Jarang Update dan Blogwalking Tapi Alexa Rank Kecil? Ini Sih Rahasianya

Jadi ceritanya, suka ada kan ya job review yang mensyaratkan Alexa Rank yang kecil. Nah kebanyakan blogger masih ada yang belum paham apa itu Alexa Rank dan untuk apa keuntungannya jika nge-blog itu memperhatikan si Alexa ini. Kalau saya, sebetulnya ngga terlalu peduli tapi tau persis bagaimana memiliki Alexa Rank yang cantik, yang bisa buat disodorin ke pencari blogger review. Jadilah cari cara yang sederhana namun bisa efektif dan secara signifikan mempengaruhi nilai Alexa.

Dulu itu, saya suka ketawa ada blogger yang rajin menulis sampai 4 artikel dalam sehari dan yakin kalau itu akan menurunkan nilai Alexanya. Lah, iya kalau sempat, iya kalau rajin banget, iya kalo punya bahan yang ditulis. Trus ada anggapan juga bahwa blogwalking akan dapat menurunkan Alexa, iya sih betul. Tapi dalam kasus saya, saya sudah amat teramat jarang blogwalking karena kesibukan tiada henti huhuhhuu *butuh piknik.

Lalu, lalu? Ya saya akhirnya memakai beberapa cara yang membuat saya tidak perlu blogwalking, tidak capek-capek update sampai sehari 4 kali, dan entah ada cara apa lagi. Hasilnya? Website BloggerPerempuan.com yang saya kelola bisa 65rb dan Shintaries com 177rb secara global. Padahal trafficnya tidak terlalu yang gimana-gimana kok. Karena saya konsen di branding, bukan sekedar traffic. Kalau sponsored post, pasti saya akan carikan traffic KHUSUS di artikel tersebut aja. Jadi bukan blog secara keseluruhan. Lah saya kan blogger, bukan IMers hahaha :p

bloggerperempuan-alexa

shintaries-alexa

Kalau menurut yang banyak cari blog untuk menulis review sih, paling banter Alexanya adalah 1jt. Dari situ bisa kelihatan, rata-rata trafficnya berapa, dan nilai keseluruhan blognya. Nah masalah perangkingan ini, serahkan sama si Tuhan Alexanya yaa, jadi saya tidak menerima pertanyaan di komentar yang isinya “kok saya udah ina inu ngga turun” hahaha, misalnyaa itu yaa.

Apa yang saya share ini yang saya lakukan dan mungkin tidak bisa dilakukan sama persis untuk dicontoh karena ada berbagai hal yang tidak sama. Seperti misalnya, kekuatan kontennya yang related dengan tema yang ditulis. Lalu ada juga engine yang dipakai, karena beberapa saya perhatikan, yang cenderung stabil dan tidak terlalu ada effort menurunkan Alexa adalah WordPress (selfhosted). Kemudian ada berapa banyak artikel yang terindeks dan mendapatkan traffic. Jadi kontennya bisa saja memang terindeks, tapi jumlah trafficnya juga tergantung kata kunci yang dicari kan. Maksudnya gini, artikel asam urat jumlah pencariannya akan lebih banyak dari pada BPJS, misal loh ya. Jadi sangat-sangat tergantung dari apa yang kita tulis.

Nah, kalau cara saya sebetulnya sangat sederhana, yaitu:

  1. Pasang Alexa Toolbar. Ini sudah sangat wajib banget kalau mau Alexanya turun terutama turun dengan signifikan. Silahkan googling dengan kata kunci “Alexa Toolbar”. Kan browsernya beda-beda toh. Nanti tinggal pasang dan buka blognya. Kunjungi setiap hari sampai Alexanya mencapai dibawah 1jt. Tinggal dibuka aja blognya walaupun ngga sedang meng-update. Kalau sudah 500rb-an. Ya udah tinggalkan rutinitas ini, kaya ngga ada kerjaan lain aja yak :p
  2. Buat konten SEO. Jadi ngga hanya buat traffic, punya konten yang dimaksimalkan buat SEO juga berguna untuk Alexa. Kalo ngga mau capek, ya minimal buat 5 deh dengan 2000 kata. Jadi setiap hari bisa dapet kunjungan. Kalau misalnya 1 artikel 100 views aja, sehari udah 500 views kan. Kalikan lagi 30 untuk perhitungan rata-rata page view-nya. Sekali lagi, kita blogger kok, nyantai aja ngga perlu terintimidasi ama traffic.
  3. Update rutin dan sesuai ritme. Kalau memaksakan sehari update satu post, maka seterusnya harus satu post. Karena kalau di saya, begitu saya ngga update sehari saja karena terbiasa satu post perhari, ya pada saat break, akan naik lagi Alexanya. Jadi maksudnya, ritme updatenya harus sama. Kalau sehari satu ya satu, kalau seminggu satu ya satu, kalau sebulan satu ya satu.Β Begitu seterusnya. Makanya ngga heran kan, kalau yang tiap hari update, begitu ngga update pasti Alexa menggendut. Saya sendiri paling banterΒ bisa sampai dua minggu sekali diupdate dan Alexa tetap aman.
  4. Konsisten tulisan. Jadi gini, salah satu perhitungannya Alexa ini adalah returning visitor. Misalnya kalo saya, karena suka travelling dan yang kebanyakan terindeks memang traveling, jadi banyak tuh yang menantikan tulisan travelling saya berikutnya *geer. Dari situlah kita mendapatkan returning visitor. Makanya, butuh nama domain yang gampang diingat, supaya visitor bisa langsung ngetik atau search nama kita. Butuh juga konten yang asik untuk dibaca dan bermanfaat.

