A Thank You Note: We're Growing

Bulan Maret rasanya jadi bulan yang istimewa buat saya. Tanpa sengaja melihat timeline, ada dua komunitas perempuan yang berlatar blogger, yang ternyata sedang bahagia-bahagianya merayakan setahun komunitas mereka. Ada rasa bahagia, passion, dan rasa kekeluargaan di sana. Kemudian saya jadi ingat. Karena dua komunitas inilah, saya dan teman teman di BP bisa menjadi seperti saat ini.

Blogger Perempuan sebagai network, saat awal didirikan, saya tau banyak sekali yang merasa penasaran. Banyak yang mengira bahwa kami adalah komunitas. Terlebih karena saya memang sangat aktif di beberapa komunitas blogger. Tapi sayangnya, tidak semua bisa menerima konsep baru yang saya dan teman teman bangun. Mungkin ada yang merasa tersaingi dan menganggap ngga akan lebih besar. Bahkan saya masih ingat, dikick dari sebuah grup komunitas blogger karena mereka tau saya inisiator BP, tanpa tau salah saya apa di situ 🙂

Saya cuma tau, saking cintanya dengan dunia blogger, saya yang control freak ini berusaha sekali ingin bisa mengontrol lajunya arus blogger yang makin ramai. Dan saya cuma berpikir, harus ada wadah yang bisa memfasilitasi itu semua. Tempat belajar, tempat berdiskusi, tempat bermain, tempat yang bisa diandalkan untuk hal teknis, tempat yang bisa mendatangkan traffic, tempat saling berbagi, dan tempat sharing bagi saya untuk bisa mengajari sekecil apapun ilmunya. Dan kami start dari dua komunitas kecil tersebut.

Salah satu strategi untuk aktivasi member BP adalah dengan mengadakan acara offline. BP memulai dengan mengadakan pelatihan Google Analytics dan blog design yang akan menjadi modal untuk bisa bekerja sama dengan brand/agency. Mulai mendekati komunitas di Bogor dan Semarang. Dan yang tidak kami sangka waktu itu, ternyata responnya sangat-sangat baik. Mereka menerima kami dengan tangan terbuka dan bersemangat untuk belajar.

Membuat kami bersemangat untuk terus membangun sebuah jaringan yang berguna untuk blogger. Membuat directory yang terbuka, yang bisa diakses siapapun untuk mendapatkan traffic sesuai minat pembaca, bahkan mungkin dari brand/agency yang sedang mencari blogger. Membuat marketplace untuk memenuhi kebutuhan blog design yang feminim, yang memenuhi standar blog untuk dibaca google maupun manusia. Memberikan tulisan yang dibutuhkan oleh blogger sampai memfasilitasi untuk belajar mengenai seluk beluk blogger. BP bahkan rela merogoh kocek sendiri untuk bisa mendatangkan seorang pro blogger, brand, dan pihak yang menggunakan blogger. Hanya untuk memberikan edukasi, bahwa ada jalur yang benar untuk berkarir di blogger. Tanpa harus selalu eksis di semua acara dan hal hal yang saat ini dipandang buruk.

Sampai akhirnya, tercipta sebuah komunitas yang berada di bawah network. Keinginan berkumpul para blogger yang saya sendiri tidak menyangka akan mendapatkan feedback yang luar biasa. Mendapati grup Facebook saat ini mencapai 850 member dalam kurun waktu 3 bulan. Dan memiliki 1000 blogger (termasuk data lama) yang masuk ke directory. Saya terkadang hanya bisa menarik napas, hanya untuk berpikir, sejauh apa kami bisa terus bersama mereka, memberikan segala hal yang betul betul mereka butuhkan. Mampukah BP untuk terus bisa memfasilitasi mereka yang jumlahnya semakin besar.

Bahkan saya seringkali mendapat laporan, ada grup WhatsApp dan Telegram yang membernya antusias saling belajar, berbagi, membahas isu penting untuk blogger, sampai membuat program sendiri. Tentunya itu di luar dugaan kami dan bahagia ternyata wadah kami bisa sangat bemanfaat. Sesekali saya ikut nimbrung di grup dan menjelaskan isu dari Google dan hal hal lain yang harus menjadi concern bagi blogger. Keramaian dan antusias para blogger, baik yang baru atau yang lama, membuat saya semakin bersemangat untuk terus mengajak mereka peduli dengan etika, aturan, konten, dan mencari pembaca yang betul betul membutuhkan tulisan mereka.

Sampai saat ini, para founders masih tidak percaya atas pencapaian BP selama setahun. Di mana kami semakin berkembang pesat, melakukan digital campaign activity dengan KPI yang kami sodorkan. Menggunakan blogger berkualitas dan memberikan kompensasi yang layak untuk blogger berkualitas tersebut. Saya bahkan masih berkaca-kaca saat mereka membalas email dengan ucapan terima kasih dan betapa hasilnya sesuai dengan kerja keras mereka.

Kepercayaan brand dan agency, serta KPI yang selalu melampaui target menjadi concern saya dan teman teman BP. Bahwa kami para blogger juga bisa profesional, juga bisa menunjukkan performa yang baik, mampu memberikan kontribusi dalam bagian kecil digital campaign, dan selalu mengutamakan kualitas. Bahkan dalam suatu pertemuan, saya dengan tegas menolak beberapa keinginan dengan pertimbangan akan berbahaya bagi blogger untuk melakukan hal tersebut.

