What Being Blogger Means To You?

Hidup saya total berubah sejak saya memutuskan menjadi seorang blogger. Urusan blogger ini, saya tidak pernah membayangkan akan menjadi bagian hidup saya yang sampai saat ini saya gantungkan. Dulu, saya cuma nulis tulisan pendek yang ngga jelas dan cuma menjadi kegiatan iseng di kala baru lulus kuliah dan mengikuti tes sana sini.

Sekarang, entah kenapa semua bisa berubah drastis. Hidup saya hampir tidak bisa dilewatkan dari kegiatan ngeblog. Entah datang ke acara keren karena blogger, entah saya bisa makan enak di hotel karena blogger, entah saya bisa jalan-jalan gratis karena blogger, sampai saya bisa ngasih anak-anak saya makan dari nulis di blog.

Agak aneh memang, karena semenjak keluar dari pekerjaan dua tahun lalu, saya praktis memasrahkan diri saya ke blogger. Iya sih, bisa dibilang saya udah ngga di posisi yang mencari “materi” lagi, tapi lebih ke kepuasan diri dan lebih ingin “main-main” dengan anak-anak.

Beruntungnya saya, punya suami settle yang bebas memberikan pilihan, apakah saya ingin bekerja atau tidak. Dan yang saya ingin lakukan cuma satu, living with my passion. Yang betul-betul saya temukan saat saya menuliskan postingan pertama sejak 2012 lalu. Yang membuat yakin, saya suka nulis, saya suka curhat, saya suka dunia digital, dan saya ingin berada di dunia ini.

So here I am, bertemu orang-orang hebat, yang selalu menginspirasi saya dan memberikan banyak energi untuk selalu stay di jalur ini. Sedikitpun ngga pernah menyesali, entah apapun yang terjadi di dalam sini. Penuh intrik, penuh drama, penuh anggapan sana sini. Dan saya ngga peduli. Karena sudah banyak hal yang didapat, yang saya tau ngga akan saya dapatkan kalau bukan jadi blogger.

Selamat hari blogger nasional…

Seseorang bilang ke saya, kalo bukan karena jadi blogger dan urusan blogger…gak bakal ketemu kita dulu🙂

Taking Your Blog To The Next Level

20160309220922

A sharing sessions : Optimizing Your Blog and Monetize Social Media

When blogging is not just writing, all you need is creating content that Google will find. Get a loyal readers and branding of your blog. And don’t forget to optimize your social media channel.

Meet our speakers, the speaker of Kemenkumham Blogging Workshop:
Nunik Utami – Writing Trainer & Content Creator at AloDokter.com (@Nunik_Utami) – Creating SEO Content
PutriKPM – Social Media Enthusiast & Digital Strategies at Agrakom PR  (@PutriKPM) – Monetize Social Media
Shintaries – Blog Trainer at Fun Blogging Workshop 1-10, Winner of Lifestyle Blog, Founder Blogger Perempuan (@Shintaries) –  SEO for Branding Blog

(more…)

Tomyam-kelapa

Tomyam Kelapa by GoFood

Saya sendiri sebetulnya jarang sekali memakai aplikasi gojek apalagi gofood. Walaupun saban hari berhubungan dengan teknologi dan internet, rasanya saya masih suka dengan hal-hal yang konvensional. Makanya jarang sekali menggunakan aplikasi untuk kebutuhan sehari-hari.

Tapi kemarin, tawaran datang dari Mas Baha pemilik Saung Ibu yang menjual masakan Tomyam Kelapa. Sekarang mereka sudah masuk ke GoFood yang artinya, saya ngga perlu jauh-jauh ke warungnya di Bintaro.

(more…)

Menutup TarikKoper.Com

3 hari lagi domain tarikkoper.com sudah expired. Saya yang sedikit tidak menyangka bahwa waktu akan cepat berlalu secepat ini jadi agak sentimetil. Iya, saya bingung apakah mau meneruskan atau tidak blog tentang travel. Sejujurnya, travel sudah merupakan bagian hidup saya banget. Suka jalan dari kecil. Jadi punya banyak cerita.

Sayangnya, makin ke sini saya makin sibuk dan tidak ada waktu untuk menulis. Karena saya bukan tipe yang bisa nulis sedikit dan hanya basa-basi, kecuali di blog ini. Sudah cukup lama blognya saya anggurin dan hanya sesekali mengisi. Lagi-lagi alasan klasik kalau jadwal menulis rutin saya sudah mulai terganggu.

