Creating a Blog Network Based On Community

Selama satu setengah tahun terakhir, saya berkutat sepenuhnya dengan dunia blogging. Sesuatu hal yang menjadi passion saya setelah lelah dengan pekerjaan rutin yang memakan banyak waktu. Setelah empat tahun terakhir menulis blog secara komersil di Shintaries.com, saya tergerak untuk membantu para blogger perempuan lain untuk mendapatkan akses ekonomi yang sama melalui blog mereka.

Sesederhana, sambil curhat, sambil nulis santai, sambil dikerjakan saat di mana saja, mereka dapat membayar berbagai macam tagihan. Sehingga kegiatan blogging tidak menjadi sesuatu hal yang sia-sia. Tentunya menyenangkan apabila kita melakukan sesuatu yang disenangi dan mendapatkan bonus secara materi.

Dengan berkembangnya era digital yang semakin tidak terbendung saat ini, blogger menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan. Blogger menjadi bagian dari konten marketing, yang sayangnya masih banyak yang belum mendapatkan kesempatan ini karena kurangnya akses mereka.

Padahal, ada banyak sekali blogger perempuan Indonesia yang memiliki kualitas tulisan yang baik namun kurang pembaca, kurang memahami teknis blog, kurang secara branding, kurang berjejaring, dan masalah lain yang menjadi halangan mereka. Tidak hanya ketiadaan akses ekonomi, namun juga akses belajar yang masih sangat tersebar bebas sehingga kesulitan untuk merangkainya.iphone-6-mockupWalaupun saya melihat sudah banyak komunitas blogger yang berdiri dan saling berbagi, namun masih banyak yang belum dapat mengakomodir secara keseluruhan. Karena itulah, saya dan dua teman saya, Almazia dan Dyane, begadang semalam suntuk untuk mendapatkan konsep yang cocok bagi para blogger, untuk mengembangkan jaringannya secara luas.

Tujuan utama didirikannya Blogger Perempuan Network adalah untuk solusi bagi para Blogger Perempuan, yang ingin belajar mengenai blogging secara profesional dan ingin mengembangkan profesi sebagai blogger. Oleh karenanya, paltform Blogger Perempuan Network dibangun sedemikian rupa untuk membantu para blogger dari A-Z. Mulai dari informasi terkini tentang blogging, hal teknis, sampai dengan mendapatkan berbagai akses pekerjaan sebagai blogger.

Di Bulan Maret 2015, lahirlah Blogger Perempuan yang kami sebut sebagai Indonesia Female Blogger Social Network. Pada awalnya, Blogger Perempuan adalah agregator postingan dari para member dan juga blogger directory. Namun setelah satu tahun berjalan, Blogger Perempuan berubah menjadi Blogger Perempuan Network yang tidak hanya berupa platform saja namun berjalan sebagai jejaring sosial dan partner dari para blogger perempuan Indonesia.

Sehingga mereka memiliki banyak kesempatan untuk belajar dan bekerja secara profesional serta mendapatkan peluang melalui program partnership. Selain itu juga, mereka dapat belajar mengenai blogging melalui program edukasi online dan offline yang diadakan oleh Blogger Perempuan Network.

Presentasi dalam acara Perempuan & Inovasi yang dihadiri oleh MenSos dan Menteri PPPA
Presentasi dalam acara Perempuan & Inovasi yang dihadiri oleh MenSos dan Menteri PPPA

arisanlink1

Sampai saat ini, Blogger Perempuan Network sudah mencatatkan lebih dari 1000+ blogger yang terdaftar di directory dan 1300+ yang masuk dalam komunitas di Facebook Group. Harapannya tentu saja, akan semakin banyak blogger perempuan Indonesia yang bergabung dan tergerak untuk membuat konten yang baik sehingga akan mewujudkan suatu lingkungan blogger yang positif.

Apalagi jika ada yang mampu bekerja sebagai pro blogger, sehingga akan memberikan suatu peluang baru untuk para ibu rumah tangga atau perempuan yang ingin memiliki kegiatan positif di dunia digital. Berkaca dari blogger luar yang serius menggarap blognya dan banyak yang menjadikannya sebuah profesi, kenapa Indonesia tidak?