Dan beneran, 4 hal itu aja kok yang saya lakukan dan saya merasa sangat efektif. Mau coba?

Studi case:

Shintaries.com

Rata-rata traffic 20rb-30rb perbulan (musim liburan bisa 50rb, musim ujian 15rb wkwkwk)

Usia domain:Β hampir 4 tahun

WordPress Selfhosted di Hostgator

170 thoughts on “Jarang Update dan Blogwalking Tapi Alexa Rank Kecil? Ini Sih Rahasianya

  1. Mba Shinta ini emang blogger idolah banget dah… Makasih tips-tips blogging yang selalu cetar.
    Alexaku pernah tembus 800k-an tapi sekarang terjun ke jutaan hahaha. Dibawa asik aja, seperti kata mba, jangan tertekan. hehehehehe

    Warm regards,
    Zia

  2. Pengen pakai Alexa Rank, tapi sekarang Alexa Rank udah berbayar 😦
    Alhasil aku belum bisa pakai Alexa Rank. Tapi tetap aku bookmark ah, mana tahu butuh.

    Makasih, ya, Mbak.

    1. waduh, alexa pengecekannya gratis kok mba. Itu tools advancednya yang berbayar. Toolbarnya juga gratis. Kita ngga ada pake yang berbayar.

  3. Terima kasih artikel yang sangat bagus, dapat memberikan pencerahan mengenai Alexa Rank. Tetapi banyak sekali cara sebenarnya bagaimana kita dapat melangsingkan Alexa Rank, baik dengan cara Whitehat , Greyhat, ataupun hingga Blackhat.

    Blackhat sendiri juga tergantung dari sudut pandang yang menggunakan teknik. Saya pernah memiliki sebuah domain yang sama sekali belum ada artikel postingan. Saya coba teknik yang menurut saya sendiri dapat merampingkan Alexa Rank website kita. Dengan website tanpa artikel, teknik yang menurut saya itu wajar dan dapat tembus Alexa Rank hingga 700ribuan tanpa ada posting dan artikel sama sekali pun.

    So, setiap orang punya teknik sendiri seperti Mbakyu Shintaries paparkan. Tetapi ketika punya ide sendiri yang mungkin itu teknik yang work, silahkan dicoba dan trial error saja.

    1. Iya caranya banyak. Tricky-nya kalau jadi blogger yang fokus ke branding kaya saya, ngga bisa terlalu pake cara yang bermacam-macam. Harus senatural mungkin, karena yang dibawa adalah brand yang nilai brandnya lebih besar dari produknya itu sendiri πŸ™‚

      kalau blognya memang untuk traffic gede dan tidak terbuka penulisnya serta tidak membranding, bebas banget pake cara macam-macam ^^

  4. Selama ini aku pikir kalau nulis suka kepanjangan, ternyata 2000 kata dengan SEO bisa membantu alexa stabil ya. Perlu dicoba nih. Kadang artikel yang dibuat santai, tak disangka-sangka justru jadi yang paling banyak dicari hingga hari ini. By the way, gara-gara dikunjungin mbak Shinta, alexa ku jadi ramping bo.. dari 11juta jadi 5jutaan hehehehe πŸ˜€

    Thanks for the tips ya mbak, informatif dan berguna bangeeet.

    1. Justru modal yang bagus nulisnya panjang πŸ˜€
      tapi panjang ngga berarti segala macam ditulis kalo saya hehehe, jadi memang bercerita (konflik alias drama di dalamnya) sehingga orang betah bacanya walaupun 2000 kata

  5. saya awam ttg nurunin alexa, so cara konvensional diterapkan
    rutin BW dan nulis serta share di medsos πŸ™‚
    Share yg bermanfaat, pencerahan buat saya
    salam sehat dan sukses mbak Shinta

  6. Setuju banget mbak, kalau aku mending jarang update daripada update tulisannya pendek dan nggak SEO. Ini berpengaruh lho ya, jarang update tapi alhamdulillah Alexa ramping. Aku masih ingat banget pesan mbak Shinta setiap tulisan minimal 1200 kata. Jadi, kalau kurang dari itu aku jadi nggak akan update blog.