Karena saya tau, menulis itu susah. Membuat konten yang bagus itu ngga gampang. Mendatangkan traffic seribu perhari itu butuh effort. Engage dengan pembaca itu perlu waktu. Bahkan membalas komen satu persatu dengan serentetan pertanyaan itu butuh kesabaran. Merampingkan Alexa dan memiliki authority itu butuh usaha luar biasa. Dan saya hanya tau, blogger pantas untuk dibayar karena membangun semua itu tidak mudah.

BP hari ini, BP yang baru saja menginjak setahun. Semakin berkembang dan kami akhirnya menemukan entitas baru. Semangat baru untuk terus berusaha memberikan yang terbaik untuk blogger yang terbaik juga.

Dan saya tidak akan pernah lupa, BP hari ini bisa ada, karena Asinan Blogger dan Gandjel Rel yang mau menerima kami apa adanya 🙂

Selamat ulang tahun bagi BP, Asinan Blogger, dan Gandjel Rel. BP berhutang banyak pada kalian…

image

image

image

image

image

image

image

*untuk dunia blogging yang lebih baik

37 thoughts on “A Thank You Note: We're Growing

  1. Mbaaaaakkkkk…..makasih banyaaaaakkk yaaaaa. Kami menerima kedatangan teman2 dengan bahagia. Ditunggu lagi di Semarang yaaaa :*

    Selamat ulang tahun BP. Semoga semakin sukses :*

  2. Aw, terharu Gandjel Rel disebut-sebut, makasiiih *muach. Selamat ulang tahun Blogger Perempuan 🙂 Btw, ultah Gandjel Rel benernya 22 Feb, tapi perayaan offline-nya memang baru bisa awal Maret, hehe. Makasih ya sudah mau colek-colek GRes pas ke Semarang. Oh ya, Insya Allah bakal ketemu GRes lagi ya besok di FB hehe, see ya

  3. Selamat Ulang Tahun buat BP, Gandjel Rel dan Asinan Blogger yang pertama, semoga makin eksis dan menebar ilmu serta manfaat bagi semua.
    Kami Blogger Kekinian harus belajar banyak dari kalian semua.

  4. Ah, sungguh suatu keuntungan menjadi salah satu member dari Blogger Perempuan. Terima kasih, Cikgu Shita Ries yang telah menerima bunda sebagai member juga terima kasih bunda kepada FounderS Blogger Perempuan. Menjadi bagian dari Blogger Perempuan benar-benar membuat buat merasakan bahwa ilmu bunda gak ada apa-apanya. Bunda terpacu untuk belajar di sini. Selamat Ulang Tahun Blogger Perempuan, semoga tambah berjaya. Aamiin.

  5. Mbakkk sebagai anggota asinan, saya bentrok mulu pas mau ikutan ngobcan, semoga next time ikutan lagi. Selamat ulang tahun untuk BP. Semoga sukses selalu

  6. Happy milad BP. Seneng dabisn bangga bisa jadi bagian dari BP…, bagian dari Gandjel Rel juga. Seneng lagi karena Maret ini saya juga milad. Ahaayy….sampai ketemu besok mb Shinta 😉

  7. Aiiihhh, ulang tahunnya kembaran nih dengan Gandjel Rel… selamat ulang tahun buat BP dan Asinan Bogor. Terharu ada foto sayaaa di sini, senang bisa gabung dengan Blogger Perempuan dan ikut heboh di grup WA dan Tele, hehehe

    Oh iya, sampai jumpa sabtu besok ya mbak Shinta 😀

  8. Secara tidak disadari kehadiran komunitas berbasis internet ini bisa memBerdayakan perempuan Indonesia lewat blogging. Up & Down itu mah biasa, just like love & hate relationship. Salam mesra untuk para blogger and happy birthday to us!

  9. Terharu sangat. Dan ikut bangga jadi bagian dari awal kelahiran BP dan Asinan Blogger. Selamat ulang tahun BP, Ganjel Rel dan Asinan Blogger semoga bisa semakin berkontribusi buat orang banyak melalui dunia blogging ya aamiin

  10. Ciee BP sudah setahun yeee
    Sukses ya buat BP
    Terima kasih untuk job beberapa bulan lalu. Alhamdulillah bisa beliin mainan edukasi ke Salfa dengan hasil kerja sama itu.

    Well, saya ingin sekali ikutan acara BP juga. Kapaan?? *Hiks…

    Sekali lagi, sukses terus dan jangan pernah enggan berbagi ilmu

  11. Sejatinya yg utama memang memberi. Berikan yg terbaik maka akan mendpt yg lbh baik. Apa yg terjadi hari ini, sdh saya prediksi. Saya bkn siapa siapa tapi daya ada dan mengikuti. Hidup blogger

  12. Ngga terasa sudah setahun ya. Setiap pagi saya jadi menunggu postingan di grup facebook loh haha. Happy birthday BP, semoga ke depannya bisa terus menjadi rumah, sekolah dan tempat bermain bagi para blogger.

Leave a Reply