Dan dalam enam bulan pertama, Blogger Perempuan Network mampu mencatatkan profit yang cukup baik. Sehingga kami bertiga percaya bahwa konsep yang telah dibangun dan berjalan ini, layak disebut sebagai bisnis.

Sampai saat ini, Blogger Perempuan Network telah bekerja sama dengan berbagai brand dan agency untuk membuka jalan bagi para member. Tercatat sudah lebih dari 30% member yang sudah memiliki pengalaman bekerja sama melalui Blogger Perempuan Network. Dan semoga akan semakin banyak lagi yang akan mendapatkan kesempatan ini.

Konsep Platform Blogger Perempuan

Semakin berkembangnya jumlah member, maka semakin besar juga cost yang harus dikeluarkan. Sampai saat ini, kami masih mampu membiayai keseluruhan aktivitas digital melalui berbagai macam kampanye yang dijalankan. Biaya tersebut masih dalam batas margin yang cukup.

Namun untuk membangun sebuah startup yang platformnya 100% berada di ranah digital, tentunya dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga sampai saat ini, kami masih terus melakukan berbagai macam investasi untuk mengembangkan platform. Bahkan rencana sampai 3 tahun ke depan sudah disiapkan dan saat ini sedang ingin membangun platform yang lebih modern lagi.

Kami bertiga membangun startup ini secara bootstrapping, investasi sendiri untuk memulainya. Bahkan mengonsepnya dari awal, mulai dari memilih hosting, mencari nama, mendesain web, memilih tools, sampai mengerjakannya juga dilakukan sendiri. Tim Blogger Perempuan Network berjumlah 9 orang dan semuanya adalah perempuan. Blogger Perempuan Network saat ini berada di bawah naungan PT. Perempuan Digital Indonesia.

Secara garis besar, ada beberapa item yang rutin menjadi pengeluaran untuk menunjang kegiatan digital dan juga marketing. Antara lain:

Google Apps. Kami menggunakan Google Apps sebagai core aplikasi untuk semua kegiatan. Mulai dari surat elektronik, penyimpanan, calendar, dan semua fitur yang dimanfaatkan secara maksimal. Saat ini, nilai bulanan yang dibayarkan masih belum terlalu besar. Yaitu $18 untuk 6 akun.

apps

Email Marketing – Mailchimp. Tentunya, email marketing adalah strategi yang paling aman dan bagus karena memiliki list yang tidak bergantung pada platform apapun. Blogger Perempuan Network menggunakan Mailchimp untuk newsletter dan sampai saat ini sudah mencapai 1600+ subscriber, sehingga biaya langganannya adalah $25 dalam sebulan.

Screen Shot 2016-07-16 at 11.17.17 PM

Styled Stock Library Subscription. Untuk membentuk branding yang kuat, baik di mata brand maupun di mata para blogger, kami berinvestasi dalam tampilan visual. Tentunya sebagai website yang menyasar perempuan dan juga memiliki citra yang mature dan feminim, diperlukan image yang tidak biasa. Oleh karena itu, kami spesial berlangganan stock photo premium yang tidak pasaran dengan harga perbulan $18.75.

stock-photo

Blogger Directory Tools. Karena membangun sendiri platformnya dengan CMS populer WordPress, kami banyak bergantung dengan plugin dan add-on premium. Antara lain Gravity Form lisensi Developer sebesar $16.58 dan Gravity View sebesar $5, yang dihitung nilainya untuk perbulan.

bp-n

Hosting. Pengeluaran yang cukup besar bagi kami dalam sebulan tentunya adalah hosting. Kami menyewa cloud hosting dengan paket tertinggi yaitu Oracle dari Dewaweb, dengan biaya perbulannya adalah Rp1.000.000. Karena bagi kami, hosting adalah rumah yang perlu memiliki keamanan tertinggi dan juga performance yang baik. Sehingga kami mempercayakan pada Dewaweb, sebuah Cloud Hosting lokal Indonesia.

oracle

Tentunya, perhitungan pengeluaran ini masih belum detail dan masih banyak yang tidak ditulis. Akan tetapi, inilah yang memang rutin dan terukur nilainya untuk dicatat sebagai pengeluaran. Dan total minimal yang dikeluarkan oleh Blogger Perempuan Network adalah sebesar Rp2.170.400 setiap bulannya.

