Blogger Perlu Media Sosial?

Saya kembali bertanya-tanya. Seorang blogger yang mungkin tipenya seperti saya, sukanya menulis dan kurang bisa bergaul dengan banyak orang karena introvert, saya jadi meragukan harus memiliki media sosial. Kenapa?

Well, hampir 90% pembaca blog saya di shintaries.com datangnya dari Mbah Google. Kalaupun ada yang blogwaking, sepertinya juga tidak banyak. Itupun, saya mulai jarang membagikan tulisan saya di media sosial. Sehingga sayapun merasa, memiliki media sosial untuk blogger, tidak begitu diperlukan.

Belakangan, saya merasa takut dengan media sosial. Situasi politik yang kian memanas, hujatan, kritik, nyinyir, dan sebagainya melintasi berbagai macam media sosial saat ini. Sebut saja seperti Facebook dan Twitter. Penuh dengan caci maki dan saling mengutarakan pendapat. Actually, I don’t care! Saya bisa saja mute, unfollow, unfriend orang-orang tersebut.

twitter-292994_640

Tapi yang saya takutkan adalah, salahnya saya berbicara, berkomentar, mengutarakan pendapat di media sosial yang notabene sekarang ini adalah tempat umum. Orang yang tidak suka dapat menjadikan senjata, padahal mungkin kita mengutarakan sejujurnya dan sudah lelah dengan semuanya sehingga semua diutarakan.

Saking takutnya bermedia sosial, saya sudah jarang sekali update sesuatu. Jarang berkomentar ini itu, jarang mengutarakan pendapat, Yes, media sosial merengut kebebasan saya berbicara. Tidak hanya bakal terkena UU ITE kalau salah bicara, namun juga berpotensi menghancurkan hubungan baik yang selama ini (mungkin) terjalin di media sosial.

Buat saya yang seorang blogger, memiliki blog sudah lebih dari cukup. Karena di situlah tempat saya mencurahkan pikiran dan berkata sebebas-bebasnya. Toh, yang berkomentar hanya yang nyasar saja kan. Berbeda dengan media sosial, di mana seluruh pertemanan akan bisa melihat (kalau lagi online) dan langsung berkomentar babibubebo kalau tidak sepaham.

Terlebih lagi, apabila saya mengenal seseorang karena blognya yang memiliki cerita menarik dan menyenangkan, terkadang ekspektasinya suka berlebih ketika melihat media sosialnya. Seseorang bisa berbalik 360 derajat di media sosial. Ya well, karena saya paham, menulis di blog akan jauh berbeda dengan menulis status di media sosial (yang lebih kaya perasaan/pikiran saat itu).

Dalam sebulan terakhir, saya out dari media sosial. Sudah menggunakan admin di salah satu media sosial karena sudah malas login. Bahkan sudah uninstall beberapa. Makin tidak menyenangkan belakangan ini. Semua merasa perlu mengutarakan pendapat yang padahal kalau sedang bertemu, pendapat itu bisa jadi bahan ketawaan walaupun berbeda pandangan.

Media sosial, karena bentuknya teks, sungguh membatasi saya. Perasaan langsung berubah saat kita mendapati seseorang mengutarakan pendapat DENGAN CAPSLOCK misalnya. Kita jadi kaget karena merasa ada yang marah, padahal bisa saja keyboardnya rusak. Penggunaan ejaan dan tanda baca, ikut-ikutan memengaruhi. Bahkan salah nulis mengubah dan merubah saja dibahas habis-habisan. Padahal sebetulnya, media sosial itu menulisnya seperti saat kita sedang berbicara. Jadi wajar saja kalau masih ada yang menulis mempesona. Lha wong bukan buku cetak atau novel.

Dan kayaknya, pikiran untuk benar-benar tidak menggunakan medsos juga menjadi pertimbangan besar. Saya ngga melihat lagi fungsinya (buat saya yang blogger) sebagai tempat yang digunakan untuk belajar dan saling bersosialisasi. Padahal, dari situ saya bisa bertemu Mbak Mugniar saat saya di Makassar lewat Facebook. Atau berkumpul dengan sesama blogger saat di luar kota yang berasal dari komunitas yang sama.

Jadi jangan heran, kalau saya mungkin sudah tidak menggunakan medsos lagi. Yah kalau ada update, kemungkinan itu admin saya atau sedang sponsored post hehehe. Kalau di IG, saya masih betah dan suka. Yah walaupun males nulis caption dan nambahin hestek wkwkwk.

Leave a Reply

