetap akan diperhitungkan loh 🙂

Untuk bagian pertama saya tulis dulu yang tentang Creative Contentnya ya, untuk blog desainnya juga akan saya sharing di postingan berikutnya. Makanya jangan lupa untuk subscribe ya di bagian bawah postingan ini ^^. *promo mode on

42 thoughts on “Kopdar Kopi Susu Warung Blogger (Creative Content)

    1. Eh jangan mau rugi wekekek, itu vlog bisa konek ke adsense jadi tetep ada duitnya *mata duitan

      rapi, mulai dari alignment paragrap aja dulu jadi justify wekekek. Baru step by step jelas, ya kaya mengarang trus ada kerangka karangan gitu *eaa jadi pelajaran Bahasa Indonesia

    1. iya, enak kan kalau bercerita berdasarkan pengalaman. Sebetulnya konsep itu juga yang di cari orang fen. Jadi kaya minta pendapat tapi lewat dukun mbah gugle trus nyasarnya ke blog kita deh wekekek *apa seh ini

  1. menarik 🙂 saya banyak menemukan blogger-blogger yang memiliki kualitas konten menarik namun dari sisi desain blognya kurang mendukung, alhasil konten yang disajikan pun tidak nyaman dibaca. 🙂 dan artikel ini menjadi solusi untuk para blogger-blogger supaya lebih mengelola blognya lebih baik lagi. karena isi blog merupakan cermin dari pemiliknya. hehehe.
    Salam.

  2. Cikgu, trims untuk sharing luar biasa inih! Jadi tergantikan deh kekecewaan karena ga bisa hadir langsung di acara ini kemarin. Postingannya bener2 nambah ilmu deh ini. Trims, CikGu!

  3. weekekekeke.. mulai berbenah blog, termasuk desain gegara dapat ilmu dari Mak Shinta. even masih pake yang serba gratis sii. Hehehe.
    Tentang lomba SEO, iya tuh sebel bener. Aku pernah ikutan. Yang menang, yang ngopi plek2 aja gitu dari press release-nya. Yaa iya emang penilaiannya cuman dari rank Google, tapi kannn.. Huhuhuu

  4. Halo Mbak Shinta, apa kabar?

    Menarik banget bahasan mengenai content creative ini.
    Saya sependapat kalau gambar atau potret berperan besar juga untuk menambah daya tarik tulisan yang di posting. Selain itu, ya benar, pengalaman dan sudut pandang.
    Ujungnya, saya nyesel banget akhirnya gak bisa hadir di kopdar WB ini. Jadwalnya tabrakan dengan pernikahan keponakan di Sukabumi.
    Moga kedepan ada kopdar lagi dan moga juga Mbak Shinta jadi pembicaranya juga.

    Salam dari saya di Sukabumi,

    1. Alhamdulillah baik Pak Asa 🙂

      Waa sayang sekali kita belum bisa bersilahturahmi ya pak ^^
      Mudah-mudahan bisa ketemu kapan waktu 😀

  5. ini rangkuman saya dari artikel di atas ya: klo bener alhamdulillah kalo salah dibenerin ya mba shinta? jadi intinya balik lagi pada seberapa cerdas kita menyusun kata menjadi kalimat yang mudah di mengerti orang lain. bukan cuma kita sama Allah yang tahu ya kan?. cuman ya emang susah, mesti banyak baca dan banyak nulis. kapan ya tulisanku bisa seperti tulisan mba Shinta. hmmm

  6. Pengen sih nulis yang rapi sama friendly gitu, tapi kok ndak bisa ya u,u huhu.
    Pengennya nulis yang bisa bikin orang penasaran dan baca sampai akhir gitulah 😀 hehe pengennya

Leave a Reply