Jadi tentu saja, apabila saya memenangkan kompetisi Digital Business Your Way Blog Competition, dananya sangat menutupi pengeluaran dan dapat membeli atau berlangganan tools lainnya yang akan sangat berguna untuk membesarkan Blogger Perempuan Network.

Bisnis yang 100% bergantung pada dunia digital ini, tidak akan berjalan apabila tidak disertai dengan internet ultra cepat. Dengan memiliki internet dengan kecepatan yang tinggi, seluruh proses yang dilakukan untuk me-maintain platform dan kegiatan digital lainnya akan lebih mudah dan efisien.

Selain itu juga harus banyak belajar mengenai teknologi yang terbaru saat ini. Salah satunya, saya mendapatkan informasi mengenai berita di situs Channel NewsAsia di kanal teknologi. Isu-isu terhangat tentang teknologi di Asia dapat dengan mudah diakses.

Bagi saya saat ini, bukan lagi bisnis ini berkembang melalui bantuan digital. Namun sudah menjadi bagian dari digital itu sendiri. Sehingga tanpa digital, bisnis ini tidak akan dapat berjalan sama sekali. Siapapun dapat menjadi apapun dengan bantuan digital. Jadi, jangan takut untuk mencoba berwirausaha dan gerakkan semangat entrepreneurship di era digital yang serba mudah ini. Fighting ^^!

bpnetwork

Advertisements

58 thoughts on “Creating a Blog Network Based On Community

  1. Keren Mbak, bisa menjalani bisnis yang bermanfaat untuk banyak perempuan Indonesia. Barakallah.
    Semoga sukses dengan lombanya ya, supaya bisa terus mengembangkan Blogger Perempuan Network. Semangaat Mbak :))

  2. Semoga kepilih jadi pemenang pertama mba. Kenapa?? Kenapa harus memilih Mba Shinta dan BPnya?

    1. Di Blogger Perempuan, utamanya di grup Facebook sudah terjadwal. Jadwal apa? Jadwal untuk setiap member sharing blog update mereka. Jadi, di sana setiap anggota dituntut untuk menyimak dengan baik dimana harus share blogger dan dimana harus ikut aktif dalam diskusi. Betul, tidak melulu tentang share blog tapi ada share Ilmu juga.

    2. Program Blogger Perempuan yang saya ikuti yaitu Arisan Link. Ini memiliki pengaruh yang sangat baik untuk saya dan teman-teman saya lainnya. Dengan program ini, selain saya mendapat kawan baru, networking baru, saya juga bisa mengoptimalkan kekurangan dalam perjalanan blog saya. Saling belajar dari blogger lain dan saling mengenal dengan baik.

    3. Bergabung di grup Blogger Perempuan tidak perlu takut hanya sekadar share blog saja. Seperti yang saya ceritakan di nomor 1. Karena setiap admin yang mengelopa BP selalu siap untuk merespon pertanyaan setiap anggota. Jadi semisalnya sedang memiliki kendala terkait blogging, akan segera dibantu mengatasinya sesuai kemampuan mereka.

    Jadi, tidak hanya sekadar grup blogger yang berisi share update blog, ilmu dan curhatan lainnya. Tapi, juga sebuah wadah dimana komunikasi dalam grup berjalan lancar, tidak satu arah.

    Saya bersyukur mengenal BP karena bertemu dengan blogger perempuan lainnya yang selalu menginspirasi. Juga terima kasih untuk ilmu-ilmu ngeblognya.

    Salam.

