Masalah Hosting

Buat penggemar WordPress seperti saya, tentunya punya hosting dan domain pribadi lebih menyenangkan dibandingkan menumpang di WordPress.com walaupun gratis. Karena satu dan lain hal, memiliki domain dan hosting sendiri itu seperti memiliki kebebasan di rumah sendiri. Tapi repotnya, saya juga harus menyapu dan membersihkan “rumah” ini sendiri juga. Syukur-syukur hosting tempat saya bernaung pinter jadi saya bisa sedikit minta bantuan kalau-kalau terjadi apa-apa di blog saya.

Belakangan saya rada ribet dengan masalah hosting ini. Saya yang terbiasa menggunakan hosting luar, agak merasa kesulitan merekomendasikan layanan hosting dalam negeri. Bukan apa-apa, saya rupaya sudah agak cukup kapok melihat lambatnya server dan support yang tidak cekatan. Dan ini terjadi awal saya bermain di dunia online, hmm sekitar 7 tahun lalu sepertinya. Hingga saat ini, buat saya ternyata tidak ada perubahan yang berarti dengan layanan dari lokal.

Setelah mencoba beberapa layanan, saya sudah cukup kapok. Mulai dari masa propagasi yang lebih dari 24 jam, lambatnya server, sering down, dan masalah klasik lainnya. Jadinya saya selalu pakai host luar yang lebih friendly dan cepat tentu saja. Dan belakangan saya merasa tambah ribet dengan banyaknya akun yang saya pegang dan saya maintenance secara rutin. Banyak juga ternyata ya (ngga nyadar). Apalagi, kemaren lagi kena malware yang menyerang di salah satu web dan menyebar ke web lainnya termasuk blog teman-teman. Habislah waktu saya cleaning up satu-satu dan membackupnya ke tempat baru yang lebih bersih dan punya security yang lebih baik.

Setelah kejadian itu, saya jadinya ngga mau merasa lebih repot lagi. Since saya juga punya project baru yang harus dikerjakan dan dikembangkan dengan segera, hal kaya gini harusnya sudah mulai saya eliminir kan. Jadinya saya bingung cari-cari hosting lokal yang bagus dan oke supportnya. Karena sebetulnya saya juga udah mengajukan beberapa layanan ke klien dan dia geleng-geleng semua wkwkwk.

hosting

Apa aja sih masalahnya?

Pada dasarnya, the biggest problem dari hosting adalah kapasitas. Yap, bahkan untuk blog saja yang pada suka upload photo pasti merasa kenapa kapasitasnya cepat sekali habisnya. Yaa kalo sekali upload 3 MB, gempor juga kali kapasitasnya qiqiqi (ini beneran nyata). Jadi ya tulung diresize dulu aja gambarnya sebelum diupload. Selain kapasitas friendly juga ngga ngebebanin server loh plus loading blognya ngga lama *nyindir halus.

Yang kedua adalah bandwith. Ya agak lucu aja memang, hari gini masih bermasalah dengan bandwith. Dengan keterbatasan bandwith perbulan, potensi kehilangan pembaca bakalan jadi besar. Jadi penting juga masalah bandwith ini.

Yang ketiga, kita maunya dalam satu akun bisa ditambahkan add on domain kan. Maksudnya hanya dengan satu akun hosting bisa dipakai domain yang tidak terbatas termasuk database (MySQL) yang tidak terbatas juga. Jadi bisa lebih hemat atau bahkan shared dengan teman-teman lainnya sehingga harganya akan jauh lebih murah.

Yang keempat, masalah harga. Lokal punya, semakin besar kapasitasnya, harganya semakin mencekik. Haduh, saya suka geleng-geleng kepala sendiri lihat harganya. Pusing deh kalo sewa hosting masa lebih mahal dari biaya internet perbulan sih. Eh harusnya saya bilangnya lebih mahal dari harga beras yak  wkwkwk *menolak ibu ibu. Dan hosting luar banyak sekali yang affordable dengan kapasitas unlimited semua.

Yang kelima, buat saya adalah support. Percuma udah bayar mahal tapi bales ticket bisa berhari-hari. Dan itu sering sekali kejadian di lokal punya. Bukan saya yang bilang sih, tapi beberapa klien memang sudah mengalaminya sendiri. Tapi sebisa mungkin, saya tidak selalu bergantung dengan support hostingnya. Kalau bisa setidaknya menguasai hal teknis (iya loe enak bener ngomongnya Shin wekekek). Jadi kalau ada apa-apa sambil menunggu investigasi dari supportnya kita masih bisa melakukan sesuatu, ngga hanya diam menunggu.

Jadi pake apa dong?

Yah terus terang saya ngga bisa juga merekomendasikan sesuatu yang engga bisa saya bilang puas. Parahnya kita sebagai konsumen kaya engga punya pilihan lain. Seperti dipaksa pindah dari satu host ke host yang lain, demi pelayanan yang lebih baik. Atau mau ngga mau upgrade sampai ke harga yang paling mihil dan ngga tau deh besok besok butuh kapasitas apa lagi.

Tapi paling tidak, saya ngasi tau aja layanan apa yang saya pake ya. Siapa tau bisa jadi pertimbangan. Paling tidak solusi dari 5 masalah yang saya sampaikan diatas teratasi, setidaknya buat saya 😀 Dan ini niatnya ngga jualan, cuman kebetulan punya affiliate linknya aja wkwkwk. Ya udah buat yang mau tau saya pake apa, ada di banner dibawah ini.