Awalnya, tulisan di tarikkoper.com adalah tulisan travel yang ada di shintaries.com. Saya pindahkan dengan pertimbangan sudah mulai banyak jumlah tulisannya jadi berpikir untuk menempatkannya di satu blog tersendiri. Awalnya menyenangkan, rutin mengisi. Dan tujuannya apalagi kalau bukan karena pengen jalan-jalan gratis dari blog hehehe.

Bisa sih sebenernya saya perpanjang, tapi rasanya saya sudah mulai kehabisan tenaga untuk me-maintain blog travelnya. Dan alhasil merasa kebingungan apakah mau dimatikan atau dilanjutkan. Dan finally, saya memutuskan untuk menghapusnya saja. Tapi jangan khawatir, tulisan backupnya saya gabungin di Shintaries.com. Lumayan kan nambah trepik *efek abis lihat bounce ratenya tinggi banget hahaha.

Tapi ternyata, saya sentimentil banget. Ngerasa sedih habis melihat blog tarikkoper.com terakhir kali sebelum saya hapus. Duh poto-potonya keren, tampilannya oke, trepiknya juga lumayan, dan banyak yang terbantu dengan artikel yang ada di situ. Rasanyaa, mak nyess *apa sih. Sedih beneran sedih. Saya ngga nyangka aja, bisa sedalam ini perasaan sama blog wkwkwkw.

Ya sudah, setelah tulisan ini terpublish saya mau meng-uninstall tarikkoper.com. Mampir yaa ke shintaries.com kalau mau cari tulisan travelnya ^^.

Si Calistung

Jadi waktu itu, lagi heboh-hebohnya tentang calistung karena ada ibu yang cukup berpengaruh yang ngetweet tentang calistung ini. Pasti tau deh kalo emak-emak ya hehehe. Karena jadinya kan heboh banget dan banyak yang komen sana-sini. Tapi saya, kayaknya mendingan nulis di blog, itu pun setelah hebohnya hilang. Males soalnya berdebat sana-sini. Jadi saya cuman mau share aja, antara ngikutin saran pemerintah (yaitu tidak calistung sewaktu TK) dan ngga ngikutin (alias calistung waktu TK).

Untungnya saya punya dua anak yang bisa diuji coba hehehe. Jadi saya ama suami memang mengakui, mau tidak mau, anak-anak akan menjadi uji coba setiap kebijakan yang kita buat. Apa mau dikata, tidak seperti jaman dulu yang semuanya sudah fixed dan tinggal ngikutin. Hidup di jaman sekarang ini serba tidak jelas, terutama untuk mengambil keputusan yang tepat.

Jadi kami menguji bagaimana pengaruh antara calistung kepada dua anak saya. Baik itu untuk masa depan (dalam hal ini adalah masuk sekolah) dan proses belajarnya. Sewaktu melakukan hal ini, sama sekali sih ngga pernah berpikir kalo diluar negeri gimana, kalo ngga diajarin gimana, kalo diajarin gimana. Jadi betul-betul fokus hanya ke tujuan sekolah anak. Which is, berbanding terbalik dengan yang ditetapkan pemerintah dan yang ada di lapangan.

Kasus Pertama

Anak pertama saya, Aliya yang imut itu. Sekolah dalam usia yang masih muda. Karena lahirnya di akhir tahun jadi berasa sangat tanggung. Saya yang punya pengalaman sekolah usia muda, merasa tidak masalah dan tidak terbatasi dengan usia, toh nyatanya saya mampu bersaing dengan yang satu kelas dan usia lebih tua. Well, karena waktu itu katanya calistung dilarang diajarkan pada anak TK. Saya juga berpikir untuk tidak mengajarkannya calistung. Tapi hal berbeda ternyata terjadi di sekolah. Tentunya diajarkan calistung bahkan membuka les calistung juga setelah sekolah usai.

Alasannya sih karena SD mewajibkan anak-anak wajib sudah bisa calistung untuk diterima. Saya cross check ke ibu saya, blio jawab TIDAK. Sekolah tidak menerima anak berdasarkan kemampuan calistung tetapi berdasarkan usia. Noted!. Dan yang terjadi, saya tidak mengajari Aliya, tidak mengeleskannya, tidak memaksanya belajar, tapi Aliya masih bisa calistung dasar namun tidak lancar membaca. Saya lebih senang melihat Aliya bermain ketimbang belajar. Maklum ibu baru yang pengen dilihat baik sama anaknya.

