Listing Kebutuhan Rumah Baru

Memiliki rumah baru tentunya idaman semua orang. Begitu juga saya. Tapi ternyata, mengeluarkan uang untuk beli rumahnya saja tidak cukup loh. Untuk dapat ditempati dengan layak untuk seluruh anggota keluarga, masih banyak perabotan yang harus dibeli. Lucunya, perabotan ini kelihatannya kecil tapi ternyata lumayan banget habisnya. Makanya harus benar-benar cermat memilih barang.

Pilihannya hanya ada dua, mau mahal atau murah. Tentunya ini kembali ke anggaran yang disiapkan dan yang tersedia. Saya sendiri mungkin lebih suka barang yang sifatnya long lasting alias awet dan berkualitas baik. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau memang menemukan barang dengan harga yang lebih murah namun berkualitas baik.

Supaya lebih hemat dan sesuai dengan kebutuhan, saya biasanya suka melisting terlebih dahulu apa saja yang diperlukan. Jangan sampai, pengeluaran membengkak karena membeli barang yang belum dibutuhkan. Kan yang utama adalah rumahnya terisi dengan kebutuhan primer. Apa saja sih kebutuhan primer yang diperlukan untuk mengisi rumah? Ini list saya:

  1. Peralatan masak. Kalau ngga ada ini, ngga bisa makan hehehe. Jadi yang selalu pertama ada di list saya adalah rice cooker dan tempat beras. Lalu kemudian panci, wajan penggorengan, dan teko untuk masak air panas. Ini termasuk kompor dan juga gasnya. Sisanya, mulai nyicil piring, garpu, dan sendok.
  2. Kebutuhan kamar tidur. Yang namanya tidur tentunya pengen yang nyaman, namanya juga di rumah sendiri kan. Lemari, meja rias, meja belajar, dan tempat tidur sudah wajib ada di kamar.
  3. Kebutuhan kamar mandi. Ngga kalah penting, barang kecil seperti gayung, ember, sabun, shampoo, dan kebutuhan mandi lainnya harus ada.
  4. Dapur menjadi salah satu tempat favorit. Selain punya peralatan masak, kadang perlu juga punya barang elektronik seperti harga lemari es yang murah. Selain itu, kalau ada anggaran lebih, kayaknya bisa menambah barang seperti blender, juicer, dan oven untuk memanggang.
  5. Peralatan elektronik. Kalau memang suka dengan hiburan, televisi sepertinya wajib punya. Walaupun sekarang, orang lebih cenderung memiliki computer daripada televisi. Kebutuhan lainnya seperti mesin cuci dan dispenser juga menjadi salah satu barang yang bisa dibeli.
  6. Kebutuhan ruang tamu. Sofa menjadi barang yang mungkin dibutuhkan. Karena jaman sekarang, orang sudah mulai jarang bertamu kan ya. Walaupun begitu, sebetulnya saya lebih suka duduk di lantai, tapi katanya kok ngga elok hehehe. Sofa ini harganya bervariasi, tapi tentu saja sebetulnya ngga murah loh.
  7. Tambahan barang. Ada dana ekstra? Bisa membeli barang-barang kecil yang sifatnya pelengkap. Seperti karpet, gorden yang bagus, sampai kotak tisu yang lucu-lucu.

Mengisi rumah itu, kelihatannya sedikit barangnya. Tapi ternyata bisa banyak dan menghabiskan dana yang tidak sedikit loh. Ada baiknya menyicil barang yang utama dulu baru kemudian mengisi yang sekunder. Walaupun begitu, apabila memang diperlukan, bisa saja membeli barang yang dibutuhnya yang harganya lebih murah.

Sebaiknya membeli yang benar-benar dibutuhkan dan tidak bisa digantikan. Selain mubajir dengan barang yang tidak digunakan, lebih baik memiliki ruang di rumah seluas mungkin. Perlunya listing adalah untuk meminimalisasi pembelian yang tidak perlu. Tentunya harus stick dengan listingnya dong ya biar tidak mengeluarkan anggaran yang tidak diperlukan.

Suka pada pakai list juga kalau merencanakan pembelian? Atau puny acara lainnya? Share yaa di komentar ^^.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s