Mulai dari kapasitas, bandwith, add on domain, database yang semua unlimited sampai harga yang bisa di charge perbulan bikin saya lebih ringan ajah. Belum lagi supportnya yang oke punya, seperti mereka bukannya menutup akun saya karena malware tapi malah bantu scan walaupun saya ngga pake Sitelock. Sekali lagi, tadinya ngga niat kesannya jualan banget akhirnya. Tapi mau bantu ngasi rekomendasi ke temen-temen aja supaya lebih mandiri dan bisa membeli hosting sendiri. Yang seiring kesibukan saya, sepertinya saya butuh sedikit napas dulu yaa.

Advertisements

18 thoughts on “Masalah Hosting

  1. Wah udah lama juga ya mba ngeblog nya, 7 tahunan wow keren. Pasti sudah banyak jga nih webnya ya hehe… Salut!. Kalau mau buat web yg kiranya kedepannya potential banyak pengunjugnya ya menurut saya bagusnya pakai bluehost, hostgator, dan godaddy. tapi kalau paypal lagi nipis ya pake aja yg lokal juga lumayan kalau cuma buat blog pribadi atau hanya menampilkan sesuatu yg gk harus pake bandwidth/server besar. btw salam kenal dan keep going … 🙂

    1. Lumayan banyak sampe ini aja jarang keupdate wkwkwk
      3 nama itu udah keren banget deh, tapi ya kalo cuma buat blog pribadi aja yang lokal juga oke. Cuman ya gitu, kapasitasnya mentok.
      Kebanyakan temen-temen (baca: ibu-ibu) suka ngeluh, baru nulis dikit kok udah out of space aja 😦
      Salam kenal juga faizme…

  2. udah pernah dengar si buaya host ini dan kabarnya emang bagus punya.
    terkait domain, saya masih galaw; pindah jangan, pindah jangan *ngitung-kancing*

  3. Banyak hal memang yang menjadi masalah dalam hal blogging, kalau masalah hosting pinter-pinternya kita ajah yang milih hosting yang berkualitas. Walaupun sedikit mahal dikit mah gapapa yang penting hasil maksimal. ^_^

  4. Kalo saya sih merekomendasikan Rumahweb jika yang dicari adalah penyedia layanan hosting lokal. 3 web klien saya, domain & hostingnya saya “taro” disana. So far so good. CS nya cepet tanggap, pertanyaan-pertanyaan yang saya ajukan di livechat mereka sangat cepat mereka jawab.
    OOT dikit, karena keasikan “mengurusi” web klien, blog sendiri pun jadi terbengkalai. Niat migrasi ke WordPress self hosted pun jadi semakin tertunda. Hahahaha…
    Eh btw apa kabar Mba Shinta? Lama sekali kita gak bertegur sapa.. Hehehe…

    1. Hehehe klien saya malah saya bantuin keluar dari RumahWeb mas. Karena cepet banget out of space nya. Dan terus jadinya upgrade sampe jadi mihil banget pertahunnya.

      Yah namanya bu-ibu, maunya kalo bisa ditawar kaya cabe pasti cari yang lebih murah dengan kapasitas unlimited ^^

      Baik mas Adiew 😀 Sibuk yah sekarang sampe ngga keurus blognya wekekek

  5. Tolong ya diresize fotonya…

    Me: iyaa… Wekekeke *kesindir*

    Klo pas lg ol pake pc/lappie, qku nyicil copy paste foto dr g+ ke blog biar gk berat upload ulang. 😀 trimikisiiii

    1. wkwkwkwk ngga cuma noe ajaa, buanyak yang begitu. Makanya ngga heran baru dipake bentar hostingnya tiba tiba udah out of space.

  6. Saya lebih milih penyedia hosting dalam negeri. Selain CS nya cepat tanggap, saya memang nggak punya pilihan. Mau pindah pake layanan luar negeri ngga ada kartu kredit. Hehe..

  7. Deretan masalah yg diuraikan di atas persis pengalaman sy pake hosting lokal. Dan akhirnya kapok. Sekarang nebeng di blogspot yg gratisan hehe.. Mau pake luar punya tp belum punya kratu kredit hikz 😦

  8. Waduw, blog sayah termasuk yang ngrepotin mb shinta juga nih keknya. Etapi so far, saya nggak pernah nemu masalah yang berarti. Alhamdulillah lancar-lancar aja (ya eyalah, blognya dianggurin ;p)

  9. Saya sekedar share mba karna saya lgi stress bin mumet berurusan dgn hosting. Skrg lgi mumet2nya karna mau selesaiin bikin web tpi slma 3 hari terakhir ini baru 3 kali websitenya bisa diakses padahal harus cepat2 kelar. sejak awal aktivasi macam2 aja errornya klo sekedar lemot ato down sbntar gpp. Lha ini downnya tiap hari dan sepanjang hari padahal content baru 1 halaman.

    Saya hosting di RuxahWxb. Saya baca review berhari2 kok kesannya bgs, blh dibilang hosting terbesar dan terbaik lokal punya katanya. Eh nyatanya :). Belakangan baru saya tau ternyata bnyk bgt keluhan pelanggan.

    Saya sdh sampeikan keluhan saya jg secara baik2, responya cuma awal2 aja. Stelah itu jawabanya datar dan diulang2. Memang sih CSnya cepat tanggap tpi ya itu, jawaban ga sesuai dgn masalah, hahah.

    Nasib2.

    Saran saya klo punya web yg buat bisnis yg kudu diakses pelanggan secara cepat mending mikir2 dlu deh milih hosting lokal, drpd pusing blakangan, klo buat personal blog mgkn ga mslah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s