Tapi yang terjadi kemudian saat sekolah, kejadian tidak mengenakkan terjadi. Aliya yang tidak lancar membaca ternyata menjadi masalah di sekolah. Hampir semua temannya sudah bisa membaca. Dan pelajaran di sekolah menjadi cukup rumit karena basisnya tetap harus dibaca. Setiap hari Aliya menjadi sedih dan nangis karena keterbatasannya. Saya juga jadi mengajari membaca setiap malam, tapi tidak mampu mengejar ketertinggalan.

Akhirnya, keputusan baru saya ambil. Membaca adalah kuncinya pada saat sekolah SD. Dan kemudian saya leskan membaca dan berhitung sekalian di komplek sebelah yang memiliki metode cepat. And guess what, dalam waktu sebulan saja, Aliya sudah lancar membaca. Semua jadi terasa mudah untuk dia. Mungkin saja memang sudah saatnya belajar dan memang waktunya hanya dikhususkan untuk belajar.

Dalam waktu singkat, kemampuannya membacanya terus terasah. Sewaktu ujian mid semester, dia juga tidak mengalami kesulitan yang berarti. Bahkan gurunya sampai terheran-heran, bagaimana caranya meningkatkan kemampuan membaca hanya dalam waktu singkat. Dan seketika semua menjadi menyenangkan, Aliya sangat betah sekolah dan tidak tersiksa dengan pelajaran lagi. Bahkan sekarang dia bisa bilang kalau libur itu ngga enak mah hehehe.

Kasus Kedua

Anak kedua saya Rafi, hanya berbeda setahun dengan kakaknya. Tepatnya sebelas bulan hehehe. Jadi sewaktu Aliya masuk sekolah kelas satu, maka kami juga harus menyiapkan Rafi untuk sekolah. Yang artinya, berdasarkan pengalaman terdahulu, Rafi sudah harus dipastikan bisa membaca. Peduli amat dengan anjuran pemerintah, dengan studi-studi tentang membaca sejak dini, toh kita yang ngejalanin bahkan yang repot kita sendiri kalau tidak mengetahui apa yang terbaik untuk anak.

Jadi sewaktu Aliya les calistung, Rafi juga ikut les. Dan Rafi juga memaksa ikut les di sekolah karena banyak teman sekelasnya yang belajar. Pada dasarnya dia sangat kompetitif sekali, jadi minat belajarnya sangat tinggi terutama untuk menjadi yang terbaik. Buat saya, yang terpenting dia bisa membaca dan berhitung. Titik.

Saya ngga mau dia mengalami hal yang bisa menyebabkan depresi kecil seperti kakaknya. Paling tidak bisa mengikuti pelajaran dengan baik dan memahami dengan benar. Dan capek-capeknya dia belajar ternyata terbayar. Dalam ujian masuk sekolah SD yang katanya psikotes tapi berbentuk soal *saya gagal paham. Rafi bisa dengan mulus mengerjakan dan merasa tidak tertekan dengan hasilnya, yang dia tau bahwa dia bisa. Dia juga bersemangat sekolah SD dengan alasan sekolah SD pulang lebih cepat hehehe.

Jadi kesimpulan akhirnya, tidak masalah kapan pun mau diajarkan calistung ke anak. Yang terpenting saat dia belajar, dia sudah siap. Saat kasus Aliya, dia bisa merasakan bahwa belajar membaca itu penting, sehingga dia tidak merasa terpaksa belajar membaca. Toh saat dia TK dia memang kelihatan lebih senang bermain dan saya membiarkannya. Tapi saat sudah SD, tiba-tiba ada rasa muncul tanggung jawab untuk bisa sekolah dengan baik yang kuncinya adalah membaca.

Pada kasus kedua, Rafi juga menyadari bahwa dia akan kesulitan sekolah kalau dia tidak bisa membaca. Jadi dia sama sekali tidak mengeluh kalau harus belajar les lagi seusai sekolah dengan periode waktu yang panjang dan cukup ketat. Pada akhirnya, semua bisa hepi juga belajar terlepas apa yang disarankan oleh pemerintah. Kuncinya saya rasa tetap di orang tua, yang harus mengenali potensi, kemampuan, kebutuhan anaknya. Intinya, tetap aja harus calistung sejak dini, menurut saya loh wekekek.

Karena Tujuan Kita Sama

Kayaknya udah agak mendingan, udah agak slowing down tentang hebohnya di socmed itu. Apalagi kalau bukan Mom War yang ngga ada habisnya. Iya, masalah klasik banget. Yang setiap mommy baru pasti punya euforia tersendiri atas keberhasilannya yang luar biasa. Tapi tanpa disadari, setiap pencapaian yang didapat, tidak semua mommy bisa mengalami hal yang sama.