    Makasi ya, mbak ilmunya. Blog aku masih usia bulanan tapi alhamdulillah Alexanya lumayan cantik, xixixixi

  7. mbak saya ngecek pakai blogspot dot com hasilnya no data. saya coba yang blogspot dot co dot id muncul. jadi memang pakai yang dot co dot id ya?

    trus mbak, kalau browser di ponsel bisa dipasangi alexa toolbar ga ya?

    makasih.

    1. Iya, sekarang memang menyesuaikan negaranya supaya bisa ditindak (kalo ada pelanggaran) sesuai aturan di negara tersebut

      Ponsel ngga bisa, cek manual aja di alexa com

  8. Iyaaa banget ini, hihi. Saya pernah alexa rank under 1 juta, cuma karena pasang alexa toolbar dan dipantengin sekitar semingguan. Udah lama jarang online, eh skrg ada di 1 juta atas, hampir 2 juta. Hiks.

    #SemangatPasangAlexaToolbarLagi# πŸ˜€

  9. Kuncinya simple banget tapi eksekusinya yg jadi drama. Dilema ibu2 yg msh digelandotin batita nih aku. Hehehe…

    Semangat deh! Semedi bikin konten keren yg tembus 2000 kata.
    TFS, mba Shintaaa
    ???

  10. Huhuhu…ternyata memang jadi blogger gak perlu riweuh ya mbak..
    Tips-nya perlu dipraktekin nih, terutama yang nomer satu. Saya sempat pasang, tapi dihapus lagi..he..he..he
    Terima kasih pencerahannya ya mbak πŸ™‚

  11. Ternyata masang Alexa toolbar ada pengaruhnya,
    Umur blog saya belum dua bulan, postingnya juga pendek2, visitor juga masih sedikit, tapi si tante Alexa udah empat ratus enampuluhan.
    Sebelumnya ga ngeh, setelah baca postingan ini, mungkinkah karena si Alexa toolbar?

  12. Akhirnya gara-gara baca postingan ini aku pasang toolbar alexa πŸ˜€
    Baru tau kalau alexa ada toolbarnya.. Makasih Mbak Shinta
    Aku baru ganti ke domain, jadinya masih no data πŸ˜€
    Tapi memang sewaktu masih blogspot.com juga masih 48rb ranking Indo nya hehehe masih jauuhh dan masih harus banyak belajar

  13. Terus terang Mbak, saya mah sudah ga mikirin Alexa. Kalau dipikirin malah butek sendiri.

    Padahal dulu, saya hampir tiap hari memperhatikan kenaikan dan penurunan ranking, tetapi sekarang sudah setop.

    Rasanya malah lebih enak. Kita bisa menulis secara lepas tanpa harus mempedulikan apakah berhasil atau tidak.

  14. wuahhh. menarik. kok kayaknya cara pertama seperti instan bgt ya. walaupun blog itu cuma dikunjungi adminnya seorang? bisa beneran berpengaruh?

    Mba Shinta keren banget, alexa nya kecill. kayanya bakal banyak berguru sama kakak angkatan nih. makasih mba share infonya πŸ™‚ sangat bermanfaat

  15. Baca tips dr mba shinta selalu ngasi pencerahan u newbie kyk saya. Saya baru 3blnan ngeblog tp alexanya jauh lbh ramping dibandingkan teman yg udah ngeblog setahunan. Tadinya bingung krn apa…skr jd dpt pencerahan. Mungkin krn nulisnya selalu diatas 1000words dibanding teman yg nulisnya pendek2

      1. Mba kapan lg buat kelas yg kyk funblogging? Pengeeen ikut. Atau skali2 main ke makassar dong mba biar bisa ikutan kelasnya mba shinta. Nanti diajakin makan seafood *nyogok hehehe

  16. aahh, makasih mbak..
    mau saya coba ah ^^
    lagi belajar tulisan SEO kya gimana dan lagi ikutan #1minggu1cerita biar kepecut dengan ritme seminggu sekali publish tulisan (bukan ngedraft doang xD)
    jadi tambah semangat bikin alexa ramping :))
    salam kenal ya πŸ˜‰

  17. Hadeeewh, akhirnya nyampe juga di kolom komentar setelah scroll belasan kali (buka via HP) :D. Oke, makasih tipsnya, Mbak. Moga bisa konsisten mraktikin. Alexa saya gendut banget. Kudu diet.

Leave a Reply