  3. Saya termasuk satu dari sekian yang merasa beruntung banget bisa belajar dr BP. Meski masih newbie banget di perbloggingan.
    Barakallah ya Mbak-mbak semua. Thank you.

    1. Tengkyuu so much dukungannya widi, kami ingin sekali bertemu blogger-blogger yang selama ini belum terlalu dikenal ^^

  4. Blogger Perempuan Network platform komunitas blogger terkeren, te-rapi, dan teroganized. Konsisten & profesional. Plus, ramah-ramah adminnya hehehe 😀 Sistemnya egaliter. Bukan tipikal organisasi/komunitas yg membangun kerajaan sendiri, sebaliknya BP mah tumbuh bareng dgn anggotanya. Bagus banget visi misinya, Mba Shinta. Mantaaaap!

  5. Mengenal dan bergabung menjadi member BP di saat yang tepat itu rasanya sesuatu. Apalagi bisa terus menyimak dan belajar di dalamnya.
    Ikut senang dan bangga melihat BP tumbuh dan berkembang menjadi startup yang diperhitungkan. Proud of you too, Mba… 🙂

    1. Amin aminn, mudah-mudahan iya diperhitungkan mbaa qiqiqi baru beneran berkembang banget jadi masih jauh sebetulnya 😀

  6. komentar sebelumnya tampaknya tak muncul, jadi saya komen lagi yaa Mba.

    Saya suka dengan sistem share Blog di grup Facebook BP dengan menggunakan tema per hari. Menuntut anggota untuk tetap aktif mencari tahu tema apa dan topik apa yang tengah disajikan oleh admin.

    Jadi, tidak sekadar share blog tanpa menoleh grup lagi, namun bisa menciptakan komunikasi antar anggota juga dengan adminnya.

    Bangga jadi bagian Blogger Perempuan

    1. Alhamdulillah mba, semoga bisa merata sampai blogger-blogger daerah. Jadi ngga cuma blogger ibukota aja yang mendapatkan kesempatan ^^

  7. Benar memang, kalau BP ini memfasilitasi para blogger perempuan untuk berkembang. Memang banyak grup blogger di Indonesia, tapi kadang kala kami yang perempuan ini minder jika dibandingkan dengan makin majunya blogger laki-laki yang notabene mereka lebih lincah mencari informasi. Makasih mbak Shinta, mbak Alma dan mbak Dyane. Fighting!!

  8. Bismillah semoga menang Mba Shintaaa…^^

    Aku salah satu dari sekian banyak yang terbantu banget banget dengan adanya BP. Setuju dengan komen2 di atas, bahwa BP adalah platform ter-rapi, ter-organized, plus tercantik dalam penampilan. Love loveee…

    Di sini kita mau nanya apapun pasti dijawab dan dijelasin sampai sejelas-jelasnya. Adminnya super duper ramah, jadi kitanyapun nyaman. Nggak cuma yang sekedar share-share, tapi di sini timbal baliknya yang bikin aku ngerasa punya tutor dan keluarga yang siap membantu. Barakallah Mba Shinta, Mba Alma, Mba Dyane dan jajaran admin lainnya. Berkah dan bahagia selalu untuk kalian :* :* :*

    1. Aminnn aminn makasih banyak ya mbaa Rotun ^^.
      Senang bisa bertemu banyak blogger perempuan hebat dan mau berkembang bersamaa 😀

  9. Semoga menang Shinta
    BP adalah salah satu komunitas yang aku ikuti
    walau masih muda tapi BP bisa bersaing dengan komunitas network lainnya, malah lebih terlihat profesional mulai dari event sampai partnershipnya
    Sukses selalu yaaaaa :*
    *turun podium elap keringat

  10. Semoga kalian yg ada di balik BP mendapatkan amal jariyah kelak. Bukan main usaha Mbak dkk untuk mendigitalkan perempuan Indonesia.