Yah, bukan orang Indonesia namanya kalau tidak saling menggunjing, saling menyakiti, saling merasa benar, saling merasa hebat, pokoknya saling banget deh wekekek. Ngga terpaku dari kalangan mana, hal kaya gini nih yang harusnya udah diberantas mulai dari kita. Iya, kita. Mommy yang ngakunya modern. Yang lebih bisa merasakan empati setiap orang dan stop untuk bertanya atau pun menggurui.

Biasanya saya ngga ambil pusing, tapi lihat ada yang terlalu membesar-besarkan masalah yang rasanya ngga sebesar itu, kok saya jadi ikutan pusing sendiri. Yah, saya sih baru banget jadi mommy. Baru 8 tahunan kok, dengan anak usia 7 tahun dan 6 tahun. Belum cukup banget ngomentarin, ngajarin sana sini, menggurui sana sini, karena saya yakin setiap mom punya masalah masing-masing dan punya medan perang yang berbeda.

Dan kalo lagi mellow gini, saya suka ngubek-ngubek timeline Facebook saya dan menemukan video tentang ibu dan anak yang saya buat setahun yang lalu. Lalu tiba-tiba tersadar, tujuan kita sama kok mom. Hanya ingin berbuat yang terbaik untuk anak. Iya kan…

Kalau Saja…

Saya sebetulnya agak sedikit terkaget-kaget dengan komentar yang masuk ke blog saya. Iya, komentar anak perempuan kelas lima SD yang memanggil saya tante hehehe. Karena saya anak paling besar, sudah biasa sebetulnya dipanggil bude oleh keponakan saya. Tapi, keponakan tertua umurnya baru satu tahun. Sisanya yang memanggil tante adalah teman-teman anak saya, yang masih berasa aneh karena kebanyakan mereka memanggil saya dengan mbak. Mungkin karena saya terlihatnya bukan seperti ibu-ibu pada umumnya *pasang sepatu roda.

Harusnya saya sudah tidak heran. Dengan perkembangan internet yang mudah diakses siapa saja, anak SD pun sudah mampu untuk menemukan berbagai informasi. Tapi tetap saja saya bisa terbengong-bengong menemukannya di blog saya. Maklum, anak tertua saya baru berusia 7 tahun yang hanya menggunakan Youtube untuk belajar make up tutorial *emak yang aneh.

Untungnya, anak tersebut komen di postingan saya yang tentang sebuah museum di Jakarta yang akan dia kunjungi bersama teman-temannya sekelasnya. Sebuah museum cantik ke tengah kebun, yang memang sarat dengan edukasi walaupun suasananya agak sedikit creepy. Dan untuk keamanan, sayangnya mereka tidak lagi menerima pengunjung usia SD.

Tapi kemudian yang saya bayangkan adalah…Bagaimana seandainya, saya yang seorang penulis blog. Yang selalu menulis isu-isu masalah dewasa seperti yang dilakukan blogger cewe (punya anak) yang saya kenal dan banyak yang mendukungnya. Yang secara gamblang menuliskan mengenai sel*ngkangan, pel*c*ran, s*k*, dan hal yang saya sendiri itu risih membacanya. Trus tulisan saya itu ngga sengaja ditemukan oleh anak saya sendiri. Wew, ngga bisa bayangin.

Makanya, saya suka heran. Masih aja ada yang bangga menulis hal-hal yang sifatnya ngga layak untuk dibaca walaupun itu berupa studi atau tulisan ilmiah. Yang mungkin menurut dia ngga terlalu parah. Tapi kalau ternyata tulisan tersebut terbaca anaknya atau anak lain yang entah bagaimana caranya, mau ngomong apa coba.

Saya sendiri, yang punya anak usia SD masih khawatir dan was-was mengajarkan komputer. Iya, SD kelas 1 sekarang ada pelajaran komputernya. Yang mengingat saya udah bisa buat formula hitungan jaman pertama kali kenal komputer waktu SMP. Ngga heran kan saya punya ketakutan luar biasa kalau dia akan lebih jago dari saya. Baik itu dalam hal browsing ataupun sekedar bermain teknologi.

Kalau sudah begini, saya kudu banyak baca hal tentang teknologi yang bisa memprotect semua kegiatan yang ngga seharusnya dilihat. Tapi sejauh mana sih saya akan tetap melakukan hal itu. Kalau saja environment internet itu positif dan sehat, tentunya saya ngga akan khawatir berlebihan seperti ini. Ah tapi ini mungkin ketakutan saya aja sih ya.