A New Life As Entrepreneur

Sebetulnya ngga pernah kepikiran sih bakal ngejalanin bisnis walaupun dulu banget pernah bikin proposal dan mengajukan bisnis yang bisa dikerjakan di rumah. Keinginannya cuma satu, pengen bisa bareng ama anak-anak dan bisa traveling aja. Padahal waktu itu, traveling dan Instagram belum sehiets sekarang. Tapi dulu udah kepikiran.

Trus setelah berjalannya waktu, balik kerja lagi, nguli lagi, eh ngeblog lagi, barulah bisa nemu jalannya. Jadi awalnya, setelah berganti-ganti mencari teman-teman yang cocok untuk diajak bertukar pikiran dan sepaham seirama, muncullah suatu ide pilot project yang bikin hepi untuk dikerjakan. Mungkin udah pada tau kalau waktu itu, iseng banget bikin Blogger Perempuan Network.

Awalnya memang beneran hanya platform biasa, bahkan bukan komunitas apalagi bikin komunitas saingan yang udah ada. Well, saya bukan tipe orang yang hobi komunitas sejujurnya. Kalau mau dirunut secara psikologis, saya ngga bisa bilang kalau saya ini aslinya introvert yang memaksakan diri menjadi ekstrovert. Jadi kadang pasti dibilang sombong hanya karena kadang introvert saya lagi kambuh. Emang bisa kambuh yak, wkwkwk embuh ah. Ya gitu deh, ngga kepikiran bikin komunitas, bahkan sedari awal udah di-state kalo ini adalah start up sebenernya tapi pada ngga ngeh aja :p

Itupun saya tau, berapa banyak yang mencibir wekekek, baik dari yang kenal sampe bahkan yang ngga kenal. Yang sekonyong-konyong gampangnya bilang, oh nanti bikin trus disodor-sodorin ke perusahaan yak. Wkwkwk saya ampe kejengkang dengernya. Karena sampe hari ini, saya bahkan tidak pernah melakukan itu. Bukannya sombong, tipikal orang model kaya saya, yang bahkan ngga bisa bernetworking ini, mana bisa sih melakukan hal kaya gitu. Saya yang hobi dengan teknologi, masa bodoh dengan hal seperti itu, tapi begitulah, pikiran negatip mah siapa aja bisa lah ya walopun ngakunya beragama *eh.

Bahkan ada yang meramal juga klo ngga akan lama dan akan stuck dengan jumlah member yang segitu-gitu aja dan nyatanya sekarang jumlah member BP bahkan melampui orang yang meremehkan itu *eh. Well, just say it saya sombong, tapi beneran, ngeremehin orang itu ndak baik loh. Saya sih orangnya aseli cuek, pada mau bilang apa juga, saya mah bodo amat hehehe.

Belum lagi ada orang-orang yang kayaknya sengaja mendekati dan kadang saya tau niatannya ngga baik. Yah semacam feeling, kelihatannya orangnya baik ngga taunya menjelekkan di belakang. Eiuhhh mbaknya, kalo ngga suka mah ngga suka aje, jangan sok akrab tapi ngga tulus, saya bisa ngerasa kok. Lah ini jadi tulisan apaan sih kok curcolnya abis-abisan wkwkwk. Mau cerita apa sebenereee.

Lah ya kok jadi ngalor ngidul. Jadi gini, walopun banyak orang yang saya tau mencaci maki di luar sana, nyinyir di belakang, ngomongin ini itu, gosipin saya makan uang haram segala (padahal dia ngga tau saya rela keluar kerja gara-gara ngga mau makan uang haram), saya sih ngga peduli. Selama apa yang lakukan itu saya anggap benar, ya saya akan terus jalan. Pepatah lama ngga pernah salah, anjing menggonggong, kafilah berlalu.

Itulah kenapa, semua bisa dijalani dengan fokus. Rajin susun strategi, rajin susun rencana jangka pendek, rencana jangka panjang, serius dalam berpikir, matang dalam bertindak, dan ngga boleh ragu-ragu ambil keputusan. Hasilnya? Saya dan teman-teman founder lainnya, berani berjalan dan mengambil keputusan penting dalam hidup. Ngga sekedar ngomong aja, tapi dijalankan dan diaplikasikan.

And well, satu step terlewati. Yang tadinya merasa ngga perlu buat cari-cari funding, akhirnya pengen juga scaling bisnis yang lebih besar dan pengen growth yang lebih cepet. Dan alhamdulillah, menjadi salah satu penerima dana bantuan dari BEKRAF dari sekian ribu peserta yang mendaftar menjadi catatan prestasi sendiri yang kadang bikin ngga percaya. Bersanding dengan start up yang bener-bener sudah eksis dan beneran para langganan kompetisi dan tau kalau mereka beneran keren.

Satu tahapan terlewati, saya akhirnya memasuki babak baru sebagai entreprenuer. Ah, ini baru awalnya kan. Cibiran, nyinyiran, gosip, dan apalah itu mungkin baru awalnya. Pasti masih banyak lagi yang bakalan menghadang. Lets see!

25 Comments

  1. Lhooo, kok pendek tulisannya? Kirain panjang kali lebar hehehehe.
    Istiqamah aja. Lalu kembalikan pada Sang Pengatur Semesta. Let HIM do the rest. Sukses selalu.

  2. Maasyaa Allah mbaaa.. aku doain terus BPN sukses. Mamak2 ngaku blogger kayak saya nemu dan bisa dimasukin ke BPN tu bahagianyaaa. Barakallahu fiik Mba. Semoga Allah terus mudahkan perjalannya yaaa.

  3. Pingin baca yang panjang tapi udah keburu abiiiss😀. Nanggung, Mba Shinta. Hahahaha. Sukses selalu buat BPN. Makin tinggi memang anginnya makin kencang. Tapi kalau akarnya kuat, Insya Allah tetap berdiri tegak. Semangat, Mba😉.

  4. tjakepppp mbak, pengalamannya
    ini nih salah satu dari blogger yang menginsiprasi saya #eh

    setelah menyimak, membaca, dan mendalami artikel ini, intinya, suatu keberhasilan dimulai dari satu langkah kecil.
    bangga pernah jadi “anak didikmu” wkwkwk

    *btw, giok tetaplah giok meski terbenam di lumpur 🙂

  5. Seneng denger pengalaman berharga Mbk Shitaries.. saya termasuk org yang baru belajar blogging, dan msh susah fokus untuk bs belajar terus dunia perbloggingan.. niat ada, tp disaat manja dan tangisan duo krucil yg masih batita kdg buat saya jd berhenti fokus.. semoga inspirasi ini sll menjadi motivasi buat saya terus belajar.. makasi ya mbak😊

Leave a comment