    Banyak belajar dari BP. Dan bisa lunasin tagihan karena job dari BP. Bahkan saya bisa ke Bali bulan depan karena job yang hasilnya aku tabung buat holiday. Hehehe

    Sukses Mbak Shinta…

    *Kapan kita ketemu? Keburu aku meninggal nanti 😦

  11. Aku termasuk yang baaanyak sekali terbantu oleh BP. Mulai dari masuk featured blogger, dikasih kesempatan sharing di twitter, bisa submit URL update blog, sampe belajar banyak hal baru dan terkini ttg blogging. kalau boleh saran, bikin dong training2 online, supaya bloher ndeso macem aku inipun bisa tetep upgrade ilmu.

  12. Banyak banget ilmu yang saya dapat dari Mbak Shienta, dan Blogger Perempuan.
    Betah saya belajar di komunitas ini. Orang kampung, kurang apdet tapi punya guru guru ngeblog yang baik, ramah, gratis lagi! Nikmat mana lagi yang kurang?

    Perjuangan yang akan dibayar tidak hanya sekarang, besok atau lusa, tapi juga nanti dan itu berlipat-lipat…

    Terimakasih untuk semua yang tidak bisa saya balas ? semoga menjadi pahala yang berlipat. Amin…

  13. Salut dengan Cikgu yang mendirikan komunitas ini. Tapi iri dengan komunitas blogger perempuan. Emang kebanyakan penulis itu perempuan kali yak..hehehe..nasib lelaki terpinggirkan haha..Tetap semangat Cikgu..

  14. mba Shintaaa, keren banget BP Network ini deh. Jadi seperti atu perhentian khusus buat blogger perempuan berkomunitas, belajar sampe dapetin job, keren banget deh pokoknya. Mudah2an makin sukses ya mba Shinta dan tim BP!

    1. Wuahahaa aminn amiinnn makasih banyaakk mbaa zataaa. Mudah mudahan selalu bermanfaat untuk blogger perempuan Indonesia mbaa

  15. Cikgu Shintaries, bunda sejak jadi member BP juga FB baru bisa merasakan bahwa bila dioptimasikan blog itu bisa menghasilkan income. Bunda sudah sangat merasakan itu melalui BP, WB yang sampe bisa terpesona, trus FB yang sering memberikan kesempatan meraih income juga. Alhamdulillah sampai saat ini masih berlanjut. Cikgu, 10 nominasi itu keren banget, pastinya dari ratusan peserta. Ada blogger BP juga ya yang masuk nominasi, melihat namanya, familiar juga.

    Teruslah berbagi ilmu. Do’a dari Bunda.

  16. Mba Shinta kereennn..semua di BP keren keren, banyak ilmu disini yang bisa didapat semuanya dengan cuma cuma. insyaallah Allah memudahkan, mba Sinta banyak membantu orang lain, termasuk memfasilitasi dan memberdayakan banyak orang . sukses terus BP

  17. Goks! Belajar banget dari menejemennya, salut Mbak Shinta. 🙂 Anyway membangun brand untuk sebuah komunitas memang berat dan you have a really good effort Mbak! *bow down*

  18. Senang, bergabung dengan BP. Bukan hanya dapat suntikan ilmu, tapi juga dapat aura semangat. Profesioanal tapi tetap humble, bikin saya yang gaptek ini jadi PD. Thanks Mbak mbak yang cantik… 🙂

  19. Salam kenal. Semoga apa yang dibangun oleh BP memberikan manfaat yang semaksimal mungkin bagi sebanyak-banyaknya perempuan di Indonesia. Saya baru mau gabung ke BP mba, moga2 lancar.

  20. Gara-gara gabung di BP jadi semangat buat ngeboost blog dan sosial media. Awal ngeblog masih hahoh, rajin baca tutorial di BP dan saran-saran mbak Shinta yg emang terbukti manjur, hehe.

    BP juga salah satu group yang punya grup khusus untuk bagi-bagi job buat blogger jadi lebih rapi dan bisa update info job tanpa harus scroll jauh karena ketutup postingan member lain.

  21. Wuih hebat mbak . Fokus banget sama dunia blog. Saya juga kecipratan share link di twitter. Share di twitter menurut saya paling cepat di retweet ya di BloggerPerempuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s