Indosat Ooredoo : Saat Dunia Sudah Beralih Menjadi Digital

Apa yang tidak memanfaatkan internet saat ini? Penggunaan internet dan data begitu nyata dan ada. Sekarang orang tidak pernah khawatir kehabisan pulsa, malah lebih khawatir tidak memiliki data hehehe. Tua, muda, lelaki, perempuan, anak kecil, bahkan manula pun tidak ketinggalan. Tapi ternyata di dunia digital, batas antara tua dan muda itu tidak terlihat. Hal itulah yang mendasari warna cerah merah berpadu kuning milik lambang baru Indosat yang sekarang bernama Indosat Ooredoo.

Kalau dulu kita bisa membandingkan antara si kuning, si merah, si biru berdasarkan warna dominasinya, sekarang sudah tidak lagi. Dengan perubahan total ke arah digital, Indosat Ooredoo mengubah visi dan misi perusahaan untuk menjadi perusahaan digital yang lebih mudah diakses dan dijangkau oleh berbagai kalangan. Entah apa kita menyebutnya karena Indosat Ooredoo berada pada lini paling atas dengan menjadikan digital sebagai DNA perusahaan.

indosat-ooredoo

Sebagai perusahaan telekomunikasi besar di Indonesia, Indosat Ooredoo dengan identitas terbarunya berkomitmen untuk mengembangkan layanan digital yang diharapkan bisa menjadi nomor satu di Indonesia. Hal ini tercermin dengan tetap menempelnya brand Indosat, karena dalam survei yang dilakukan bahwa nama Indosat sudah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Tidak seperti brand lain di bawah Grup Ooredoo yang benar-benar menghilangkan nama lokal, Indosat Ooredoo tetap hadir sebagai brand lokal bercita rasa global.

Penggunaan Data yang Terus Meningkat

Sebagai blogger dan social media addicted, saya hampir tidak bisa lepas dengan yang namanya data. Saya mewajibkan diri untuk mengaktifkan paket data di smartphone. Bukan hanya untuk berhubungan dengan social media, namun kini sudah menjadi media komunikasi. Itu untuk hal yang mudahnya. Ada banyak hal yang berhubungan dengan data yang bahkan mengubah hidup manusia.

shco

Seperti misalnya tren ibu muda yang berbisnis melalui internet. Mereka bisa tetap menghasilkan tanpa harus keluar rumah. Sifatnya yang fleksibel 24 jam membuat jam kerja menjadi lebih leluasa. Belum lagi dengan kebiasaan belanja online yang saat ini sudah menjadi pilihan masyarakat. Padatnya lalu lintas dan perbedaan harga yang tidak terlalu jauh menjadikan transaksi ecommerce menjadi pilihan banyak orang.

Yang lebih menjadikan data sebagai hal yang berpengaruh adalah bagaimana layanan data yang baik yang terhubung melalui aplikasi dapat mengubah hidup orang banyak. Seperti layanan ojek online misalnya. Belum lagi jumlah penggunaan data untuk aplikasi, social media, transferring file, yang semakin meningkat setiap tahunnya. Bahkan telah dicatat dalam tahun 2015, penggunaan data pada Indosat Ooredoo meningkat sampai 155%.

Masalah Layanan Digital

Peningkatan yang terjadi pada penggunaan data belum dibarengi dengan operator yang siap secara digital. Oleh karena itu, Indosat Ooredoo tidak hanya mengubah layanan digital saja tapi semua betul-betul semua berubah dari culture perusahaan sampai end service kepada pelanggan. Masalah jaringan dan pelayanan digital saat ini masih menjadi masalah besar. Karena luasnya wilayah Indonesia dan terdiri dari tiga zona waktu yang berbeda, masih menyulitkan pemerataan telekomunikasi bahkan layanan digital.

Seringkali kendala jaringan dan kecepatan yang masih terbatas membatasi penggunaan seperti streaming video dan komunikasi melalui video. Begitu juga jaringan yang tidak merata, sehingga di pedalaman atau di kota kecil akan sulit terkoneksi dengan data. Ditambah lagi dengan biaya langganan data yang tidak murah. Semakin cepat layanan data maka akan semakin mahal.

Indosat Ooredoo dengan Layanan Digital Menyeluruh

Dengan berbagai masalah yang ada, Indosat Ooredoo hadir dengan solusi untuk layanan digital untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan jaringan yang luas dan investasi dalam data digital telah menjadikan layanan Indosat Ooredoo dalam dunia digital menjadi yang terdepan. Perubahan menyeluruh termasuk ke dalam produk, service, yang lebih ringkas dan praktis. Setiap pelanggan akan merasakan layanan yang cepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Perubahan dimulai dari SDM yang terlatih dengan perkembangan dunia digital, kesiapan produk digital yang akan dilaunching setiap dua minggu sekali, dan juga cara melayani pelanggan sudah berubah ke arah yang lebih baik. Bahkan untuk memodernisasi jaringan telah disiapkan jaringan LTE di kota kota besar dan 3G dengan kekuatan jaringan yang stabil.

Apapun perangkat yang dimiliki dan paket produk yang dibeli tetap akan mendapatkan benefit yang sama dan terjangkau untuk semua. Dunia digital yang tadinya terhambat dengan masalah-masalah umum akan lebih mudah diakses dan pelayanan yang lebih baik. Perubahan yang dicanangkan pada tanggal 19 November 2015 ini memang sengaja dilakukan sehari sebelum ulang tahun Indosat. Karena pada saat tepat ulang tahunnya, sudah ada identitas baru yang bermakna lebih dari sekedar mengganti logo dan nama saja.

Advertisements

One thought on “Indosat Ooredoo : Saat Dunia Sudah Beralih Menjadi Digital

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s